Umpan Ikan Gurame

Umpan Ikan Gurame di Sungai, Waduk, Kolam yang Liar dan Susah Makan – Gurame merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang sangat populer di Indonesia maupun Asia, keberadaannya sangat diburu setiap harinya, dan jika kamu juga berminat, kamu harus mengetahui apa saja umpan ikan gurame yang susah makan dan paling jitu 2020.

Umpan Ikan Gurame


Seperti yang kita ketahui, Salah satu hal yang sangat penting dalam dunia pemancingan ialah umpan yang digunakan, karena sangat berhubungan dengan hasil yang akan didapat. Nah, di bawah ini adalah beberapa rekomendasi Umpan Mancing ikian Gurame paling jitu dan terbaik.


Ikan gurame tergolong omnivora atau pemakan segalanya, beberapa jenis makanan ikan gurame paling disukainya antara lain adalah berbagai serangga, ulat, kroto dan beberapa racikan umpan gurame yang akan saya jelaskan di bawah ini.


Ciri-Ciri Ikan Gurame

Ciri-ciri ikan gurame diantaranya berbadan lebar dan pipih, serta Sirip perut dengan jari-jari pertama yang pendek berupa duri, dan jari-jari kedua yang lentur panjang serupa cambuk. Di beberapa daerah, ikan ini dikenal dengan nama Grameh, Kaloi, ikan Kali.


Umpan Ikan Gurame Di Kolam

Kolam pemancingan menjadi salah satu tren baru bagi para pegiat pancing, yang tidak memiliki banyak waktu untuk menuju spot mancing yang jauh, seperti ke sungai atau danau.


Nah, bagi kamu yang hendak memancing di kolam, simak racikan umpan ikan gurame di bawah ini :


Bahan :


  • Pelet PF-1000 (1/2 gelas)
  • Pelet 781-2 SP (1/2 gelas)
  • Kuning Telur rebus (1 butir)
  • Teh madu (2 sendok)
  • Vanili
  • Air secukupnya

Cara membuat :

Campurkan semua bahan di atas ke dalam sebuah wadah, lalu aduk hingga kental dan merata menjadi sebuah adonan. Setelah itu, tambahkan sedikit vanili. Diamkan beberapa saat, lalu umpan siap digunakan.

Baca Juga:  Umpan Ikan Patin

Umpan Ikan Gurame Liar

Gurame juga hidup di perairan liar, yang habitatnya bebas dan berkumpul dengan spesies ikan lainnya. Untuk memancing ikan gurame liar, kamu bisa memakai racikan umpan berikut ini :


Bahan :

  • Kuning Telur rebus (1 butir)
  • Pelet 781-2 sp (segenggam saja)
  • Teh madu (2 sendok)
  • Air secukupnya.

Cara membuat :

Campurkan semua bahan di atas ke dalam wadah, aduk hingga merata. Jika masih terasa keras, tambahkan sedikit air dan aduk kembali. Diamkan beberapa saat, dan umpan siap digunakan.


Umpan Ikan Gurame Sungai

Umpan Ikan Gurame Di Kolam

Sungai menjadi habitat utama bagi ikan gurame, para pemancing liar sudah pasti paham bagaimana kuatnya strike yang diberikan oleh ikan ini, sehingga memungkinkan kecanduan yang sangat mengasyikkan bagi setiap pemancing.


Di alam liar, ukurannya menjadi sangat bervariasi, tentu saja hal ini menuntut para pemancing untuk lebih dulu memahami apa saja Umpan Gurame Liar. Nah, berikut beberapa referensi untuk kamu.


Laron

Umpan pertama yang bisa kamu gunakan adalah Laron, serangga bersayap dan berukuran kecil ini ternyata sangat manjur untuk memancing ikan gurame liar, baik berukuran kecil maupun besar.


Kamu bisa mendapatkan laron yang banyak ketika musim hujan tiba. Pasalnya, hewan ini akan keluar ke pemukiman warga, dan mendekati diri ke benda yang menimbulkan cahaya. Pasanglah beberapa ekor laron ke mata pancing, namun lepaskan dulu sayapnya.


Ulat Bambu

Sesuai dengan namanya, ulat bambu adalah ulat yang bisa ditemukan di pohon-pohon bambu, yang merupakan salah satu jenis larva. Ulat ini biasa dipakai sebagai bahan makanan burung, reptil dan ikan.


Jika kesulitan menemukannya, kamu bisa membelinya di toko perlengkapan makanan hewan peliharaan, ataupun perlengkapan memancing. Pasanglah ke mata pancingmu secara keseluruhan, kemudian mulailah beraksi.


Ulat Daun Pisang

Umpan Ikan Gurame Sungai selanjutnya ialah ulat yang sering bergulung di dedaunan pisang yang hidup. Ulat ini termasuk dalam anggota kupu-kupu. Ciri-cirinya yakni berkepala hitam, badannya putih, gilig, agak mengecil di depan dan belakang.


Selain sebagai umpan memancing, kamu juga bisa memanfaatkan ikan ini sebagai makanan burung seperti Kacer, Murai Batu, dan cucak hijau. Kaitkan ulat daun pisang ke mata pancingmu, usahakan keadaannya masih hidup.

Baca Juga:  Umpan Ikan Bawal

Umpan Ikan Gurame Yang Susah Makan

Sedangkan untuk gurame yang mogok makan, biasanya agak sulit untuk memancingnya. Mereka seperti tidak selera untuk menyambar umpan, entah karena sedang tidak lapar atau ada alasan lain. Nah, untuk itu, kamu bisa memakai umpan di bawah ini :


Ulat Sutra

Ulat sutra adalah jenis ulat yang difungsikan sebagai bahan dasar dalam membuat kain sutra. Kegunaan lainnya ialah sebagai umpan memancing. Ulat ini berwarna putih dan sering ditemukan di dedaunan atau tumbuhan sayur. Carilah ulat yang belum menjadi kepompong untuk menjadi bahan umpan.


Jangkrik

Nah, berikutnya adalah jangkrik, yang menjadi umpan untuk hampir bagi sebagian besar ikan air tawar. Serangga bersuara bising dan hidup di tanah ini mudah kamu temukan di sekitar pemukiman. Langsung kaitkan saja bagian tubuh jangkrik dan mulailah memancing.


Umpan Ikan Gurame Kolam Harian

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, Gurame merupakan heran omnivora, atau pemakan segelanya. Nah, berikut adalah rekomendasi racikan umpan gurame di kolam pemancingan yang bisa kamu coba :


Bahan :

  • Kuning telur rebus (2 butir)
  • Ubi jalar rebus ukuran sedang
  • Pelet ikan koi (¼ gelas)
  • Madu (2 sdm)

Cara membuat :

Campurkan semua bahan ke dalam wadah, aduk hingga membentuk adonan dengan rata, diamkan hingga kering, lalu bentuk adonan tersebut menyerupai umpan dan pasangkan ke mata kail.


Umpan Ikan Gurame Paling Jitu

Umpan Ikan Gurame Paling Jitu

Selain beberapa racikan dan rekomendasi di atas, beberapa umpan alami ikan Gurame di bawah ini juga bisa kamu coba pakai, dan hasilnya Insya Allah juga sangat potensial. Berikut, diantaranya :


Kecoa

Pertama adalah kecoa. Meski terkesan menggelikan, namun kamu bisa memanfaatkannya untuk memancing ikan gurame. Untuk mendapatkannya juga tidak sulit, banyak terdapat di sekitaran rumah atau pemukiman.


Cacing Tanah

Selanjutnya yakni cacing tanah. Rekomendasi yang satu ini sudah ada sejak zaman dahulu, bahkan hampir untuk semua jenis ikan air tawar. Sehingga, bila kamu menggunakan umpan ini, bisa saja ikan lain yang menyambar.


Belalang

Menurut beberapa pendapat, belalang yang direkomendasikan ialah belalang sawah, berwarna hijau dan berukuran sedang. Jika sudah ketemu, pasanglah ke mata kail kamu secara penuh, lalu mulailah memancing.

Baca Juga:  Umpan Ikan Nila

Buah Nangka Matang

Mungkin hanya sedikit yang mengira bahwa buah nangka matang ternyata bisa juga dijadikan umpan. Ambillah sepotong buah nangka, potong kecil seukuran mata pancing dan mulailah berburu.


Kroto

Untuk memancing ikan di air tawar, kroto menjadi salah satu umpan favorit. Kroto adalah telur atau anakan semut, kamu bisa membelinya di toko perlengkapan memancing atau makanan hewan ternak.


Umpan Gurame Alami Lainnya

Beberapa umpan lainnya yang bisa kamu pakai antara lain :

  1. Lumut sawah
  2. Laba-laba
  3. Capung merah
  4. Belatung
  5. Uter
  6. Orong-orong
  7. Roti
  8. Bolu kukus
  9. Tempe

Racikan Umpan Gurame Dari Dedaunan

Terdengar unik dan mengherankan, namun kamu harus menerima fakta bahwa beberapa dedaunan di bawah ini, juga bisa kamu pakai sebagai umpan memancing ikan gurame. Beberapa Dedaunan tersebut diantaranya adalah :


  1. Daun talas
  2. Daun singkong
  3. Daun bayam
  4. Daun Kangkung

Sedangkan beberapa jenis buah-buahan yang bisa kamu pakai diantaranya adalah :

  1. Anggur hutan
  2. Pisang raja nangka
  3. Pisang
  4. Buah kelapa sawit

Tips Mancing Ikan Gurame

Gurame merupakan jenis ikan yang memiliki sifat teritorial, dalam artian selalu menjaga daerah kekuasaannya, sehingga membutuhkan tips tersendiri. Nah, berikut adalah beberapa Teknik Mancing Ikan Gurame yang perlu diperhatikan :


  1. Pilihlah waktu mancing ikan gurame pada pagi hari, di mana matahari belum menyinari spot air secara keseluruhan, atau dalam keadaan teduh
  2. Jika umpan-umpan di atas dirasa kurang potensial, kamu bisa mengaduk dan mencampurkannya dengan tambahan choya atau essen udang.
  3. Ketenangan juga dibutuhkan saat memancing ikan ini, usahakan jangan terlalu berisik dan banyak bergerak, karena dia sangat sensitif.
  4. Pilih spot yang banyak terdapat pepohonan yang akarnya menjulur ke dasar sungai, atau kumpulan pohon bambu yang menjorok ke air
  5. Jika umpan tak kunjung di sambar, coba hentakkan sedikit joran anda, hal ini akan mampu menarik perhatian ikan.

Akhir Kata

Demikianlah, ulasan singkat dari ikan.co.id mengenai rekomendasi Umpan Ikan Gurame di sungai, waduk, kolam yang liar dan susah makan. Semoga beberapa rekomendasi di atas bisa bermanfaat dan menjadi referensi utama. Terima kasih