Manfaat Ikan Gurame

Manfaat Ikan Gurame Bagi Kesehatan Yang Belum Anda Ketahui : Ikan gurame merupakan salah satu ikan yang mempunyai nutrisi sangat tinggi. Gurame sendiri menjadi salah satu ikan paling populer karena banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Tidak heran jika hampir semua restoran di Indonesia selalu menyajikan menu makanan dengan bahan dasar ikan ini.

Manfaat Ikan Gurame

Meskipun sangat populer di Indonesia, tapi tetap saja ada beberapa pihak yang menjauhi ikan gurame. Bukan karena manfaatnya tapi karena baunya yang tergolong sangat amis serta banyaknya duri ddalamnya. Tidak heran jika Anda yang mau mengkonsumsinya harus bergelut dengan duri-duri ini terlebih dahulu.

Karena alasan inilah tidak heran jika cukup banyak masyarakat yang meninggalkan ikan ini untuk dikonsumsi. Tapi secara garis besar, gurame memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Apa saja manfaat ikan gurame bagi kesehatan? Anda bisa simak berikut.


Manfaat Gurame Bagi Kesehatan Yang Perlu Anda Tahu

  1. Membantu otak berkembang

Gurame adalah salah satu ikan yang mengandung asam lemak omega 3 yang cukup tinggi. Fungsi kandungan ini adalah untuk mengembangkan sel otak manusia. Tidak heran jika gurame sangat cocok untuk anak-anak konsumsi.

Hal ini dibuktikan dari banyaknya anak yang mudah mengingat berbagai hal baru setelah mengkonsumsi gurame. Inilah alasan kenapa gurame sangat cocok dikonsumsi karena mampu membantu otak berkembang dengan baik. Bagi yang ingin merasakan manfaat ikan gurame ini, tentu harus rutin mengkonsumsinya.

Baca Juga:  Kandungan Gizi Ikan Lele

  1. Meminimalisir penyakit degeneratif

Penyakit degeneratif adalah salah satu penyakit mematikan yang sering menyerang manula. Contoh penyakitnya adalah tekanan darah tinggi, kanker dan juga jantung koroner. Biasanya ;penyakit ini disebabkan karena mengkonsumsi  makanan dengan kandungan kolesterol yang tinggi.

Supaya nutrisi dalam tubuh tetap terjaga serta kandungan kolesterol bisa teratasi, Anda bisa mengkonsumsi ikan gurame. Gurame memiliki kandungan protein tinggi tapi lemak yang rendah sehingga bisa mencegah terjadinya penyakit degeneratif. Inilah manfaat ikan gurame yang bagus untuk orang tua ketahui.


  1. Mencegah penyakit kwashiorkor

Penyakit kwashiorkor juga bisa diatasi dengan konsumsi ikan gurame. Biasanya penyakit yang disebut dengan busung lapar ini sering menyerang anak-anak. Umumnya penyakit ini banyak menyerang masyarakat kelas bawah karena kurangnya asupan nutrisi.

Bagi yang tidak ingin terserang penyakit busung lapar, mengkonsumsi ikan gurame secara rutin bisa menjadi pilihan terbaik. Manfaat ikan gurame untuk mencegah penyakit ini adalah dengan memaksimalkan nutrisi dalam tubuh sehingga terhindar dari penyakit busung lapar.


  1. Membantu perkembangan dan pertumbuhan otot

Bukan hanya membantu perkembangan otak saja, kandungan protein dan nutrisi di dalam ikan gurame juga bagus untuk membentuk otot dengan baik. Tidak sedikit anak-anak yang alergi terhadap susu. Sebagai orang tua, Anda harus mengganti susu tapi dengan kandungan yang sama.

Contohnya dengan memanfaatkan kandungan ikan gurame. Selain untuk anak-anak, manfaat ikan gurame ini juga bagus untuk orang dewasa. Khususnya untuk Anda yang memang ingin membentuk otot menjadi lebih atletis.


  1. Menghaluskan kulit

Bagi yang ingin kulit halus, Anda tidak perlu pergi ke salon setiap hari. Cukup dengan mengkonsumsi ikan gurame secara rutin saja. Setelah itu Anda bisa mendapat kulit halus dan cerah sesuai keinginan. Kenapa bisa begitu?

Baca Juga:  Ternak Ikan Mas

Seperti yang telah disebutkan jika gurame memiliki kandungan nutrisi dan protein yang sangat tinggi. Keduanya sangat dibutuhkan untuk menghaluskan kulit. Jadi tidak heran bagi yang konsumsi ikan gurame secara rutin, ia akan mendapat kulit yang halus. Manfaat ikan gurame ini tidak bisa disepelekan, khususnya untuk wanita.


  1. Membantu penyembuhan luka

Ikan gurame adalah salah satu ikan yang memiliki kandungan fibrinogen dan tromboplastin yang cukup tinggi. Kedua zat tersebut sangat bagus untuk membekukan darah pada luka. Jadi saat Anda terjatuh, darah pada bagian yang luka harus segera dibekukan agar tubuh tidak kehilangan banyak darah.

Nah, manfaat ikan gurame di sini adalah untuk membekukan darah tersebut. Dengan begitu luka bisa disembuhkan dengan cepat. Semakin sering konsumsi ikan gurame, penyembuhan luka akan semakin cepat terjadi. Tidak heran Anda bisa mengkonsumsi ikan gurame secara rutin


Akhir Kata

Demikianlah ulasan dari ikan.co.id mengenai Manfaat Ikan Gurame, semoga bisa bermanfaat untuk anda.