√Umpan Mancing Ikan Gabus Jitu®

9 Umpan Mancing Ikan Gabus Jitu Paling Ampuh – Ikan gabus adalah salah satu ikan predator yang sangat sulit untuk ditaklukan oleh para pemancing karena ikan yang satu ini memiliki perlawanan yang sangat kuat ketika sudah terkena mata pancing dan jika tak siap maka ikan ini dapat lolos dengan mudah. Banyak pemancing yang penasaran untuk menaklukan ikan ini karena perlawanannya yang tidak biasa. Ikan ini banyak terdapat di rawa, danau, sungai dan parit.

Umpan Mancing Ikan Gabus

 

Ikan gabus sangat menyukai tempat yang rindang dan sangat tak menyukai tempat yang terpapar sinar matahari. Oleh karena itu ketika anda memutuskan memnacing ikan ini pada siang hari maka anda dapat mencari ikan ini pada penggiran sungai, rawa dan tak jarang ikan ini masuk kedalam lumpur untuk berlindung dari sengatan cahaya matahari.


Memancing ikan gabus cukup berbeda dengan mancing jenis ikan lainnya seperti ikan mas, nila, gurame dan sebagainya, karena ikan ini adalah ikan predator maka anda juga harus menyesuaikannya dengan cara anda memancing baik itu dari perlengkapan pancing dan umpan yang akan digunakan.


Persiapan Sebelum Memancing Ikan Gabus

Adapun hal yang harus dipersiapkan sebelum memancing ikan ini antara lain:
  1. Waktu terbaik untuk memancing ikan gabus adalah pagi dan sore hari. Jika pada pagi hari, matahari belum terlalu panas sehingga ikan kemungkinan besar belum mencari tempat persembunyian dan sedangkan untuk sore hari, ikan akan mulai keluar untuk mencari makan setelah bersembunyi dari panas matahari. Namun waktu yang paling baik adalah sore hari ketika ikan sudah mulai mencari makan.
  2. Jikalau anda ingin menggunakan umpan tiruan untuk casting, hal itu sah-sah saja. Hanya saja anda harus terlebih dulu mengerti cara menggerakan umpan agar lebih terlihat hidup dan dapat menarik perhatian ikan gabus untuk memakannya.
  3. Ikan gabus merupakan ikan yang cukup peka dengan suara-suara yang menurutnya asing. Sehingga ketika mancing usahakan jangan membuat kegaduhan agar ikan tak terkejut dan lari.
  4. Gunakan senar yang kuat yang dapat anda beli di toko pancing. Gunakan pancing yang mampu menahan beban hingga 20 kg.
  5. Joran jenis fast tapper sangat mendukung untuk menopang perlawanan dari ikan gabus karena jika menggunakan joran biasa resikonya dapat merusak joran karena perlawanan yang cukup liar dari ikan gabus.
  6. Jangan berpatokan bahwa anda akan mendapatkan ikan besar, oleh karenanya bawalah mata kail ukuran sedang dan kecil untuk mengantisipasi jika ikan besar tak anda dapatkan maka ganti dengan menggunakan mata kail yang lebih kecil agar ikan buruan tetap didapatkan.
READ MORE :  √Umpan Jitu Galatama Lele Induk®

Umpan Casting Ikan Gabus

Berikut ini terdapat 9 umpan casting ikan gabus, antara lain sebagai berikut:


1. Belalang

Hewan yang banyak ditemui di persawahan ini sebenarnya bisa digunakan sebagai umpan ikan gabus. Belalang bisa digunakan untuk memancing ikan gabus, karena selain ampuh untuk mendapatkan ikan gabus dan mendapatkan belalangpun tidak terlalu susah. Adapun cara menggunakan belalang sebagai umpang, cukup kaitkan mata kail pada belalang mulai dari ekornya.


2. Cacing 

Kalian bisa menggunakan cacing tanah sebagai umpan jitu untuk menangkap ikan Gabus. Cacing tanah selain mudah didapatkan, juga mempunyai bau amis yang menyengat dan sangat ampuh menarik ikan ikan Gabus. kelebihan menggunakan umpan cacing tanah ini tidak hanya dimakan oleh ikan gabus saja namun ikan predator jenis lainnya juga bisa memakannya.


3. Ikan Wader

Ikan Wader merupakan ikan yang berukuran kecil dan banyak ditemui disungai. Ukurannya yang kecil sangat cocok bila dijadikan sebagai umpan ikan predator seperti Gabus. ikan wader yang akan digunakan sebagai umpan harus diusahakan masih hidup. Caranya cukup kaitkan mata kail kepunggung ikan wader. Kenapa harus hidup? karena ikan wader dapat berenang dan menarik perhatian ikan Gabus untuk dimangsa olehnya.


4. Jangkrik

Gak afdol rasanya bila jangkrik tidak disebutkan sebagai umpan yang paling ampuh untuk memancing ikan gabus. Hewan yang bersuara merdu ini dapat digunakan sebagai umpan untuk memancing ikan Gabus. Karena bila jangkrik digunakan sebagai umpan merupakan hal yang sudah biasa. Jangkrik juga bisa digunakan untuk memancing ikan predator jenis lainnya, caranya cukup mudah kalian hanya perlu mengaitkan ekor jangkrik pada mata kail pancing kalian.


5. Katak Kecil

Carilah katak kecil yang banyak berkembang biak di sawah dan sungai. Untuk memakai umpan katak ini biasanya digunakan mancing ikan pada malam hari, yaitu dikaitkan pada mata kail mulai dari belakang ekornya dan menggantung. ganas. Usahakan kataknya masih hidup hal Ini bertujuan agar umpan dapat bergerak dan merarik perharian ikan gabus supaya lebih cepat datang serta memangsa katak.

READ MORE :  √Umpan Jitu Galatama Lele Induk®

6. Ulat Daun Pisang

Ulat daun pun bisa juga digunakan untuk umpan memancing ikan gabus selain bisa menggunakan belalang, cacing tanah, ikan kecil seperti ikan wader, jangkrik ataupun katak kecil. Selain mudah untuk didapatkan, ternyata ulat daun dapat memikat ikan gabus datang. Cara cukup kaitkan mata kail dari belakang ekornya, dan umpan pun sudah diap digunakan.


7. Cacing Tanah

Selain gampang untuk dicari baik kita mencari sendiri atau membeli , cacing tanah juga cukup ampuh untuk menarik perhatian ikan predator jenis ikan Gabus ini, karena Cacing tanah memiliki ciri khas yaitu bau amis yang sangat menyengat sehingga ikan Gabus ini menjadi lebih tertarik.


8. Anakan Ikan Mas

Pilih ikan yang sehat dan berwana cerah. Warna ikan mas yang cerah akan sangat mengoda predator untuk memangsanya. Cara mengaitkannya cukup kaitkan kail ke tubuh ikan. Kaitkan ke bagian punggung dan pastikan ikan harus tetap hidup agar bisa berenang bebas.


9. Umpan Buatan

Umpan yang satu ini yang paling mimin sukai, kenapa?? Meskipun hanya umpan buatan/lures yaitu umpan yang dibuat menyerupai umpan alami dengan bahan dasar karet maupun kayu atau metal.  Namun umpan buatan mempunyai kelebihan yakni umpan ini lebih awet dibandingkan umpan alami.


Umpan alami hanya bisa di pakai satu kali saja berbeda dengan umpan buatan. Bahan dasar yang kuat dan lentur umpan buatan bisa digunakan berkali-kali. Selain itu bentuknya yang sangat mirip dengan umpan alami akan mengoda ikan gabus untuk menyambar.


Demikian Pembahasan Tentang 9 Umpan Mancing Ikan Gabus Jitu Paling Ampuh

Semoga Penyampaian dalam Artikel ini Bermanfaat Bagi Semuanya…!!!


Share this: