Manfaat Makan Ikan

4 manfaat makan ikan yang harus anda ketahuiIkan sangat terkenal sebagai salah satu sumber protein yang sangat berguna bagi tubuh seperti  daging ayam dan daging sapi. Namun, nyatanya tingkat konsumsi ikan di Indonesia masih sangat rendah. Di pulau jawa, konsumsi ikan hanya 35 kg per kapita setiap tahun, sementara di pulau kalimantan dan sumatra konsumsi ikannya sudah mencapai 32-43 per kapita setiap tahun, paling banyak yaitu Indonesia bagian timur sekitar 40 kg setiap tahun. Padahal ikan ini banyak memiliki manfaat bagi tubuh terutama bagi anak anak yang memasuki masa masa pertumbuhan.

Manfaat Makan Ikan

Sayang sekali, banyak warga Indonesia masih engga untuk mengkonsumsi ikan dan lebih memilih gading ayam atau daging lainnya seperti kambing dan sapi. Padahal, nutrisi dan vitamin yang terkandung di dalam ikan sangatlah tinggi. Bahkan bisa melebihi kandungan yang ada di aneka daging lainnya. Ditambah lagi harga ikan sangatlah murah meriah dari pada harga daging. Maka dari itu, berikut ini adalah ada beberapa manfaat ikan yang harus anda ketahui.

4 Manfaat Makan Ikan yang Harus Anda Ketahui

1. Membantu Pertumbuhan, Terutama Pertumbuhan Otak Dan Tulang Anak

Selain memiliki protein tinggi, ikan juga memiliki asam lemak omega 3 yang berguna untuk pertumbuhan otak, vitamin D, kalsium,  dan fosfor yang berguna untuk pertumbuhan tulang dan gigi anak.  ikan juga memilikikandungan vitamin dan mineral yang sangat besar, seperti zat besi, vitamin B2, zink, magnesium, yodium, serta kalium. Manfaat makan ikan pasti bisa memmbantu anak untuk proses pertumbuhan dan perkembangan secara keseluruhan.

Baca Juga:  Kandungan Gizi Ikan Lele

2. Mengurangi Risiko Mengidap Alzheimer

Sebuah penelitian mengemukakan bahwa orang yang mengkonsumsi ikan dengan cara dipanggang mempunyai volume otak yang lebih besar dan sel otak yang lebih daerah di darea otak yang memiliki tanggung jawab untuk ingatan dan belajar. Nah, para ahli sangat percaya jika memiliki volume otak yang besar akan mengurangi resiko untuk mengidap penyakit alzheimer. Hal ini mungkin memiliki kaitan dengan substansi  di otak, bagian otak yang memiliki neuron sebagai proses informasi dan penyimpanan ingatan. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengkonsumsi ikan setiap minggu mempunyai substansi lebih banyak di pusat otak yang berguna untuk mengontrol emosi dan ingatan.

3. Mencegah Penyakit Jantung

Sebuah study merekomendasikan pengkonsumsian ikan setidaknya seminggu 2 kali sebagai diet sehat. Sedangkan, Kementerian Kesehatan RI juga menganjurkan untuk makan ikan sebanyak 2 hingga 3 kali setiap minggu. Manfaat makan ikan sangat berguna untuk membantu menurunkan tekanan darah, menurunkan risiko terkena sakit jantung dan stroke. Kandungan asam lemak omega 3 dalam ikan sangat berguna untuk kesehatan jantung. Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa mengkonsumsi ikan seperti ikan tuna, ikan salmon, ikan sarden, dan ikan makerel yang mengandung omega 3 bisa menurunkan kadar lemak dalam darah, sehingga memperkecil risiko penyakit jantung.

4. Mengurangi Risiko Depresi

Beberapa penelitian telah mengungkapkan bahwa makan ikan bisa membantu memperkecil risiko depresi. Hal ini dikarenakan adanya kandungan asam lemak omega 3 pada ikan. Penelitian membuktikan bahwa memakan ikan bisa lebih memperbesar efektivitas obat antidepresan, dibandingkan mengonsumsi obat antidepresan saja. Asam lemak omega 3 pada ikan juga bisa membantu mengurangi gangguan mental lainnya, seperti masalah bipolar. Omega 3 merupakan salah satu nutrisi yang digunakan untuk menjaga fungsi otak agar tetap sehat.

Baca Juga:  Manfaat Ikan Gurame

Beberapa manfaat makan ikan  tadi bisa nada gunakan sebagai acuan dan motivasi agar anda memulai untuk mengkonsumsi ikan. selain memiliki banyak manfaat karena kandungan nutrisi, vitamin dan mineral yang tinggi, ikan juga bisa diolah menjadi banyak sekali olahan makanan. Tentu saja ikan juga memiliki rasa yang sedap dan enak. Anda bisa memilih berbagai jenis ikan yang ada. Mulai dari ikan tawar hingga ikan asin tersedia di Indonesia. Dianjurkan bagi anda yang ingin mulai mengkonsumsi ikan dengan rutin agar memilih ikan yang segar dan fresh. Karena ikan ikan sudah tidak segar kandungan gizinya pun akan berkurang.


Akhir Kata

Demikianlah ulasan dari ikan.co.id mengenai Manfaat Makan Ikan, semoga bisa bermanfaat untuk anda.