Umpan Ikan Wader

Umpan Ikan Wader : Ikan Wader adalah salah satu jenis ikan mungil yang tergolong dalam famili Cyprinidae. Ikan wader bisa di temukan di perairan Kalimantan, Sumatra, Jawa, Lombok dan Bali. Ikan ini juga dapat  kita temukan di perairan Filipina dan Indocina. Di Indonesia, ikan wader memiliki banyak sebutan diantaranya beunteur (Sunda), lunjar pari (Jawa), wader cakul (Jawa), sepadak (Bengkulu), lunjar andong, wader pari, bada (Badar), ikan cere, pantau (Sumatera), cecereh (Betawi), dan seluang.

Umpan Ikan Wader


Ikan ini sering ditemukan di sungai kecil di pegunungan, parit parit dangkal yang jernih, sungai berukuran kecil sampai sungai besar. Sering juga ditemukan di aliran sungai yang beraliran lambat dan danau.


Ikan wader lazimnya berwarna abu-abu kehijauan, keperakan dengan warna lebih gelap di unsur punggungnya lantas lama kelamaan memucat. Bagian dada dan perut ikan wader berwarna putih. Saat masih kecil, ikan ini memiliki dua bintik kasar yang terletak di pangkal sirip dorsal dan di tengah batang ekor. Di samping itu, terdapat pula yang memiliki 1-3 bintik. Dan bintik itu akan memudar dan menghilang seiring dengan berjalannya waktu.


Berikut adalah umpan mancing ikan wader sungai yang terbukti ampuh oleh para pemancing


  1. Ulat Belimbing

Ulat Belimbing

Ulat belimbing sering di gunakan sebagai umpan untuk mancing ikan wader, selain mudah di dapat ulat belimbing memiliki bau yang khas dan ukuran yang pas di mulut ikan wader sehingga ikan wader sangat menyukainya. Cara memakainya dikaitkan pada ulat mulai dari kepalanyanya hingga ekornya.

Baca Juga:  Umpan Mancing Ikan Gabus Jitu

  1. Lumut Sawah

Lumut Sawah

Lumut sawah sangat disukai oleh ikan wader, pakailah lumut yang halus dengan warna hijau, jangan lupa tambahkan vanili atau garam agar aromanya lebih keluar dan teksturnya menjadi lebih lembut


  1. Pelet Ikan

Pelet Ikan

Umpan pelet lebih sesuai di pakai di perairan yang tenang seperti telaga dan waduk , teknik menggunakannya pelet di hancurkan lantas tambahkan air sampai menjadi adonan yang kenyal supaya tidak gampang hancur di dalam air. Adonan tadi di bentuk kecil-kecil di sesuaikan dengan kail.


  1. Cacing

Cacing

Cacing sangat ampuh untuk mancing ikan wader baik di sungai, danau maupun di kolam, ikan wader sangat menyukai cacing, pilihlah cacing yang berukuran kecil agar mudah ditelan oleh ikan wader, cacing sawah lebih ampuh.


  1. Laron

Laron

Laron sering di gunakan untuk mancing ikan, khususnya untuk mancing ikan wader, cara menggunakannya sangat mudah, cukup mengaitkannya dari kepala hingga ekor jangan lupa untuk menghilangkan sayapnya terlebih dahulu agar mudah dimakan oleh ikan.


  1. Mie Instan

Mie Instan

Mungkin kalian tidak menyangka mie instan bisa digunakan untuk memancing, tapi ini sudah terbukti ampuh  untuk memancing ikan wader, cara membuatnya cukup mudah, mie instan ditumbuk sampai halus ditambah satu siung bawang putih yang sudah dihaluskan  lalu di diaduk sampai kenyal.


  1. Roti Tawar

Roti Tawar

Selain mie instan, roti tawar pun ampuh untuk mancing ikan wader, cara pembuatannya sama seperti cara pembuatan umpan mie instan.


  1. Biskuit Klik Crackers

Biskuit Klik Crackers

Info ini saya dapatkan dari teman teman sang suka mancing ikan wader, menurut mereka ini wajib dicoba untuk mancing ikan wader, cara penggunaannya sama seperti roti tawar, bisa juga dicampur bahan lain seperti essen atau terasi udang agar aromanya lebih menggoda ikan

Baca Juga:  Umpan Ikan Nila

  1. Kroto

Kroto

Di alam bebas ikan wader sering memakan serangga yang hanyut di sungai, salah satunya telur semut atau kroto, untuk memancing ikan wader, pilihlah telur kroto yang masih utuh dan segar agar cepat dimakan oleh ikan.


  1. Tahu

Tahu

Tahu selain enak dimakan bisa juga dipakai untuk mancing ikan wader, ikan wader sangat suka memakan tahu karena teksturnya yang lembut dan bau kedelai yang santat disukai ikan, cara menggunakannya sangat mudah, cukup ambil secuil tahu lalu kaitkan ke kail, agar lebih awet tahu bisa dijemur terlebih dahulu.


  1. Umpan Racikan

Umpan Racikan

Tepung roti halus + gula merah + telur kuning + vanili + pelet kinoy , teknik membuatnya seduh vanili dan gula merah hingga hancur , tambahkan tepung roti , telur dan air hangat , aduk terus sampai menjadi adonan , tambahkan pelet kinoy sampai adonan menjadi kenyal dan kalis


  1. Tempe

Tempe

Sama seperti tahu, ikan wader sangat menyukai tempe karena bau dari kedelai tersebut, tempe sama ampuhnya seperti tahu, bahkan kadang kadang sering dapet ikan sungai lain seperti ikan nilem atau tawes jika menggunakan umpan tempe, gunakan tempe yang telah beberapa hari agar lebih ampuh.


  1. Jangkrik

Jangkrik

Jangkrik ampuh untuk mancing ikan sungai salah satunya ikan wader, karena di habitatnya ikan wader sering memakan serangga yang jatuh ke air, pilihlah jangkrik yang berukuran kecil agar pas di mulut ikan.


  1. Belatung

Belatung

Bagi sebagian orang mungkin menjijikan, tapi jujur ini ampuh banget untuk mancing ikan wader, yang sering mancing ikan wader pasti tau ampuhnya umpan ini.


Akhir Kata

Demikianlah ulasan dari ikan.co.id mengenai Umpan Ikan Wader semoga bisa bermanfaat untuk anda.