Desain Kolam Ikan Minimalis

Diposting pada

Desain Kolam Ikan Minimalis – Meskipun bukan kebutuhan utama bagi sebuah hunian, tidak sedikit orang yang mewajibkan kehadiran kolam ikan pada rumah.

Selain sebagai media untuk menyalurkan hobi, kolam ikan dianggap mampu memberikan manfaat kepada rumah tersebut.

Desain Kolam Ikan Minimalis
Desain Kolam Ikan Minimalis

Baca Juga : Jenis Ikan Gabus Hias

Bahkan, dengan pemilihan desain kolam ikan yang tepat, bisa juga meningkatkan nilai estetika dari hunian, lho! Apa saja manfaat memiliki kolam ikan dan seperti apa desain kolam ikan yang cocok untuk rumah impianmu?

Inspirasi Desain Kolam Ikan Minimalis

Selain memberikan estetika lebih pada hunian, kolam ikan bisa menjadi media menyalurkan hobi dan waktu luang. Kolam ikan juga bisa menjadi area yang bisa menghilangkan stress dan memperbaiki mood.

Untuk membangun kolam ikan, kamu perlu mencari banyak referensi agar memiliki desain kolam yang cocok dan sesuai selera.

Inspirasi Desain Kolam Ikan Minimalis
Inspirasi Desain Kolam Ikan Minimalis

Baca Juga : Keindahan Corak Ikan Cupang

Tak perlu bingung desain kolam ikan seperti apa yang cocok untuk hunian karena berikut ada berbagai inspirasi desain kolam ikan impian terbaik yang bisa jadi referensi untuk dicontek!

  1. Desain Kolam Ikan Minimalis

Jika kamu sedang mencari desain kolam ikan minimalis depan rumah, yang satu ini mungkin bisa kamu tiru. Kolam tanpa lekukan bisa membuat kolam terlihat lebih luas. Kamu bisa menambahkan ornamen air mancur agar lebih cantik.

  1. Desain Kolam Minimalis Natural

Desain kolam ini akan terlihat seperti sungai kecil atau genangan air. Kamu bisa menambahkan pasir untuk dasar kolam dan beberapa batu sungai.

Kamu bisa memilih ikan-ikan kecil agar pergerakan ikan tidak membuat air tidak keruh.

Baca Juga : Cara Mudah Merawat Ikan Cupang

  1. Desain Kolam Modern

Desain kolam yang satu ini cocok dengan rumah yang bertema modern. Ukuran kolam yang tidak besar dan tanpa hiasan tambahan bagian atasnya membuat rumah tetap memiliki nuansa clean namun kamu tetap memiliki pemandangan kolam ikan.

  1. Desain Kolam di Tengah Rumah

Tak hanya bisa ditempatkan pada bagian teras atau halaman belakang, kolam ikan juga bisa dikreasikan pada bagian tengah rumah, lho! Kamu bisa meniru gambar ini dan meletakkan kolam ikan di sekitar ruang makan dan dapur.

  1. Desain Kolam Halaman Belakang Sempit

Meski halaman belakangmu sempit, kamu tetap bisa memiliki kolam ikan. Buatlah kolam sepanjang dinding dengan diameter yang tak terlalu lebar. Tambahkan tanaman di sepanjang sisi kolam agar kolam tidak terlalu polos.

  1. Gunakan Lahan Vertikal

Desain minimalis berupaya mengatasi lahan yang sedikit. Salah satu cara agar lahan terlihat lebih luas adalah dengan memanfaatkan lahan vertikal.

Meski kolam berukuran kecil, tampilan keseluruhan kolam akan terlihat lebih luas berkat bantuan air mancur pada dinding.

  1. Desain Kolam Ikan Batu

Desain kolam yang satu ini akan cocok dengan banyak model rumah. Tumpukan bebatuan berwarna hitam yang netral akan cocok digunakan sebagai kolam ikan minimalis.

  1. Desain Kolam Seperti Sungai

Jika kamu memiliki lahan yang luas, kamu mungkin bisa menggunakan desain kolam ikan yang satu ini. Desain yang memanjang ini membuat ikan berenang dengan bebas. Kamu akan mendapatkan kesan simple seperti desain kolam ikan minimalis.

  1. Kolam Minimalis untuk Ikan Besar

Sedang mencari desain kolam ikan minimalis untuk memelihara ikan besar? Menutup sebagian kolam dan menempatkan beberapa kursi dan meja “di atas” kolam bisa membuat kamu memelihara ikan berukuran besar tanpa menghilangkan area untuk bersantai. Desain ini juga bisa kamu tiru jika kamu mencari desain kolam ikan koi minimalis.

  1. Kolam dengan Bentuk U

Jika kamu memiliki lahan yang agak luas,  kamu dapat mencontek desain kolam ikan yg modern ini. Model kolam ini bisa memberikan sensasi baru pada rumahmu. Anak-anak pasti akan senang mengikuti gerakan ikan di kolam yang berbentuk labirin ini!

  1. Kolam Minimalis dengan Sentuhan Kayu

Berikan jembatan kayu kecil sebagai hiasan dan tempat berjalan ke seberang kolam. Kamu juga bisa berdiam di sana dan mencelupkan kaki sambil bersantai.

Desain kolam ikan minimalis ini bisa ditempatkan pada halaman belakang yang terkena sinar matahari agar kayu tidak lembab dan berjamur.

  1. Tambahkan Pijakan Kayu

Pada kolam ikan minimalis memang sebaiknya tak menambahkan terlalu banyak ornamen atau hiasan agar tetap terlihat clean.

Namun, kolam yang terlalu polos juga jadi membosankan. Tambahkan beberapa pijakan di tengah kolam dan air mancur kecil agar kolam lebih berwarna.

  1. Desain Kolam dengan Dinding Tinggi

Jika pada desain-desain kolam sebelumnya permukaan kolam menempel pada lantai, desain kolam ikan yang satu ini berbentuk seperti bak mandi.

Desain kolam ini tidak memakan banyak lahan dan cocok untuk kamu yang memiliki bayi sehingga tak perlu memberikan pengawasan lebih.

  1. Desain Kolam pada Teras Belakang

Desain yang satu ini cocok digunakan sebagai desain kolam ikan koi minimalis. Dengan memanfaatkan lahan teras belakang yang sempit, kamu masih bisa mendapatkan pemandangan yang menenangkan dari ikan favoritmu.

  1. Kolam dengan Pancuran Sederhana

Desain kolam ikan minimalis yang satu ini sangat sederhana dan hanya memiliki satu hiasan yaitu berupa pancuran tanpa hiasan apapun.

Desain kolam yang sederhana ini akan maksimal dengan tampilan lain di sekitarnya. Lantai kayu dan tanaman yang ada di sekitar kolam membuat keseluruhan tampilan kolam ikan menjadi solid.

Demikian Penjelasan dari kami tentang Inspirasi Desain Kolam Ikan Minimalis, semoga bermanfaat jangan lupa di share sobat