Pemijahan Ikan Cupang

Pemijahan Ikan Cupang : ikan cupang merupakan salah satu jenis ikan hias yang saat ini banyak diminati kalangan muda. Ikan cupang merupakan ikan yang biasa hidup di daerah tropis salah satunya adalah Indonesia. Ikan hias ini memiliki warna yang indah dan beraneka macam yang menjadi salah satu daya tarik pecinta ikan.  tak hanya warnanya, bentuk sirip yang sangat indah dengan gerakannya yang tenang menjadikan ikan ini banyak dikoleksi dan dibudidayakan oleh masyarakat.

Cara-Pemijahan-Ikan-Cupang-yang-Benar-Supaya-Hasil-Melimpah

Jika ditelusuri lebih dalam, ikan cupang ini memiliki sekitar 73 jenis spesies yang ada di muka bumi termasuk di Indonesia. Ikan cupang hidup di air tawar dan tidak memerlukan perawatan yang rumit. Termasuk cara perkembang biakan ikan ini. Hampir rata rata semua orang jika mau belajar pasti bisa melakukan budidaya ikan cupang sendiri di rumah. Nah, untuk itu berikut ini akan dijabarkan bagaimana cara pemijahan untuk ikan cupang yang baik dan benar.


Pemijahan Ikan Cupang

1. Pemijahan induk dengan pejantan dalam satu wadah

Cara pemijahan ikan cupang yang pertama yaitu anda harus menjadikan indukan cupang dan pejantan yang sudah dipilih ke dalam 1 wadah. Biarkan kedua ikan tersebut berada dalam satu wadah kurang lebih 3 hari. Pada hari pertama, ikan jantan akan membuat gelembung-gelembung yang mengapung di air. Gelembung ini akan digunakan sebagai tempat penyimpanan telur ikan. pada hari berikutnya, kedua ikan akan memasuki proses perkawinan dan menempatkan telur pada gelembung tadi.

Baca Juga:  Ikan Air Tawar

2. Pindahkan Cupang Betina pada Wadah Lain

Setelah kurang lebih 3 hari, angkatlah cupang betina dan pindahkan dalam wadah yang berbeda. Pemindahan hanya dilakukan untuk ikan betina, biarkan ikan cupang jantan tetap di dalam wadah yang berisikan telur. Simpanlah wadah yang berisi cupang jantan dan telur ke tempat yang gelap. Hati-hatilah dalam memindah wadah berisi telur jangan sampai gelembung gelembung tersebut hilang karena telur akan membusuk.

Simpanlah sekitar 10 hari dalam tempat yang gelap dan sedikit cahaya. Ketika pemijahan ikan cupang berlangsung tidak usah memberi makan ikan, karena tidak akan dimakan. Setelah 10 hari di simpan di daerah gelap, ambillah pejantan cupang dari anak-anaknya. Pindahkan juga anak-anak cupang tersebut ke dalam wadah yang lebih besar dan bersih.


3. Pemberian Makan Anakan Cupang

Setelah sekitar 1 minggu dari pemindahan ke wadah yang lebih besar, anak anak cupang ini bisa diberi makanan. Anda bisa memilih makanan cupang dari air rendaman kol atau beberapa sayuran yang mengandung kol. Perhatikan juga seberapa banyak makanan yang anda berikan. Tetu, jangan sampai memberikan makan terlalu banyak karena akan mengotori air di dalam wadah tersebut. Pilihlah makanan yang menurut anda mudah didapat dan efektif untuk anakan cupang.


4. Penyortiran Anakan Cupang

Proses pemijahan ikan cupang sudah berada di tahap terakhir. Di tahap ini anda sudah bisa menyortir antara ikan cupang jenis jantan atau betina. Proses ini bisa dilakukan setelah kurang lebih usia ikan cupang mencapai 1,5 bulan. anda bisa menyortir ikan tersebut dan meletakkannya ke dalam wadah yang lebih besar. Untuk ikan berumur lebih dari 1,5 bulan anda bisa menggantinya dengan pakan lain dengan pelet khusus ikan cupang yang tersedia di beberapa toko ikan.

Baca Juga:  Ternak Ikan Mas

Untuk proses pemeliharaan selanjutnya, anda harus menjaga kebersihan air yang digunakan dalam memelihara ikan tersebut. Jangan sampai air yang ada di dalam wadah merupakan air kotor. Karena, air kotor akan menyebabkan berbagai penyakit terutama jamur pada ikan cupang yang ada di dalamnya.

Bagaimana nih muda sekalikan cara pemijahan ikan cupang? Selain menekuni hobi mengoleksi ikan cupang, anda juga bisa membudidayakan ikan cupang ini. Dengan cara pemijahan yang sangat mudah dan hanya memerlukan bahan sederhana, pastinya anda semua bisa melakukan dan mencoba sendiri. Secara garis besar, anda hanya harus membutuhkan ketelatenan dan kesabaran nih dalam proses pemijahannya. Tidak memerlukan waktu lama anda akan mendapatkan anakan cupang yang pasti tidak sedikit.


Akhir Kata

Demikianlah ulasan dari ikan.co.id mengenai Cara Pemijahan Ikan Cupang yang Benar Supaya Hasil MelimpahSemoga bisa bermanfaat untuk anda.