Macam Macam Ikan Air Tawar

Macam-Macam Ikan Air Tawar Yang Paling Banyak Dikonsumsi Masyarakat : Sumber protein terbaik adalah ikan. Meskipun ikan laut memiliki kandungan yang lebih tinggi, tapi bukan berarti ikan tawar bisa disepelekan begitu saja. Dengan harga yang lebih terjangkau serta kandungan yang tak kalah unggul membuatnya banyak digemari.

macam macam ikan air tawar

Ikan tawar juga ada banyak macamnya. Tentunya ini menguntungkan bagi Anda yang suka konsumsi ikan. Olahan ikan tawar juga tidak kalah enak dari ikan laut. Jadi benar-benar cocok untuk pecinta kuliner yang bosan dengan hidangan ikan laut. Berbicara seputar ikan tawar, berikut berbagai macam ikan tawar yang banyak dikonsumsi masyarakat. Mungkin saja bisa menjadi referensi.


Ini Daftar Ikan Air Tawar Yang Paling Banyak Dikonsumsi Oleh Masyarakat

  1. Mujair

ikan Mujair

Bentuk ikan mujair sangatlah sederana dengan warna hitam keabuan serta bentuk yang agak pipih. Dari sisi panjang juga tidak terlalu panjang karena hanya 40 cm saja. Meskipun begitu, ikan mujair termasuk macam-macam ikan air tawar paling banyak dikonsumsi. Tidak heran karena sangat gurih saat dimasak.

Belum lagi durinya juga tidak terlalu banyak dibanding ikan tawar lainnya. Mujair adalah ikan air tawar yang terkenal akan kandungan gizi yang cukup melimpah, khususnya fosfor. Cara mengolahnya juga terbilang sederhana. Cukup dengan menggorengnya saja, ikan mujair sudah menjadi hidangan istimewa.


  1. Lele

ikan Lele

Siapa yang tak kenal dengan ikan air tawar yang satu ini? Tubuh yang identik sangat licin dan cukup panjang, membuatnya sangat unik dan memiliki ciri khas berbeda dari macam-macam ikan air tawar lainnya. Tak hanya itu, ikan ini juga memiliki kumis panjang yang menjadi daya tarik tersendiri.

Baca Juga:  Budidaya Ikan Cupang

Ikan lele adalah jenis ikan yang sangat gurih dan dagingnya cukup lembut saat dikonsumsi. Harga yang ditawarkan juga tergolong cukup murah sehingga aman di kantong. Selain digoreng, ikan ini juga bisa dijadikan pecel lele karena tidak kalah enak.


  1. Gurame

ikan Gurame

Macam-macam ikan air tawar yang banyak dikonsumsi lainnya adalah ikan gurame. Di Indonesia, ikan tawar yang satu ini sangat populer karena banyak dikonsumsi oleh masyarakat. Meskipun gurame termasuk ikan air tawar yang cukup mahal tapi ikan ini menjadi salah satu yang paling populer karena berukuran besar dengan daging yang empuk.

Ciri khas ikan gurame adalah warna coklat muda dengan bentuk yang pipih melebar. Duri gurame juga cukup besar tapi berada di bagian tengah sehingga mudah dipilah saat ingin mengkonsumsinya. Contoh makanan paling populer dari ikan tawar ini adalah gurame asam manis yang lezat di mulut.


  1. Ikan Mas

Ikan Mas

Ikan mas adalah jenis ikan air tawar yang cukup unik dibanding ikan air tawar pada umumnya. Tidak heran karena macam-macam ikan air tawar jenis ini ada yang bisa dikonsumsi tapi ada juga yang dijadikan ikan hias. Bentuk ikannya juga agak nyetrik karena tegak pipih dan bersisik normal dengan sirip yang agak memanjang.

Teksturnya yang agak lembut membuatnya cocok untuk dihidangkan. Contoh yang paling populer adalah pepes ikan mas atau juga gulai kepala ikan mas. Meskipun lezat dan daging yang empuk, tapi Anda harus hati-hati karena durinya cukup kecil dan menjadi satu dengan dagingnya.


  1. Patin

ikan Patin

Patin menjadi ikan air tawar lain yang sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Sebagai penggila kuliner pastinya sudah tidak asing dengan olahan ikan patin bukan? Beda dengan macam-macam ikan air tawar lainnya, ikan ini memiliki lemak tak jenuh yang bagus untuk kesehatan.

Baca Juga:  Budidaya Ikan Baung

Tekstur tubuhnya juga mirip dengan lele karena cukup licin, basah dengan lendir di sekujur tubuhnya. Patin juga memiliki kandungan DHA serta Omega 3 yang tinggi sehingga bagus untuk perkembangan otak anak-anak. Ikan patin biasanya diolah menjadi sup dan juga gulai dengan resep berbeda untuk setiap daerah.


  1. Ikan bawal

Ikan bawal

Bawal menjadi ikan air tawar yang banyak dikonsumsi tapi juga cukup cantik warnanya. Harganya juga cukup terjangkau dibanding macam-macam ikan air tawar lainnya. Warnanya dominan campuran antara oranye dan hitam sehingga sangat nyentrik.

Banyak duri halus di dagingnya sehingga Anda harus hati-hati saat mau mengkonsumsi ikan ini. Sama dengan macam-macam ikan air tawar lainnya, ikan ini bisa diolah dengan hanya digoreng atau dibumbui kecap.


Akhir Kata

Demikianlah ulasan dari ikan.co.id mengenai macam macam ikan air tawar, semoga bisa bermanfaat untuk anda.