Cara Merawat Hamster

Cara Merawat Hamster

Cara Merawat Hamster: Hamster adalah sebuah hewan yang gampang mati. Pada dasarnya hamster termasuk kedalam salah satu kategori binatang dengan umur yang pendek. Hamster kebanyak hidup hanya sampai 4-8 tahun aja.Cara Merawat Hamster

Tapi kita bisa membuat hamster tersebut hidup lebih lama lagi kalo kita bisa dan mengerti bagaimana cara merawat hamster yang baik dan benar.

Terutama bagi jenis hamster yang memang diciptain buat dikembang biakan kedalam ruangan.

Baik buat kamu yang masih pemula atau yang sudah sering merawat hamster, tapi enggk tau gimana supaya binatang tersebut bisa berumur panjang.

Berikut merupakan tips dan cara merawat hamster supaya tumbuh besar dan sehat:

Jenis-Jenis Hamster Ramah RumahJenis Hamster

Sebelum kamu terjun untuk dalam merawat hamster, sebiaknya kamu tahu dulu jenis hamster mana yang baik yang bisa kamu pelihara dirumah.

Bagi kamu yang kepengen banget memeliharan hewan imun dan lucu ini dirumah kamu, dibawah ini merupakan jenis hamsternya:

  • Hamster Winter White

Whinter White merupakan jenis hamster yang sangat di favoritin oleh kebanyakan orang.

Selain karena mempunyai bulu yang tebal dan juga halus, hamster jenis ini dapat berubah-ubah warna sesuai dengan  cuaca disekitar.

Bulu hamster winter white bisa berubah menjadi coklat ke emasan dari abu-abu. Bulu ini bisa berubah karena pigmen rambut hamster yang dilengkapi juga dengan hormon prolaktin dan genetik.

  • Hamster Syrian Long/Short Hair

Kalo anda pengen punya hamster dengan ukuran yang agak lebih besar, anda bisa memelihara hamster syrian.

Keunggulan hamster ini bukan hanya ukurannya yang lebih besar, tapi hamster syrian ini lebih cepat beradaptasi pada lingkungan yang tertutup sehingga umurnya akan lebih panjang kalo dipelihara dirumah.

Hamster syrian juga lebih jinak, tidak mudah stres dan mudah dipegang.

  • Hamster White Face Roborovski

Kalo kamu lebih suka hamster yang berukuran lebih kecil kamu bisa memelihara hamster roborovski yang mempunyai warna putih dan cocok buat kamu pelihara.

Hamster ini sangat lincah dan butuh tempat untuk bermain didalam kandang.

Hamster white face roborovski mempunyai bulu yang tebal serta corak yang tidak terlalu banyak, tapi tetap keliatan lucu karena mempunyai pipi yang besar.

Bagi kamu yang pengen memelihara hamster jenis satu ini, anda harus bisa tidak mengelus ataupun memegang bulunya terlalu sering.

Hamster roborovski akan lebih cepat stres kalo disimpan di tempat yang kecil, jadi usahakan kandangnya harus luas.

  • Hamster Campbell

Hamster campbell ialah jenis hamster yang sangat sering ditemukan di pasaran hal ini karena budidayanya yang sudah meluas.

Hamster campbell kalo merasa terancam ia akan menggigit lalu bersembunyi untuk waktu yang lumayan lama.


Cara Merawat Hamstergambar Cara Merawat Hamster

Cara merawat hamster tidak terlalu sulit, karena cara merawat hamster tidak susah seperti hewan lain misalkan kucing. Berikut dibawah ini merupakan cara merawat hamster:

  • Memilih Kandang Hamster Dengan Tepat

Hamster harus memiliki sebuah kandang, untuk ukuran kandang hamster hanya berukuran 0.23 meter persegi.

Untuk kandang hamster sendiri ada banyak sekali macam dan jenisnya yang bisa kamu temui di toko perlengkapan hewan.

  • Pilih Tempat Kandang yang Aman

Pilihlah tempat terbaik untuk meletakkan kandang hamster jangan menaruh tepat di bawah area yang langsung terkena sinar matahari secara langsung, hal ini akan membahayakan.

Jauhkan kandang hamster dari jangkauan hewan lain yang lebih besar misal kucing. Karena kebanyakan orang lalai, sampe akhirnya hamster dimakan kucing dan terkadang hamster jadi stres karena sering diganggu oleh kucing.

  • Pastikan kalau Hamster tidak dapat Kabur dari Kandangnya

Fungsi kandang hamster bukan cuma buat ngehalangin hewan lain supaya tidak menggangu, tapi berfungsi juga supaya hamster tidak kabur.

Hamster merupakan hewan yang pintar kalo untuk urusan kabur. Karena itu kandang harus diperhatikan kira-kira bisa lolos hamster apa enggak.

  • Jangan Mencampur Hamster di Satu Kandang

Hal ini harus kamu perhatikan dan kudu wajib kamu ketahui. Kamu enggak boleh mencampurkan hamster ke dalam satu kandang.

Hal ini harus dihindari supaya hamsternya tidak berkelahi satu sama lain. Atau  pada kasus lain ada juga yang mencampurkan hamster tergantung dari jenis dan tingkat ke akraban hamster itu sendiri.

  • Jangan Mengawinkan Hamster Dengan Jenis Hamster Yang Berbeda

Hal ini juga harus kamu ketahui bahwa hamster tidak boleh dikawinkan dengan beda jenis hamster serta pasangan hamster enggak boleh dijadiin satu kandang.

Hal ini supaya hamster tidak saling melukai, Khususnya kalo hamster sudah menunjukan tanda-tanda hamil.

  • Memberi Alas Kandang yang Tepat

Kamu harus menyedikaan alas kandang hamster dengan ketebalan sekitar 7.6 centimeter.

Serutan kayu pinus atau cedar ada baiknya tidak kamu pakai karena dapat menyebabkan gangguan kesehatan misalkan gangguan pernapasan serta masalah lain.

  • Meberi Makan Hamster Secara Rutin Setiap Hari

Berilah makan hamster secara rutin setiap harinya. Untuk hamster syrian, kamu bisa memberi makan sekitar 15 gram setiap harinya pastiin juga kalo makanannya dalam keadaan yang segar.

Pastiin juga kalo kamu ngasih makan pelet buat hamster dengan kandungan gizi yang seimbang atau boleh juga dengan pelet yang bentuknya kayak dadu.

Kalo kamu ngasih makan hamster dengan campuran biji-bijian, hamster lebih memilih makan biji bijian karena bagi hamster lebih enak.

Tapi kalo hamster cuma makan biji-bijian maka nutrisnya akan kurang atau enggak cukup. Karena itu kasih makan hamster juga dengan pelet.

Bagi kamu yang baru memelihara hamster hal yang harus kamu ketahui ialah kamu enggak boleh membuang timbunan makanan hamster.

Karena hamster biasanya mempunyai tempat rahasia buat nyimpen makannya. Kalo kamu buang timbunan dan ada makanan hamsternya, maka hamster bisa aja jadi stres.

Caranya kamu boleh mengganti makanan timbunan hamster dengan makananya yang lebih segar tiap harinya.

Buang makanan yang lama, kemudian gantilah dengan makanan segar di tempat yang sama sehingga hamster enggak ngerasa kehilangan makanannya.

Untuk wadah hamsternya kamu bisa menggunakan wadah yang terbuat dari logam atau boleh juga menggunakan tembikar.

Kenapa harus bahan kayak gitu? karena seperti yang kamu ketahui kalo hamster jenis hewan yang doyan menggigit wadah makanan yang dibuat dari plastik.

  • Siapkan Air Bersih Masukan dalam Botol Khusus

Hamster enggak merluin banyak aer, tapi aer bersih tetep penting buat sih hamster karena hamster pasti ke hausan.

Jangan tarok air bersih di dalem wadah makan karena aer itu pasti bakalan tumpah dan bisa membuat kotor alas kandang hamster.

Kalo kandang hamster basah, hamster bisa aja jadi stres, apalagi kalo basahnya sampe kena badan hamster.

Cara yang bener adalah masukin aer bersih ke dalem botol dan ganti juga aernya setiap hari.

  • Kasih Cemilan Buat Hamster

Kasih Cemilan Buat Hamster

Bukan cuma makanan pokok, cemilan juga harus kamu kasih buat hamster bisa dua minggu sekali atau tiga minggu sekali.

Adanya bermacam-macam jenis cemilian buat hamster bisa dari sayuran atau dengan cemilan khusus buat hamster yaitu petshop.

  1. Mentimun
  2. Wortel
  3. Pisang
  4. Apel
  5. Selada
  6. Paprika
  7. Daun Kubis
  8. Seledri
  9. Sawi Collar dan beberapa jenis sayuran dan juga buah-buahan lainnya. Merupakan makanan favorit bagi hamster.

Beberapa jenis makanan di atas bisa kamu kasih setiap hari.

Makanan-makanan yang enggak boleh dimakan oleh hamster:

  1. Kacang almond
  2. Kentang
  3. Bawang bombay
  4. Buncis
  5. Lokio
  6. Buah buahan berbiji
  7. Alpukat
  8. Terong
  9. Daun bawang
  10. Bawang putih
  11. Sayuran rempah
  12. Tomat
  13. Kol bulat
  14. Jeruk
  15. Permen
  16. Ikan
  17. Daging mentah
  18. Pasta
  19. Es krim
  20. Gula

  • Tips Menjinakan Hamster

Enggak semua jenis hamster jinak dan ramah, terutama kalo kamu baru dalam memelihara hamster.

Hamster membutuhkan waktu buat adaptasi di kandang barunya. Dalam masa ini kamu sebaiknya enggak gangguin hamster.

Tips menjinakan hamster bisa kamu mulai di minggu kedua setelah hamster menempati rumah barunya.

Biasanya hamster sangat aktif saat pagi dan sore menjelang malam serta semalaman juga.

Berikut tips cara langkah menjinakan hamster yang bisa kamu coba dan praktekin:

  1. Coba tarok tangan kamu ke dalam kandang lalu biarin hamster mengendus-endus dan merhatiin tangan kamu
  2. Kalo hamster menggigit tangan kamu secara perlahan dan tidak bertindak agresif, kamu boleh menarik tangan kamu secara pelan-pelan dan biarin hamster merhatiin tangan kamu lagi
  3. Hal ini supaya hamster bisa ngerti kalo tangan kamu bukan hal yang harus ditakuti dan bukan barang untuk digigitnya.
  4. Tarok cemilan di telapak tangan kamu misal seperti biji-bijian yang hamster sukai
  5. Hamster biasanya akan naik ke tangan kamu dan perlahan-lahan dengan bertahap bisa mindahin cemilan di tangan kamu supaya hamster tambah nyaman.

Akhir Kata

Demikianlah ulasan dari ikan.co.id mengenai Cara Merawat Hamster, semoga dengan adanya artikel ini bisa bermanfaat buat anda.

/* */