Siklus Hidup Ikan

Siklus Hidup Ikan : Dasarnya kondisi siklus hidup bisa disebut dengan daur hidup. Pastinya setiap makhluk hidup memiliki siklus hidup yang tidak sama. Biasanya tergantung jenis makhluk hidup itu sendiri. Ini juga berlaku untuk ikan. Ikan adalah makhluk hidup vertebrata yang mendiami kawasan perairan.

Penjelasan-Mengenai-Siklus-Hidup-Ikan-Dari-Telur-Hingga-Dewasa

Ikan bisa ditemui di banyak tempat dengan jenis dan nama yang berbeda. Secara garis besar, ikan dibagi menjadi dua jenis, yakni ikan air tawar dan ikan air laut. Keduanya bisa dibedakan dari jaringan hewan yang ada didalamnya. Meskipun begitu, secara garis besar, dua jenis ikan ini tetap sama. Ikan termasuk ke dalam hewan metamorfosis tidak sempurna.

Siklus hidup ikan bisa dibilang cukup sederhana. Dari telur hingga ikan dewasa. Biasanya siklus hewan ini dipelajari di mata pelajaran IPA kelas 6 sekolah dasar. Nah, bagi yang ingin tahu penjelasan lebih dalam mengenai siklus hidup hewan ini, Anda bisa menyimak ulasan artikel berikut.


Berikut Siklus Hidup Atau Daur Hidup Ikan Beserta Penjelasannya

  1. Telur

Di tahap siklus hidup pertama ini, ikan masih dalam bentuk telur. Telur ikan masih menyesuaikan suhu perairan yang menjadi tempat telur tersebut berada. Telur yang berada di suhu hangat umumnya lebih mudah untuk menetas. Begitu pula sebaliknya, telur yang hidup di suhu dingin cenderung lambat untuk bisa menetas.

Saat pembuahan, betina ikan hanya meletakkan telur di media tertentu saja. Berikutnya, ikan jantan tinggal menyemprotkan sperma di kumpulan telur tersebut saja. Jumlah telur yang dikeluarkan betina cukup melimpah karena nantinya ada telur yang menjadi larva dan telur yang tidak bisa hidup menjadi larva. Ini menjadi siklus hidup ikan yang paling menentukan.

Baca Juga:  Ikan Predator Air Tawar

  1. Larva

Siklus berikutnya dari ikan adalah dalam bentuk larva atau setelah telur yang dibuahi tadi menetas. Hal menarik dari siklus hidup dibagian ini adalah kuning telur yang ada di bagian perut. Kantung kuning ini adalah sumber makanan larva. Semua telur yang menetas menjadi larva pasti memiliki kantung berwarna kuning ini

Kantung kuning ini berisi beragam nutrisi. Selama kantung telur masih melekat pada larva, maka ikan akan menyerap nutrisi dari kantung tadi. Umumnya kantung telur ini akan lenyap dalam beberapa hari. Untuk tahu kondisi larva pada siklus hidup ikan ini, Anda harus belajar seputar perbedaan hewan berdarah panas dan berdarah dingin untuk lebih memahaminya.


  1. Ikan muda

Di siklus hidup ini, larva tadi sudah membentuk ikan yang cukup sempurna. Selain itu bisa disebut jika pada siklus hidup ini kadang menjadi tanda mulainya metamorfosis pada ikan. Di ikan muda ini, Anda bakal menemukan beberapa jenis organ yang nanti akan dibawa hingga ikan menjadi dewasa. Meskipun memang organ tadi belum sepenuhnya bisa bekerja dengan sempurna.

Siklus hidup iklan ini adalah yang paling berbahaya dibanding siklus lainnya. Tidak heran karena di fase ini sering terjadi kematian besar-besaran pada ikan muda tadi. Jadi tidak heran larva yang berhasil menjadi ikan dewasa juga tidak terlalu banyak. Sebut saja karena masalah penyakit hingga ikan muda disantap oleh predator.


  1. Ikan dewasa

Siklus hidup terakhir adalah ikan dewasa. Di tahap ini, ikan dewasa sudah memiliki struktur tubuh yang sangat kuat dibanding ikan muda. Bukan hanya itu saja, organ dalam ikan juga sudah bisa dibilang sangat matang dan bisa berfungsi dengan sangat baik untuk menunjang kehidupan ikan di perairan tempatnya tinggal.

Baca Juga:  Perbedaan Ikan Nila dan Mujair

Ikan ini juga sudah bisa bertarung untuk memperebutkan wilayah kekuasaan. Selain itu, ikan yang masuk ke fase dewasa sudah memiliki kemampuan untuk melakukan reproduksi kembali. Dari fase reproduksi tersebut, siklus hidup ikan ini akan di awali dari telur kembali jika ikan pejantan dan betina melakukan reproduksi.

Siklus hidup dari ikan tidak terlalu rumit untuk dipelajari karena memang siklusnya sangat sederhana. Ikan menjadi hewan yang paling banyak kita temui di sekitar. Entah untuk hiasan rumah atau untuk konsumsi. Ikan juga memiliki kandungan nutrisi yang sangat tinggi. Tidak heran bagus untuk kesehatan tubuh manusia.


Akhir Kata

Demikianlah ulasan dari ikan.co.id mengenai Penjelasan Mengenai Siklus Hidup Ikan, semoga bisa bermanfaat untuk anda.