Download Hari Kemerdekaan RI 17 Agustus 2022

Diposting pada

Hell0 Sobat, dalam kesempatan kali ini kami akan memabahas tentang Hari Kemerdekaan 17 Agustus 2022 seacara lengkap dan jelas, untuk lebih jelasnya simak artikel kami secara lengkap dan jelas di bawah ini semoga bermanfaat.

Bangsa Indonesia akan memperingati Hari Ulang Tahun (HUT ) Republik Indonesia Pada Tanggal 17 Agustus 2022

Definisi Proklamasi

“Proklamasi” berasal dari bahasa Latin, yaitu proclamare yang memiliki arti  pengumuman atau pemberitahuam pada khalayak umum. Pengumuman yang dimaksud ialah pengumuman yang berkaitan dengan hal-hal ketatanegaraan.

Proklamasi Kemerdekaan yang terjadi pada suatu negara sangatlah berarti bagi bangsanya. Proklamasi Kemerdekaan yang menyatakan bahwa suatu negara dan bangsa telah mencapai revolusi, mencatatkan sejarah perjuangan, dan yang  terpenting adalah terbebas dari cengkraman para penjajah.

Proklamasi Kemerdekaan bagi suatu bangsa dan negara merupakan suatu hal yang sangat istimewa dan tak ternilai harganya.

Menjadi hal istimewa karena untuk mencapai dan meraihnya, suatu bangsa dan negara harus berjuang dengan sungguh-sungguh bahkan sampai titik darah penghabisan dan harus rela mengorbankan banyak hal.

Sejarah Proklamasi

Sejarah proklamasi Kemerdekaan diawali dengan upaya Sekutu yang sempat menjatuhkan bom atom di kota Hiroshima pada 6 Agustus 1945, serta di Nagasaki pada 3 hari kemudian.

Akibat adanya peristiwa tersebut Kaisar Hirohito menyatakan menyerah tanpa syarat kepada Sekutu pada 15 Agustus 1945.

Setelah peristiwa tersebut, golongan muda yang mengetahui kabar itu dari siaran Radio BBC milik Inggris mendesak Soekarno dan Hatta untuk segera menyatakan Proklamasi, Tetapi pada saat itu dwitunggal menolak karena belum ada pernyataan resmi dari pemerintah Jepang, Lalu golongan tua berpendapat, lebih baik menunggu sampai 24 Agustus, yakni tanggal yang ditetapkan Marsekal Terauchi untuk waktu kemerdekaan Indonesia, ketika menerima Soekarno-Hatta-Radjiman di Dalat.

Kemudian pada 15 Agustus 1945, para pemuda dibawah pimpinan Sukarni, Chairul Saleh, Wikana bersepakat untuk mengamankan dwitunggal bersama Ibu Fatmawati dan Guntur ke Rengasdengklok, dengan harapan agar mereka menuruti keinginan para pemuda.

Setelah sehari diamankan di Rengasdengklok, ternyata kesepakatan masih tidak tercapai. Hingga pada akhirnya Ahmad Soebardjo datang dan berusaha membujuk para pemuda untuk melepaskan dwitunggal.

Kemudian para golongan muda bersedia melepaskan golngan tua dengan jaminan bahwa Soebardjo memastikan proklamasi akan terjadi pada esok harinya.

Kemudian pada malam harinya, rombongan berangkat ke Jakarta, menuju rumah Laksamana Maeda di Meiji Dori No. 1 untuk membahas masalah tersebut. Setelah tiba di rumah Laksamana Maeda, mereka menjelaskan permasalahan dan informasi yang sebenarnya terjadi.

Kemudian Laksamana Maeda lalu mempersilakan tiga orang tokoh untuk menemui Gunseikan (Kepala Pemerintah Militer) Jenderal Moichiro Yamamoto untuk membahas upaya tindaklanjut yang akan dilakukan.

Sayangnya, setibanya di Markas Gunseikan di kawasan Gambir, mereka bertiga mendapat jawaban yang mengecewakan.

Sebab Jenderal Nishimura yang mewakili Gunseikan melarang segala bentuk upaya perubahan situasi yang dilakukan dan mereka diharuskan menunggu Sekutu datang terlebih dahulu.

Lalu ketiga tokoh bersepakat bahwa Jepang tidak dapat diharapkan lagi dan kemerdekaan harus segera dirancang. Kemudian seluruh anggota PPKI dikawal oleh Sukarni dan kawan-kawan menuju rumah Laksamana Maeda.

Keesokan harinya pada 17 Agustus 1945 pukul 03.00 WIB, naskah proklamasi Setelah selesai diketik, naskah teks Proklamasi diserahkan kembali kepada Soekarno untuk ditandatangani.

Tepatnya Pada Tanggal 17 Agustus 1945 pukul 10.00 WIB, Pembacaan teks proklamasi kemerdekaan RI dibacakan oleh Soekarno bertempat di halaman rumah Soekarno di Jalan Pegangsaan Timur Nomor 56, Jakarta Pusat. dalam suasana khidmat.

Isi Teks Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia

Proklamasi

Kami bangsa Indonesia dengan ini menjatakan Kemerdekaan Indonesia.

Hal-hal jang mengenai pemindahan kekoeasaan d.l.l., diselenggarakan dengan tjara seksama dan dalam tempo jang sesingkat-singkatnja.

Djakarta, hari 17 boelan 8 tahoen 05

Atas nama bangsa Indonesia

Soekarno/Hatta.

Naskah proklamasi tersebut sedikit berbeda dengan naskah yang tulisan oleh tangan Soekarno pada tanggal 17 Agustus 1945 dini hari, yang sempat disimpan oleh Burhanuddin Muhammad Diah. Teks di atas merupakan penyempurnaan yang dilakukan Sayuti Melik saat mengetik teks proklamasi.

Perbedaan tersebut berkenaan dengan kata “hal2” pada paragraf kedua baris pertama diubah menjadi “hal-hal”, kemudian kata “saksama” pada paragraf kedua baris kedua diubah menjadi “tempo”.

Selanjutnya penulisan tanggal dan bulan “Djakarta 17-08-05” menjadi “Djakarta, hari 17 boelan 8 tahoen 05” dan kalimat “wakil2 bangsa Indonesia” menjadi “Atas nama bangsa Indonesia”.

Proklamasi Kemerdekaan  menjadi awal bangsa Indonesia guna menegakkan hak asasinya sebagai bangsa yang setara dengan bangsa lain.

Arti Proklamasi Bagi Bangsa Indonesia

Adapun beberapa arti penting Proklamasi Kemerdekaan Indonesia bagi bangsa Indonesia.

  1. Merupakan puncak perjuangan bangsa Indonesia setelah berjuang selama berpuluh-puluh tahun sejak 20 Mei 1908.
  2. Sebagai informasi bahwa negara Indonesia telah melepaskan diri dari kurungan penjajahan bangsa lain.
  3. Sebagai titik balik untuk mencapai tujuan nasional bangsa dan sebagai titik awal lahirnya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
  4. Sebagai titik awal penghentian segala bentuk penjajahan yang terjadi di Indonesia.
  5. Merupakan sumber hukum bagi pembentukan NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia) dari Miangas sampai Rote dan dari Sabang sampai Merauke.
  6. Sebagai titik awal landasan cita-cita negara Indonesia karena cita-cita bangsa dan negara Indonesia tercantum di dalam pembukaan UUD 1945.
  7. Dijadikan sebagai alat hukum internasional untuk menyatakan kepada rakyat dan seluruh dunia bahwa bangsa dan negara Indonesia sudah lepas dari jajahan dan sudah memegang hak kemerdekaan.

Akhir Kata

Demikian Pembahasan Kali ini tentang  Hari Kemerdekaan 17 Agustus 2022 semoga bermanfaat jangan lupa di share sobat, semoga bermanfaat