Manfaat Ikan Marlin

Diposting pada

Ikan.Co.Id – Manfaat Ikan Marlin : Ikan marlin merupakan ikan laut air hangat dari famili Istiophoridae (ordo Perciformes).

Ikan ini mempunyai karakteristik badan memanjang, sirip punggung panjang, serta mulut yang runcing semacam pedang.

Ikan marlin ialah sumber protein, niasin, kalium, fosfor, vitamin B6, vitamin B12, serta selenium yang baik.

Ikan marlin bisa ditemui di segala dunia di dekat permukaan laut. Secara universal ikan marlin dibagi ke dalam 4 tipe, ialah marlin biru, gelap, bergaris, serta putih.

Blue marlin merupakan ikan marlin Atlantik terbanyak serta salah satu ikan terbanyak di dunia.

Ikan ini terkategori karnivora. Santapan ikan ini berbentuk cumi – cumi, ikan tenggiri serta tuna.

Selaku spesies semi berlemak, ikan marlin cuma menaruh lemak di bagian badannya serta isi lemak totalnya antara 2 % – 10 % lebih rendah dibanding spesies yang lebih berlemak semacam ikan haring ataupun makerel.

Warna daging ikan marlin berkisar dari putih sampai merah muda, walaupun agak bermacam – macam dari satu ikan ke ikan yang lain.

Manfaat Ikan Marlin

Ikan marlin merupakan sumber protein sehat tanpa lemak yang sangat baik. Ikan ini pula rendah lemak jenuh serta rendah natrium.

Ikan ini kaya niasin, vitamin B6, vitamin B12, serta selenium. Ikan marlin merupakan sumber yodium serta magnesium yang baik.

ikan marlin harga

Nutrisi – nutrisi yang ada dalam ikan tersebut hendak membagikan bermacam – macam manfaat kesehatan yang signifikan untuk manusia yang mengkonsumsinya.

Berikut ini merupakan sebagian manfaat ikan marlin untuk kesehatan.

  • Menghindari Penyakit Kardiovaskular

Komsumsi ikan berlemak semacam ikan marlin bisa menolong melindungi Kamu dari penyakit kardiovaskular.

Suatu riset yang diterbitkan oleh American Physiological Society menampilkan kalau minyak ikan berlemak pula bisa melindungi jantung sepanjang masa tekanan pikiran mental.

  • Menghindari Radang Sendi

Ikan marlin merupakan salah satu sumber asam lemak omega – 3. Bagi jurnal Annals of the Rheumatic Diseases.

Konsumsi rata – rata setiap hari asam lemak omega – 3 paling tidak 0, 21 gr (ataupun 210 mg) satu hari bisa membuat Kamu berisiko 52 persen lebih rendah terserang rheumatoid arthritis (RA).

Tidak hanya itu, asam lemak omega – 3 pula bisa melindungi terhadap pertumbuhan RA di masa yang hendak tiba.

  • Merendahkan Resiko Demensia

Ikan marlin kaya hendak isi vitamin B12. Komsumsi vitamin B12 yang lumayan sudah berhubungan dengan resiko demensia serta penyakit jantung yang lebih rendah.

  • Kanker Mulut serta Kulit

Ikan marlin banyak memiliki asam lemak omega – 3 yang bisa melindungi Kamu dari kanker mulut serta kulit stadium dini serta akhir.

Asam lemak omega – 3 dikenal bisa secara selektif membatasi perkembangan sel – sel kanker.

  • Pertumbuhan Sensorik, Kognitif, serta Motorik

Komsumsi ikan yang memiliki asam lemak semacam ikan marlin, sepanjang bulan – bulan terakhir kehamilan bisa membagikan dampak positif pada pertumbuhan sensorik, kognitif, serta motorik pada anak.

  • Merendahkan Resiko Depresi

bahaya ikan marlin

Asam lemak omega – 3 diyakini bisa berguna pada kesehatan mental. Asam lemak omega – 3 bisa mempengaruhi pada pengurangan indikasi tekanan mental.

Asam lemak omega bisa tingkatkan daya guna sebagian obat antidepresan, perihal ini mungkin sebab lemak ini menolong guna otak Kamu supaya lebih efektif.

  • Tingkatkan Kesehatan Otak

Ikan marlin kaya hendak isi asam lemak omega. Ikan marlin sediakan dekat 200 mg omega – 3 (DHA serta EPA) per 4 ons jatah ikan fresh.

Lemak ini berarti buat melindungi kesehatan otak. Tingkatan asam lemak omega – 3 yang rendah dalam darah kerapkali berhubungan dengan penuaan otak yang cepat, tercantum indikasi semacam kehabisan memori serta kendala kognitif.

Kenyataannya, kandungan asam lemak omega yang rendah ini terpaut dengan penyusutan otak sepanjang penuaan.

  • Membantu Fungsi Tiroid

Ikan marlin merupakan sumber yodium yang baik. Yodium ialah mineral berarti yang tidak bisa dibuat oleh badan sendiri.

Yodium berarti buat guna tiroid Kamu, sebab bisa mengendalikan hal – hal semacam nafsu makan serta sistem imunitas Kamu.

  • Sumber Protein yang Baik

Ikan marlin diketahui selaku sumber protein yang sangat baik. Protein berarti buat melindungi kesehatan otot, organ, serta pembuluh darah.

Protein menolong menunjang pemisahan sel, perkembangan rambut, serta apalagi pensinyalan hormon.

Kandungan Gizi Ikan Marlin

daging ikan marlin

Berikut merupakan catatan gizi paling tinggi dari daging ikan marlin serta persentasenya dalam penuhi kebutuhan setiap hari badan kita per 100 Gr.

Kalori 100 g. Kolesterol 40 mg. Sodium 35 mg. Protein 26 g. Lemak total 0, 4 g.

Efek Samping Daging Ikan Marlin

  • Mengandung Logam Berat

Ikan sudah jadi sumber nutrisi untuk banyak orang sepanjang berabad – abad sebab mempunyai bermacam – macam manfaat untuk kesehatan.

Ikan bisa digunakan selaku antioksidan, anti inflamasi, serta selaku sumber protein.

Produk ikan yang terdapat di pasaran saat ini dapat didapatkan dalam wujud fresh, beku, kalengan, diasapi, ataupun dikeringkan.

Sayangnya, kontaminan semacam merkuri bisa terakumulasi pada sebagian spesies ikan tercantum ikan marlin.

Bagi FSAI (Food Safety Authority Of Ireland), merkuri merupakan logam yang ditemui secara natural di area serta pula selaku hasil pembuangan limbah ataupun pelepasan dari aktivitaminas industri.

Merkuri bisa terkumpul di sungai, danau, serta lautan serta berganti jadi metilmerkuri di air ataupun sedimen. Merkuri tipe inilah yang terdapat pada ikan.

Ikan marlin merupakan ikan yang memiliki lebih banyak merkuri daripada tipe ikan yang lain.

Konsetrasi merkuri yang kelewatan bisa pengaruhi sistem saraf manusia serta otak yang lagi tumbuh.

Buat itu, FSAI merekomedasikan supaya perempuan umur produktif (spesialnya mereka yang mau berbadan dua), perempuan berbadan dua serta menyusui, serta anak kecil buat menjauhi mengkonsumsi ikan marlin.

Tidak hanya orang– orang tersebut, dianjurkan hendaknya menghalangi mengkonsumsi ikan marlin tidak lebih dari satu jatah per pekan.

  • Keracunan Makanan

harga ikan marlin per kg

 

Makan ikan marlin yang tidak fresh ataupun yang belum ditaruh serta diolah secara higienis bisa menimbulkan keracunan santapan.

Ikan marlin yang tidak dimasak hingga matang bisa memiliki virus serta kuman beresiko yang bisa menimbulkan keracunan santapan.

Memasak ikan hingga matang umumnya hendak menewaskan kuman ataupun virus apa juga.

Indikasi keracunan santapan bisa meliputi muntah, diare, serta sakit perut. Indikasi mirip flu, semacam demam, sakit kepala, serta tubuh pegal.

Bila Kamu merasa Kamu ataupun anggota keluarga Kamu hadapi indikasi keracunan santapan, lekas mendatangi dokter ataupun penyedia layanan kesehatan Kamu.

  • Alergi Ikan

Alergi terhadap ikan lumayan universal terjalin serta bisa menimbulkan respon yang parah.

Orang yang alergi terhadap satu tipe ikan kerap kali bereaksi terhadap tipe yang lain.

Untuk Kamu yang mempunyai alergi ikan hendaknya jauhi komsumsi ikan marlin.

Memasak ikan tidak hendak membuat seorang dengan alergi ikan tidak hadapi respon kurang baik alergi.

Kanak – kanak yang berumur di dasar umur 16 tahun wajib menjauhi makan ikan marlin.

Perihal ini sebab kandungan merkuri pada ikan ini dapat mempengaruhi sistem saraf anak.

Jauhi membagikan ikan mentah kepada balita serta kanak – kanak buat kurangi resiko keracunan santapan.

Demikian pembahasan kita kali ini tentang Manfaat Ikan Marlin, semoga bermanfaat jangan lupa di share sobat Ikan.Co.Id