Umpan Ikan Patin

Umpan Ikan Patin : Memancing merupakan kegiatan yang menyenangkan terutama saat di akhir pekan. Salah satu ikan yang asik untuk dipancing adalah ikan patin. Ada sensasi sentakan tersendiri saat memancing ikan patin, sehingga banyak pemancing yang tertarik untuk memancing ikan ini dan bahkan banyak dijadikan untuk perlombaan memancing. Namun masih banyak yang belum mengerti cara memancing serta umpan ikan patin yang jitu untuk memancing ikan patin ini, sehingga banyak yang gagal ketika memancing ikan patin ini.

Umpan Ikan Patin


Nah kali ini saya akan berbagi tips tentang resep khusus untuk membuat resep umpan ikan patin yang ampuh. Berikut ini beberapa resepnya:


Umpan Ikan Patin

Resep Umpan Ikan Patin 1 :

Bahan:

  1. 5 lembar roti tawar
  2. 2 telur bebek mentah
  3. 1/2 sendok teh terasi udang
  4. 1/2 kg pelet
  5. air panas

Caranya:

  1. aduklah telur bebek yang dicampur dengan terasi
  2. kemudian campurkan juga pelet, roti tawar, dan air panas lalu aduk sampai rata
  3. setelah itu tiriskan dan umpan siap untuk digunakan

Resep Umpan Ikan Patin 2 :

Bahan:

  1. tepung udang
  2. pf 1000
  3. 2 butir kuning telur yang telah direbus
  4. tepung pelet umpan

Caranya:

  1. Aduk semua bahan tersebut sampai menjadi kenyal dan jangan sampai lembek.
  2. Kemudian bentuk adonan tersebut menjadi bulatan dengan ukuran yang sesuai dengan keinginan anda.
  3. Dan umpan siap untuk dibuat mancing.
Baca Juga:  Umpan Jitu Ikan Mas

Resep Umpan Ikan Patin 3 :

Bahan:

  1. 2 terasi
  2. 2 genggam pelet pf 1000
  3. 2 roti rasa keju
  4. 1 kuning telur rebus
  5. 2 sendok madu
  6. air secukupnya

Caranya:

  1. Aduk semua bahan hingga terasa kenyal.
  2. Dan kemudian bentuk adonan tersebut menjadi bulatan.
  3. Dan umpan siap dipakai.

Resep Umpan Ikan Patin 4 :

Bahan:

  1. 1 bungkus roti tawar
  2. 2 santan kara
  3. 2 sachet vanili

Caranya:

  1. Buang pinggiran roti tawarnya, dan kemudian blender roti tawar tersebut.
  2. Setelah itu campurkan juga santan kara beserta vanili.
  3. Kemudian uleni campuran tersebut hingga kalis.
  4. Umpan ikan patin siap digunakan

Resep Umpan Ikan Patin 5 :

Bahan:

  1. 4 telur bebek
  2. 1 sdm tepung aci
  3. 1 bungkus susu bubuk
  4. 1/2 ons kroto
  5. 4 buah kinoy
  6. air secukupnya

Caranya:

  1. Campurkan tepung aci, susu bubuk, dan air sampai menjadi adonan yang kental dan kemudian tambahkan juga kuning telur dan kroto.
  2. Lalu aduk lagi sampai menjadi rata, setelah itu diamkan selama 1/2 jam lalu kukus. Untuk menggunakan umpan ini saat memancing caranya adalah campurkan adonan tersebut dengan kinoy.

Umpan Ikan Patin Galatama

Bahan :

  1. 4 butir telur bebek
  2. 1 sdm tepung aci
  3. 1 bungkus susu bubuk
  4. Setengah ons kroto
  5. 4 buah kinoy
  6. Air secukupnya

Cara membuat :

Untuk membuat umpan ini campurkan tepung aci, susu bubuk dan air, aduk. selanjutnya tambahkan kenung telur beber dan kroto. Aduk lagi adonan tersebut hingga rata dan tercampur, diamkan adonan kurang lebih 30 menit kemudian adonan di kukus. Cara menggunakan umpan ini campurkan adonan tersebut dengan kinoy, umpan siap di gunakan.


Umpan Ikan Patin di Kolam

Ikan Patin hampir menyerupai ikan Lele yang biasa mencari mangsa di dasar perairan dan memiliki sifat rakus. Kendati bisa menggunakan umpan cacing, namun adakalanya ikan Patin tak mau menyambar umpan cacing yang diberikan karena seringnya cacing digunakan sebagai umpan. Untuk itu membuat sendiri umpan ikan Patin kolam adalah langkah tepat untuk kesuksesan acara mancing di kolam Patin. Beberapa resep umpan ikan Patin berikut ini dapat dicoba untuk digunakan :

Baca Juga:  Umpan Mancing Ikan Gabus Jitu

  1. Resep umpan Patin 1

Beberapa bahan yang harus disiapkan adalah : 1 butir telur bebek, 5 lembar roti tawar, 1/2 sendok teh terasi, 1/2 kg pellet dan air panas sesuai kebutuhan. Langkah pembuatannya pertama ambil kuning telur bebek , tuang dalam wadah dan tambahkan terasi lalu aduk hingga rata. Sementara roti tawar dan pelet dilumatkan dulu menggunakan air panas. Jadikan satu kedua adonan dan uleni hingga kalis atau tak lengket di tangan. Umpan siap digunakan dengan membuatnya menjadi bulatan-bulatan seukuran kelereng.


  1. Resep umpan Patin 2

Anda mesti menyiapkan lebih dulu roti tawar, juice rasa jeruk, santan Kara, cacing, pellet dan tepung roti. Pertama-tama campurkan jadi satu roti tawar, pellet, tepung roti dan santan Kara. Lumat-lumat adonan hingga tercampur, tuangkan juice rasa jeruk dan uleni lagi hingga merata. Cara menggunakan, buat bulatan kecil dan pasangkan pada mata kail beserta cacing murni.


  1. Resep umpan Patin 3

Bahannya cuma buah sawit masak yang kemudian diiris kotak dan dikaitkan ke mata kail. Memancing ikan Patin seperti juga ikan-ikan target lain butuh kesabaran terlebih bila memancing di kolam pancing dengan lawan pemancing lain yang jumlahnya banyak. Ada kalanya ketika pemancing lain di sebelah kita mampu mendaratkan ikan Patin berkali-kali sementara kita satupun belum, mental akan down. Bila itu terjadi, tetap tenang dan coba lagi melempar kail. Ingat dalam dunia mancing, ada kalanya hoki pun ikut ambil bagiannya. Pelajari mungkin cara mancing anda ada yang salah diterapkan untuk ikan Patin. Coba juga umpan ikan Patin yang lain.


Akhir Kata

Demikianlah ulasan dari ikan.co.id mengenai Umpan Ikan Patin, semoga bisa bermanfaat untuk anda.