√Umpan Jitu Galatama Lele Induk®

8 Jenis Umpan Jitu Galatama Lele Induk, Babon, Harian, Siang, Malam dan Kolam Terbaik – Ikan Lele dicirikan dengan kumis dan senjata patil yang sebetulnya adalah sirip tambahan. Memiliki gerakan gesit dan suka hidup bergerombol dengan perkembangbiakan yang cepat sehingga dapat dipilih sebagai jenis bisnis yang prospektif.

Umpan Jitu Galatama Lele Induk

Dengan gerakan meliuk-liuk membikin penasaran sejumlah penghobi mancing untuk menangkapnya. Ikan Lele mempunyai kandungan protein tinggi sehingga sering dibudidayakan untuk dikonsumsi.

Ikan lele ini sebenarnya merupakan ikan Nokturnal yang pada habitat alamiahnya melakukan aktifitas pencarian makannya lebih agresif pada malam hari dan pada siang hari lebih kepada berdiam diri dan berlindung ditempat yang teduh dan gelap.

Akan tetapi pada kolam pemancingan atau empang ikan lele yang paling sering dipakai untuk pancing adalah hasil dari budidaya kolam atau empang alias bukan dari alam.

Dikarenakan sudah sejak dari kecil diberi makan baik dipagi hari, siang hari sore hari ataupun malam hari, ikan lele ini sudah tidak lagi menjadi berprilaku nokturnal murni akan tetapi mencari makan disetiap saat dia merasa lapar.

Sebelum membahas umpan mancing ikan lele yang ampuh, untuk menambah semangat, berikut video strike mancing ikan lele dengan umpan rahasia mereka.


Cara Mancing Ikan Lele

Berikut ini terdapat beberapa cara memancing ikan lele, yakni sebagai berikut:


1. Mata Pancing dan Benang pancing

Gunakan kail yang memiliki ukuran 8 sampai 10, atau bisa dikondisikan pada target, dan kaitkan 2 atau 3 kail ini pada benang pancing yang bisa menarik ikan berukuran 3 Kg dan usahakan warnanya tidak terang. Gunakan pelampung yang agak tinggi agar lebih mudah melihat pancing Anda sudah dimakan atau belum oleh ikan.


2. Tempat atau Lapak

Carilah Tempat atau Lapak yang kira-kira memiliki galian tanah kolam pemancingannya cukup dalam. Walaupun pada saat baru dipindahkan kekolam ikan lele akan langsung mengitari kolam pemancingan. Tapi, besar kemungkinan ikan akan lebih dahulu menghampiri kolam yang lebih dalam galian tanahnya.

Jika ada lapak pinggir dikolam tersebut yang bersisian dengan keramba ikan biasanya ikan lele akan menghampiri kesisi tersebut. Jika Anda memancing disiang hari cari posisi tempat yang teduh dan apabi;la kelihatan ada lobang pada pinggir kolam pemancingannya biasanya ikan lele bersembunyi disekitar tempat tersebut.


3. Selera Makan Yang berubah-ubah

Pada saat memancing bawalah lebih dari 2 macam umpan yang tertera pada No. 1 dikarenakan selera ikan lele yang cepat berubah dalam makan.


4. Benang Pancing yang sering ditabrak

Ikan lele yang sudah tidak memiliki nafsu makan, biasanya pada saat didekat umpan ikan ini hanya melewati umpan tersebut dan tidak melahapnya. Tapi, terkadang menyentuh benang pancing Anda sehingga pelampung bergoyang. Pada kondisi seperti ini sebaiknya Anda segera menarik pancing Anda dengan harapan kail tersangkut pada tubuh si ikan tersebut.

Setelah mengetahui tips mancing ikan lele. Selanjutnya Anda bisa mencoba berbagai jenis racikan umpan rahasia  di berbagai kondisi.


Jenis-Jenis Umpan Ikan Lele

Berikut jenis-jenis umpan ikan lele, yaitu sebagai berikut:


A. Umpan Ikan Lele Galatama untuk Jenis Babon

Berikut ini akan disajikan beberapa resep rahasia umpan galatama lele yang bisa Anda gunakan ketika mengikuti event atau perlombaan. Resep berikut ini diperoleh berdasarkan pengalaman dan juga hasil sharing para penghobi mancing di internet.

Sebenarnya memancing ikan lele tidaklah terlalu sulit karena ikan ini termasuk jenis ikan pemakan segala. Namun dengan racikan yang tepat, maka umpan yang akan Anda gunakan akan lebih menarik perhatian ikan lele yang berada di dalam kolam.


1. Umpan Ikan Lele Tipe 1

  1. 2 ons daging sapi giling
  2. 1 sendok makan wijsman
  3. Campur semua bahan hingga merata
  4. Lebih bagus main gantung ketika suhu air mulai panas.

2. Umpan Jitu Ikan Lele Tipe 2

  • 1 Genggam cacing sutera
  • 1/2 sendok teh vanili
  • 1 telor bebek
  • 1/2 sendok teh bubuk Garlic
  • 1 pelet udang
  • Campurkan semua bahan hingga merata

3. Umpan Mancing Ikan Lele Tipe 3

  1. Usus ayam satu genggam
  2. Telur Ayam 1
  3. Keju craft 1 lembar
  4. Indomie blender
  5. Usus dikukus hingga matang kemudian di blender
  6. Campur semua bahan jadi satu dan keraskan dengan indomie blender

4. Umpan Ikan Lele Galatama Tipe 4

  • Cacing tanah secukupnya
  • 1 butir telur bebek (kuning telur)
  • Campur cacing dan kuning telur aduk hingga merata
  • Diamkan 2-3 jam agar aroma telur menempel

5. Umpan Jitu Galatama Lele Terbaru Tipe 5

  1. Jangkrik 1 ons
  2. Cuka grandong (attractant)
  3. Essen probait
  4. Bersihkan sungut dan kaki jangkrik
  5. Campurkan 60ml cuka dan 30 tetes essen
  6. Aduk hingga merata, umpan siap digunakan
READ MORE :  √Ikan Air Tawar®

B. Umpan Mancing Lele Harian

Beberapa pemancing bahkan menggunakan umpan pelet ikan yang dicampur dengan bahan yang lain untuk menarik perhatian ikan lele. Tapi sebenarnya ikan lele lebih tertarik dengan umpan yang memiliki aroma amis menyengat. Kebanyakan ikan lele yang besar merupakan predator bagi ikan-ikan kecil disekitarnya.

Sehingga Anda bisa memilih menggunakan umpan yang berasal dari hewan atau juga bahan yang menghasilkan aroma amis yang menyengat. Berikut ini beberapa umpan mancing ikan lele siang hari yang bisa Anda coba :


1. Campuran daging sapi

Untuk resep umpan yang pertama Anda bisa menggunakan daging sapi yang sudah digiling terlebih dahulu. Campuran yang dibutuhkan antara lain 2 ons daging sapi halus, 1 sendok makan dan 5 cc Essen Aquatic.

Campurkan semua bahan tersebut sampai merata dan siap digunakan. Walaupun terkesan simpel, umpan mancing lele siang hari ini sangat ampuh untuk mendapatkan hasil yang banyak. Agar lebih maksimal lagi gunakan umpan ini saat cuaca sedang panas agar aroma amis daging sapi bisa merata.


2. Campuran cacing sutra

Resep umpan mancing ikan lele siang hari yang kedua menggunakan bahan dasar cacing sutra. Cacing sutra juga merupakan salah satu makanan favorit bagi ikan lele.

Anda bisa mencampurkannya dengan 0,5 sendok teh cairan vanili, telur bebek sebanyak satu butir, bubuk garlic setengah sendok teh, pelet udang, 5 cc Essen Aquatic. Cara meraciknya campurkan cacing sutra sebanyak satu genggam dengan semua bahan. Untuk Essen bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan antara 5-10 cc dalam satu adonan.

Selain itu Anda bisa menggunakan variasi bahan campuran berupa serangga favorit ikan lele. Serangga-serangga tersebut seperti jangkrik, laron dan lain-lain. Biasanya para pemancing hanya menggunakan serangga saja tanpa dicampurkan dengan bahan-bahan tertentu. Dengan memberikan serangga tersebut sebagai campuran adonan akan membuat umpan mancing lele siang hari Anda akan semakin maksimal untuk memancing.


C. Umpan Ikan Lele Terbaik

Setelah tahu rahasia umpan mancing ikan lele galatama beserta umpan mancing lele di siang dan malam hari. Terakhir, Saya akan memberikan umpan ikan lele terbaik yang bisa Anda kombinasikan dengan berbagai umpan yang sudah ada. Berikut umpan mancing ikan lele terbaik:


1. Umpan Cacing

Cacing termasuk hewan kecil yang notabenya juga sangat disukai oleh ikan lele. Ada beberapa jenis cacing yang cukup disukai. Menurut beberapa pendapat beberapa ahli, lele lebih menyukai jenis cacing cobra dan cacing merah. Untuk jenis cacing tanah, lele dianggap lebih menyukai cacing lur.

Biasanya kebanyakan pemancing, baik itu pada saat lomba galatama maupun pada saat memancing biasa di sungai. Jenis umpan lele yang satu ini di pasang di kail pancing dalam bentuk bergerombol mirip bentuk bola bergerak-gerak yang bisa menarik perhatian lele ketika berada di dalam air.


2. Umpan Jangkrik dan Orong-orong

Jangkrik dan orong-orong termasuk umpan lele yang juga sangat disukai. Biasanya kedua hewan kecil tersebut cukup diandalkan pada saat memancing di sungai maupun di kolam lomba. Ukuran tubuhnya tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil juga, sehingga dapat langsung dipasang sekaligus di kail pancing.

Melihat tubuh utuhnya yang belum sepenuhnya mati di pasang kail tersebut, secara tidak langsung lele juga bisa terpancing dan mendekati serta langsung melahapnya.


3. Umpan Katak Kecil

Katak kecil atau kecebong juga bisa menjadi menu utama para ikan lele. Ukuran tubuhnya juga tidak terlalu besar dan kecil, sehingga bisa langsung sekaligus di pasang dalam bentuk utuh di kail pancing.

Jenis umpan ikan lele yang satu ini sangat cocok untuk menggoda jenis ikan lele jumbo, mengingat postur tubuhnya yang lebih besar daripada lele lokal. Melihat bentuk badan kecebong yang aneh dan unik, lele dianggap akan tertarik dan langsung menyambar kail.


4. Umpan Usus Ayam

Dari sekian banyak jenis umpan lele, mungkin jenis inilah yang mungkin sedikit berbeda. Dimana untuk mendapatkannya sendiri tidaklah mudah, terkecuali para menghobi berkenan membeli memotong ayam untuk diambil ususnya.

Mungkin dari tidak dari segi bentuk, melainkan lebih ke unsur ramuan essen. Usus lele dianggap bisa menimbulkan aroma yang sangat menggoda untuk lele. Bahakan jenis pakan atau umpan yang satu terhitung lebih ampuh dan jitu pada saat di kolam galatama lele.


5. Umpan Daging

Karena ikan predator, lele tentunya sangat menyukai jenis umpan berbahan daging. Apapun jenis dagingnya, entah itu daging ayam, sapi, kambing dan sebagainya, lele jumbo atau lokal tidak akan ragu menyambarnya. Mungkin sedikit berbeda dengan usus ayam, jenis umpan lele yang terhitung tidak murah ini lebih bisa memancing nafsu makan lele.

Terlebih lagi ketika hujan sedang turun, nafsu makan lele akan meningkat dua kali lipat dan tanpa ragu langsung menyambar kail yang sudah terpasang jenis umpan yang satu ini.


6. Umpan Kadal Rumput dan Cicak Bakar

Menurut pengalaman beberapa penghobi lain, lele juga sangat menyukai kadal rumput dan cicak. Hanya saja sedikit berbeda dengan umpan jenis hewan kecil lainnya yang bisa disajikan mentah-mentah. Kedua jenis umpan lele ini harus dibakar setengah matang terlebih dahulu baru bisa dijadikan umpan mancing.

Dimana aroma bau gosong dan ditambah dengan aroma amis kedua binatang tersebut bisa memancing nafsu makan lele. Biasanya penghobi memotongnya kecil-kecil menjadi beberapa bagian dan dipasang di kail pancing.


7. Umpan Ikan Kecil

Sebagaimana dengan julukan yang telah berikan, lele tidak hanya dieknal sebagai ikan predator, melainkan juga dikenal sebagai hewan kanibal. Disamping memangsa jenis ikan yang berukuran lebih kecil darinya, ia juga tak segan memakan sendiri anak-anaknya ketika sedang kelaparan.

Oleh sebab itu, banyak juga penghobi yang memakai umpan lele berupa ikan kecil untuk memancing nafsu makan lele seperti cemplon dan sebagainya.


Racikan 1 (Umpan Hewani)

  1. Belut (untuk membuatnya, bisa kamu goring atau pepes kemudian potong kecil-kecil)
  2. Udang Segar (hanya membuang bagian kepala serta ekor)
  3. Jangkrik (perutnya ditekan supaya berbau)
  4. Ulat daun pisang yang sudag kuning atau hijau.
  5. Laron
  6. Semua jenis cacing tanah
  7. Ikan Teri
  8. Daging bekicot
  9. Keong mas yang diambil dagingnya
READ MORE :  √Cara Pemijahan Neolamprologus Tretocephalus®

Racikan 2

Siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan ini :

  • Telur yang diambil kuningnya
  • Terasi
  • Tepung ikan teri
  • Tepung udang
  • Air secukupnya
  • Bawang putih
  • Pelet PF 1000 + 781-2 SP
  • Bisa tambahkan Essen Jawara Ikan biar makin mantap

Siapkan wadah dan tuangkan semua bahan tadi kedalamnya. Berikan air hangat sedikit demi sedikit kemudian aduk sampai rata dan mengental. Kemudian buat bulat-bulat seukuran yang pas dengan mata kail pencing kamu.


Racikan 3

Siapkan bahan-bahan yang  dibawah ini :

  1. Pelet PF 1000
  2. Telur yang diambil kuningnya
  3. Terasi
  4. Air secukupnya
  5. Madu asli

Cara membuatnya yaitu dengan mencampurkan semua bahan kedalam semua wadah. Kemudian aduk smpai merata, uleni sampai mengental. Kemudian potong-potongan bentuk bulat sesuai dengan ukuran mata pancing.


Racikan  4

Siapkan bahan yang diperlukan, yaitu :

  • Pelet udang
  • Kuning telur
  • Terasi
  • Bawang putih
  • Madu
  • Ati ayam
  • Air hangat secukpunya

Untuk membuatnya, rebus terlebih dahulu ati ayam sampai matang. Lalu hancurkan hingga lembut, campurlah semua bahan, kemudian aduk sampai rata dan terlihat mengental. Buatlah bentuk umpan lele tersebut seukuran mata pancing.


Racikan 5

Bahan yang diperlukan antara lain :

  • Air hangat secukupnya
  • Bawang putih
  • Pakan pelet
  • Kuning telur yang direbus
  • Terasi

Untuk membuatnya ialah dengan mencampurkan semua bahan tadi kedalam satu wadah, kemudian aduk sampai merata dan mengental. Kemudian buatlah bentuk bulat kecil-kecil seukuran mata pancing yang akan digunakan. Umpan ikan lele siap untuk dipakai.


D. Umpan Mancing Lele Malam Hari

Seperti yang telah kita ketahui sebelumnya, bahwa ikan lele ini aktif pada malam hari. Pada kondisi tersebut, ikan ini menjadi lebih rakus, rasa lapar yang tinggi serta pergerakannya lebih aktif. Maka dari itu perlu dibutuhkan  cara membuat umpan lele jitu di malam hari.

Barikut ini saya tulis beberapa racikan umpan tersebut yang diambil dari berbagai pengalaman :


  1. Cacing Sutera

Cacing yang sering dijadikan makanan untuk ikan juvenile ini ternyata dapat dibuat sebagai bahan umpan ikan lele. Tidak perlu mencari cacing sutera susah-susah, sekarang sudah banyak yang menjualnya secara online. Siapakan cacing sutera, kemudian bungkus dengan kain. Lalu ikat dan tempatkan pada mata pancing.


  1. Jangkrik

Hewan yang biasa kita temukan diperkebuanan ini bisa dijadikan sebagai umpan andalan lele di malam hari. Caranya cukup mudah, yaitu gunakan satu ekor saja, lalau tekan perutnya supaya tercium bau aroma yang dapat menyebar di perairan. Sehingga nantinya ikan lele dapat menyambarnya.


  1. Laron

Biasanya laron muncul setelah hujan tiba. Hewan ini akan bermunculan mendekati cahaya. Sebagai umpan ikan lele master, laron bisa digunakan pada malam hari. Sebaiknya anda gunakan laron yang masih lengkap dengan sayapnya. Lalu ambil beberapa ekor dan temple pada mata pancing.


  1. Kijing Atau Jenis Kerang Lainnya

Caranya cukup mudah, yaitu dengan merebus kijing tersebut, kemudian ambil dagingnnya. Potong-pootngan sesuai ukuran yang pas untuk mata pancing anda.


  1. Kelomang

Gunakan bagian badannya saja untuk dijadikan umpan ikan lele pada malam hari.


  1. Kepiting Laut Atau Kepitig Sawah

Caranya hamper mipir dengan kerang tadi, yaitu dengan merebusnya dna mengambil daging kepiting. Kemudian potong-potong sekuruan mata pancing.


  1. Daging Sapi Giling

Banyak terdapat di supermarket, anda bisa membelinya sebagai bahan umpan ikan ini. Anda bisa menambahkan satu atau dua tetes essen yang beraoram tenggiri atau kepiting setiap 100 gr dari daign sapi.


  1. Daging Ayam

Utamakan untuk memilih bagian daging ayam pada bagian sayap. Kukus bagian tersebut lalu bleder sampai lumat. Bisa menambahkan pelet 48 sebagai pengeras.


  1. Cacing Tanah

Hewan yang biasa hidup dalam tanah yang subur ini, masih mantap untuk dijadikan umpan ikan lele di malam hari. Anda boleh menggunakan jenis cacing apapun baik cacing laut atau lur. Cara menggunakannya dengan menempatkan 2 sampai 3 ekor cacing sekaligus pada mata pancing. Maka ikan lele akan cepat menyambarnya.


  1. Belut

Carilah belut yang berukuran jari. Kemudian kukus atau bakar. Lalu iris-iris atau ambil dagingnya dengan ukuran sekitar 2 cm.


E. Umpan Mancing Ikan Lele Siang Hari

Tidak hanya dilakukan pada malam hari, memancing ikan lele juga bisa pada siang hari. Spot yang anda pilih bebas, di sungai, kolam, bendungan, kolam dan lain-lain. Meskipun sifat lele yang kebanyakan aktif pada malam hari, tapi tidak  menutup kemungkinan untuk strike di siang hari. Yang terpenting adalah racikan umpan ikan lele ini mantap dan jitu.

Maka dari itu, disini saya share jenis umpan ikan lele yang bagus digunakan pada siang hari. Silahkan simak dengan baik-baik agar anda bisa langsung membuatnya.


  • Umpan Cacing Sutra

Hewan yang  tergolong kedalam jenis cacing lembut ini bisa digunakan sebagai bahan untuk membuat umpan ikan lele yang jitu asalkan memperhatikan takaran yang pas dan cara membuatnya. Cacing sutra merupakan pakan alami yang dikhususkan untuk ikan yang baru berumur 1-3 minggu. Mungkin hubungannya dengan ini, kenpa cacing sutra bisa digunakan bahan racikan umpan tadi.

Untuk bisa membuat umpan lele yang pas di siang hari, terlebih dahulu siapkan :

  1. Telur bebek satu butir
  2. Pelet udang
  3. Bubuk garlic setengah sendok teh
  4. Cairan vainili 0,5 sendok teh
  5. Essen Aquatic 5 cc
  6. Cacing sutra

Untuk proses pembuatannya, anda tinggal mencampurkan cacing sutra satu genggam dengan semua bahan diatas. Dan untuk penggunaan essen bisa disesuaikan kebutuhannya 5 sampai 10 cc dalam adonan.

Anda juga bisa menambahkan variasi bahan seperti serangga-serangga yang disukai lele. Misalnya laron, jangkrik dan lain-lain. Meski biasanya para pemancing ikan lele ini tidak memakai campuran pada serangga, tapi sebaiknya untuk umpan ini dipakai. Supaya nantinya hasil yang didapat lebih optimal.


  • Umpan Daging Sapi

Metode selanjutnya untuk membuat umpan ikan lele di siang hari adalah menggunakan campuran daging sapi. Seperti apa cara meraciknya? Berikut ini ulasannnya.

  1. Siapkan bahan daging sapi (yang sudah digiling)
  2. Essen Aquatic

semua bahan tersebut dicampurkan sampai merata.  Umpan jenis ini sepertinya sederhana akan tetai pengaruhnya sangat tinggi untuk digunakan di siang hari. Aroma amis yang dihasilkan dari daging sapi tadi akan membuat ikan lele berdatangan.

Seperti itulah beberapa tips untuk membuat umpan ikan lele pada kondisi siang hari. Silahkan gunakan referensi ini, semoga hasil yang didapatkan akan maksimal.

READ MORE :  √Budidaya Ikan Sumatra®

F. Umpan Ikan Lele Di Kolam

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, bahwa habitat ikan lele ini bervariasi, ada yang liar seperti sungai sampai yang disengaja pembesaran di kolam. Kolam jenis ini diantaranya terbuat dari tanah maupun semen.

Tentunya bagi sebagian orang yang hobi memancing ikan lele tidak akan pernah melewatkan strike di kolam. Misalnya seperti lomba memancing saat Agustusan atau acara lain yang bertempat di kolam.

Mau tahu kan supaya anda bisa strike ikan lele yang banyak? Mau mengalahkan teman-teman anda atau pesaing anda dalam memancing? Berikut ini saya buat sebuah resep umpan ikan lele yang cocok untuk di kolam. Simak dengan baik-baik.


  • Umpan Keong

Bagi yang rumahnya dekat dengan persawahan, mungkin tidak sulit untuk mencari binatang ini. Sebagian petani menyebutnya sebagai hama. Bagi seorang pemancing ikan lele, binatang keong bisa dijadikan sebagai umpan ikan lele yang mujarab.


  • Umpan Jangkrik

Hewan yang mempunyai suara khas ini, termasuk kedalam salah satu umpan untuk ikan lele.

Daya tahan yang kuat dari jangkrik mengakibatkan adanya gerakan secara terus menerus pada perairan. Hingga menggoda ikan lele untuk memangsanya. Pada zaman sekarang sudah banyak jangkrik yang dijual bersama dengan pakan burung. Sehingga tidak sulit untuk mendapatkannya.

Cara pemakaian untuk umpan lele di siang hari, cukup di kaitkan dengan mat pancing dari bagian ekor jangkrik. Nantinya dia akan bergerak-gerak di perairan.


  • Umpan Usus Ayam

Salah satu umpan jitu untuk memancing ikan lele di kolam adalah dengan menggunakan usus ayam. Sifat dari baunya yang sangat amis merangsang ikan lele untuk menayambarnya.

Anda tinggal pergi kepasar, dan membeli usus ayam yang dijual. Biasanya dbandrol harga yang murah. Setelah itu dalam pemakaiannya cukup di potong-potong dan disesuaikan.


G. Umpan Ikan Lele Di Sungai

Bagian terakhir dari bahasan ini yaitu meracik umpan untuk ikan lele yang cocok untuk spot di sungai. Biasanya jenis ikan yang anda hadapi pada tempat ini terbilang liar. Maka dari itu saya akan bagikan bagaimana membuat umpan ikan lele liar ini agar bisa anda buat dan aplikasikan. Silahkan simak dengan baik dan segera eksekusi.


  • Cacing Tanah

Binatang ini sudah menjadi resep yang umum dikalangan para pemancing ikan lele. Namun perlu kamu tahu, cacing ini masih bisa terbilang jitu jika dipakai di sungai. Jenis cacing yang anda pilih, sebaiknya gunakan cacing tanah kalung. Tidak hanya dari daya tahannya yang kuat, ukuran panjang dan bobot dari binatang ini juga sangat cocok untuk dijadikan umpan.


  • Umpan Cicak

Binatang yang sering muncul dimalam hari ini ternyata mempunyai manfaat sebagai umpan untuk memancing. Bagi ikan lele, cicak menjadi salah satu santapan yang diinginkannya.

Cara untuk mengolahnya cukup mudah, yaitu dengan membakarnya sampai tercium aroma dari cicak itu tadi. Kemudian kaitkan pada kail.


  • Umpan Katak Sawah

Sama seperti memancing lele dikolam, katak sawah juga bisa dijadikan umpan untuk ikan ini di sungai. Biasanya orang dipedesaan sering berburu terlebih dahulu  ketika akan memancing. Perlu diperhatikan, ukuran katak sawah yang dipakai jangan terlalu besar, usahakan seukuran jempol tangan orang dewasa. Agar nantinnya si lele gampang untuk melahapnya. Banyak para pemancing memakai jenis umpan ini mendapatkan ikan lele galatama.


G. Umpan Jitu Galatama Di Kolam Harian

Para penggila galatama khusunnya galatama ikan lele banyak sekali berinovasi jenis umpan tentu agar menemukan ramuan umpan yang jitu untuk mancing lele, keanekaragaman penggunaan umpan untuk mancing galatama lele umum digunakan seperti :


  1. Umpan mancing lele dengan ayam bakar tiren

Ayam tiren atau ayam yang mati kemaren banyak digunakan untuk mancing lele di, kolam galatama. Ayam yang sudah mati kemudian di bakar setelah itu dipisahkan antara daging dan tulangnya. Tulang ayam kemudian ditumbuk untuk dijadikan andem atau bom. Sedangkan daging ayam disimpan dalam wadah tertutup dan dicampur dengan sedikit tumbukan tulang selama tiga hari atau lebih, dan di keluarkan pada saat umpan mau digunakan untuk memancing. “Sudah bisa bayangin baunya kan”.


  1. Umpan mancing lele dengan tawon

Tawon yang membentuk sarang dan berkembang biak juga bisa menjadi pilihan untuk mancing ikan lele pada kolam galatama. Sarang tawon atau lebah yang mengandung madu ditumbuk untuk digunakan sebai umpan tabur atau bom, untuk anak atau kepompong tawonnya dipasang di mata kail sebagai umpan utamanya.


  1. Umpan mancing lele jeroan ikan bandeng

Isi perut ikan bandeng juga bisa dijadikan umpan jitu untuk mancing ikan lele galatama. Jeroan ikan bandeng ini bisa menjadi alternatif untuk dijadikan umpan mancing  ikan lele, dikarenakan sudah banyak yang membuktikan dengan umpan ini.


  1. Umpan mancing lele dengan darah beku

Marus atau darah sapi maupun ayam beku ini (bahasa Banyumas didih) juga menjadi umpan yang mujarab untuk mancing ikan lele, sebab darah memang sangat berbau amis tau sendiri kan ikan lele suka yang amis amis, karena dengan keamisan itu umpan yang lain akan kalah apalagi jika air kolam dalam keadaan keruh.


H. Cara Sukses Memancing Ikan Lele

Waktu yang tepat untuk memancing ikan lele adalah pada waktu sore atau malam hari, ikan lele agak sulit dipancing di siang hari apalagi ketika cuaca panas karena sinar matahari langsung memancar ke habitatnya. Dalam kondisi seperti itu ikan lele lebih suka bersembunyi dan tidak nafsu untuk makan. Usahakan memancing ikan lele pada waktu matahari mulai tenggelam sampai malam hari. Ikan lele lebih menyukai hidup di kondisi air yang agak keruh atau cenderung berlumpur, juga kurang suka dengan air yang jernih.

Untuk mancing ikan lele tidak perlu cara yang neko-neko atau trik maupun peralatan khusus. Dengan joran 1.8 sampai 3 meter dengan kenur 6-10 lbs dan kail nomer 9-13 dan menggunakan pelampung pun sudah bisa untuk mancing ikan lele. Yang terpenting hobi mancing tidak perlu mahal.


Demikian Pembahasan Tentang 8 Jenis Umpan Jitu Galatama Lele Induk, Babon dan Harian

Semoga Penyampaian dalam Artikel ini Bermanfaat Bagi Semuanya…!!!


Share this: