Pembenihan Ikan Lele

Pembenihan Ikan Lele : Dalam usaha budidaya ikan lele terdapat dua segmen, yaitu usaha pembesaran dan usaha pembenihan. Para peternak pembesaran tidak membenihkan sendiri.Lebih praktis bagi mereka untuk membeli dari peternak benih.

Karena usaha pembenihan ikan lele memerlukan tingkat keterampilan dan ketelitian yang tinggi. Cara pemeliharaan dan perlakuan budidaya pembesaran berbeda dengan budidaya pembenihan. Akan lebih baik apabila peternak fokus terhadap salah satu segmen usaha tersebut.

Cara-Pembenihan-Ikan-Lele-Yang-Simpel-dan-Terbukti-Berhasil


Cara Pembenihan Ikan Lele

1.Seleksi Indukan Lele

Memilih indukan untuk pembenihan ikan lele hendaknya dimulai sejak calon Indukan masih berukuran 5-10 cm, Anda dapat memilih ikan lele dengan sifat Yang unggul seperti tidak cacat, lincah bergerak, dan besarnya harus seragam. Kemudian pelihara calon-calon indukan yang unggul tersebut dalam kolam pemeliharaan tersendiri.

Pemeliharaan calon indukan akan lebih baik apabila diperlakukan dengan istimewa dengan memberikan pengairan yang baik dan pakan yang berkualitas. Penyeleksian terhadap calon indukan untuk pembenihan ikan lele dilakukan dilakukan setiap dua minggu sekali, Jangan lupa pisahkan berdasarkan ukuran agar lele tidak saling memakan.


2.Tehnik Pemijahan Ikan Lele

Pemijahan atau mengawinkan ikan untuk Pembenihan ikan lele bisa Dilakukan dengan berbagai metode, baik yang alami atau yang intensif. Pemijahan alami yaitu perkawinan yang tidak memerlukan campur tangan manusia dalam proses pembuahan telur dengan sperma. Sedangkan pemijahan intensif merupakan proses perkawinan yang memerlukan intervensi manusia dalam proses pembuahannya.

Baca Juga:  Pemijahan Ikan Cupang

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memijahkan ikan lele secara intensif, yaitu:

  1. Penyuntikan hipofisa
  2. Penyuntikan hormon buatan
  3. Pembuahan in vitro (dalam tabung)

3.Pemeliharaan Larva

Dari proses pemijahan akan dihasilkan larva ikan yang harus dibesarkan Dalam tahap pembenihan ikan lele selanjutnya yang anda lakukan Pisahkan larva dan induknya. Kualitas air kolam untuk pemeliharaan larva harus terjaga. Usahakan ada aerasi dengan aerotor untuk menyuplai oksigen.

Suhu kolam harus dipertahankan pada kisaran 28-29C. Pada suhu dibawa 25C biasanya akan terbentuk bintik-bintik  putih pada larva yang menyebabkan kematian massal. Bila terjadi perubahan suhu  usahakan tidak terlalu ekstream perubahan suhu kolam sebaiknya tidak berfluktuasi lebih dari 1C.


4.Pendederan Benih

Pendederan adalah suatu tahapan untuk melepas benih ikan ke tempat pembesaran sementara. Proses pendederan merupakan salah satu tahapan penting dalam pembenihan ikan lele. Tempat pendederan biasanya berupa kolam kecil dengan pengaturan lingkungan yang ketat.

Tahapan ini diperlukan karena benih ikan lele masih rentan terkena penyakit, dan perubahan lingkungan yang ekstream. Benih ikan didederkan hingga siap untuk ditebar di kolam budidaya yang lebih luas.


5.Menyiapkan Kolam Pendederan

Kolam pendederan untuk pembenihan ikan lele bisa berupa kolam tanah, kolam semen, atau kolam dari terpal.Tidak ada patokan luasan yang disarankan untuk kolam pendederan namun lebih baik tidak terlalu luas agar mudah di kontrol.

Kolam tersebut juga harus memungkinkan dipasangi peneduh seperti paranet, Untuk menghindari kematian benih karena terik matahari dimusim kemarau. Dalam menyiapkan kolam pendederan, perhatikan dengan seksama kolam masuk Saluran masuk dan keluar pintu.

Gunakan jaring yang halus agar benih tidak bisa Melintasi saluran air dan tidak ada hama dari luar yang terbawa masuk ke kolam. Lakukan pengeringan kolam sebelum digunakan. Lebih baik apabila kolam di jemur Untuk menghilangkan bibit penyakit yang mungkin tersisa dari aktifitas sebelumnya.

Baca Juga:  Cara Budidaya Ikan Palmas

Khusus untuk jenis kolam tanah yang akan digunakan untuk pembenihan ikan lele, Lakukan pengolahan tanah dan pemupukan dasar kolam.


6.Pelepasan Benih

Benih ikan lele sudah bisa dipindahkan ke kolam pendederan setelah berumur tiga minggu dihitung sejak menetas di tempat pemijahan. Atau kira-kira berukuran panjang 1-2 cm. Kepadatan tebar benih lele berkisar 300-600 ekor per m2. Benih ikan yang masih kecil sangat sensitif terhadap perubahan lingkungan yang ekstream.

Oleh karena itu memindahkan benih ikan ke kolam pendederan perlu hati-hati caranya gunakan wadah atau ember plastik, kemudian isi dengan, dari kolam asal hingga penuh. Ambil benih ikan gunakan jaring yang halus, lalu maaukkan ke dalam wadah tadi.

Pembenihan ikan lele adalah suatu tahap penting dalam membudidayakan Ikan lele, jadi perlu teknik dan tahap yang benar dalam pembenihan ikan lele.


Akhir Kata

Demikianlah ulasan dari ikan.co.id mengenai Cara Pembenihan Ikan Lele, semoga bisa bermanfaat untuk anda.