Perbedaan Ikan Nila dan Mujair

7 Perbedan Ikan Nila Dan Ikan Mujair yang Mencolok : Apabila dilihat secara sekilas ikan nila dan ikan mujair akan terlihat memiliki bentuk tubuh sama persis. Namun, apabila dilihat dengan seksama dan teliti perbedaan antara kedua jenis ikan tersebut akan terlihat dengan jelas. Dari bentuk tubuhnya saja terdapat perbedaan yang ketara.

Perbedaan Ikan Nila dan Mujair

Ikan nila merupakan jenis ikan air tawar yang telah populer dan biasa dibudidayakan dalam kolam-kolam air tawar. Ikan nila memiliki ukuran yang cukup besar, ikan nila ukuran sedang dapt mencapai hingga 30 cm dengan tubuh berwarna hitam keabu-abuan. Sedangn ikan mujair merupakan jenis ikan air tawar yang dapat hidup juga di air payau. Ikan mujair dengan ukuran sedang dapat mencapai ukuran hingga 40 cm.

Ikan nila dan ikan mujair sering kali disandingkan, dikarenakan kedua ikan tersebut memiliki kisaran harga yang sama di pasaran. Terdapat perbedaan dari kedua jenis ikan tersebut. Berkut merupakan perbedaan ikan nila dan ikan mujair apabila diamati dengan teliti.


Perbedaan Ikan Nila Dan Ikan Mujair

1.    Corak Pada Tubuh

Ikan nila memiliki warna kehitaman atau keabu-abuan dengan corak garis-garis vertikal di sepanjang tubuh ikan nila. Sedangkan pada ikan mujair kehitam atau keabu-abuan dengan corak bintik-bintik hitam di sepanjang sisik ditubuhnya.


2.    Bentuk Tubuh

Berdasarkan dari bentuk atau ukuran tubuhnya ikan nila cenderung lebih besar apabila dibandingkan dengan jenis ikan mujair pada usia yang sama. Namun apabila hanya mengcu pada ukuran ini memang susah untuk dibedakan antara kedua jenis ikan tersebut. Perbedaan ikan nila dan ikan mujair lainnya adalah bentuk tubuh ikan nila cenderung lebih lebar dan bulat sedangkan ikan mujair memiliki bentuk tubuh yang cenderung memanjang.

Baca Juga:  Ikan Sapu-Sapu

3.    Bentuk Wajah

Bentuk wajah yang dimiliki oleh dua spesies ikan ini memiliki perbedaan yang ketara. Pada wajah ikan nila tidak memiliki totol atau bintik-bintik hitam seperti pada yang terdapat pada ikan mujair. Selain itu, bentuk bagian mulut kedua jenis ikan ini memilik perbedaan apabila diperhatikan dengan teliti, perbedaan tersebut adalah mulut jenis ikan nila cenderung lebih kecil apabila dibandingkan dengan ikan mujair. Mata yang dimiliki kedua ikan tersebut juga berbeda, ikan nila cenderung memiliki mata yang lebih besar dari pada mata yang dimliki oleh ikan mujair.


4.    Sirip Punggung

Kedua jenis ikan tersebut sama-sama memiliki sirip punggung. Perbedaan ikan nila dan ikan mujair dari sirip di punggungnya adalah pada ikan nila sirip punggung yang dimiliki lebih panjang dengan tulang sirip yang terlihat jelas dan tajam, sedangkan sirip punggung pada ikan nila lebih pendek dengan ujung sirip yang berwarna kemerahan.


5.    Sirip Belakang

Kedua jenis ikan ini sama-sama memiliki sirip elakang. Yang membedakannya adalah pad ikan nila terdapat garis-garis yang memotong tulang sirip belakang, sedangkan ikan  mujair tidak memiliki garis pada sirip belakangnya. Berdaan satu ini cukup ketara apabila kedua ikan tersebut disandingkan.


6.    Sirip Bawah

Sirib-sirip yang dimiliki oleh ikan nila dan ikan mujair memanlah sama, yang membedakan adalah corang yang tedapat di sirip tersebut. Begitu juga dengan sirip bawah, kedua jenis ikan ini sama-sama memiliki sirip bawah. Perbedaan ikan nila dan ikan mujair pada sirip bawah adalah bentuknya. Pada ikan nila sirip bawahnya memeiliki bentuk lebih pendek dan melebar. Sedangkan pada ikan mujair sirip bawahnya lebih lonjong dan pada umumnya sirip tersebut memiliki warna hitam.

Baca Juga:  Ikan Peacock Bass

7.    Ekor

Perbedaan yang terakhir dari ikan nila dan mujair yang dapat diamati langsung terletak pada ekornya. Ikan nila memiliki ekor yang terdapat garis-garis yang memotong tulang ekor, sedangkan pada ikan mujair tidak terdapat garis-garis tersebut.

Untuk mencari perbedaan ikan nila dan ikan mujair memanglah membutuhkan ketelitian. Namun, sebenarnya apabila diamati dengan seksama terdapat perbedaan yang ketara antara kewdua jenis ikan ini. Meskipun begitu kedua ikan ini sama-sama diminati di pasaran dan memiliki kisaran harga yang tidak jauh berbeda. Kedua enis ikan inipun juga dapat dimasak sebagai satu hidangan yang sama dan tentunya sama-sama nikmat.


Akhir Kata

Demikianlah ulasan dari ikan.co.id mengenai Perbedaan Ikan Nila dan Mujair, semoga bisa bermanfaat untuk anda.