Kolam Ikan Lele

Cara Mudah Menghilangkan Bau Pada Kolam Ikan Lele: Bagi pembudidaya ikan lele, tentu pernah mencium bau kolam yang sangat busuk. Bau ini tentu sangat mengganggu. Terlebih jika lokasi budidaya ada di sekitar hunian. Nah, agar bau ini bisa menghilang, ada banyak cara yang bisa dilakukan. Tinggal pakai saja cara mana yang paling cocok untuk diterapkan.

Cara Mudah Menghilangkan Bau Pada Kolam Ikan Lele

Sebelum membahas itu, sebenarnya apa penyebab bau pada kolam lele? Ternyata ada banyak. Misalnya pemberian pakan lele yang terlalu berlebihan sehingga tidak dimakan. Pakan ini akhirnya mengendap yang menyebabkan bau yang tidak enak.

Selain itu bisa saja karena adanya bangkai ikan lele dan bangkai tersebut tidak langsung dibersihkan. Penyebab lain bau pada kolam ikan lele adalah pakan yang diberikan untuk lele masih mentah tanpa diolah terlebih dahulu.


Cara Paling Mudah Untuk Menghilangkan Bau Di Kolam Lele

Banyak cara yang bisa dicoba untuk menghilangkan bau di kolam lele. Bagi yang membutuhkan referensi, berikut cara-cara yang paling direkomendasikan;

  1. Mengganti air kolam

Cara pertama dan cara paling sederhana agar bau di kolam ikan lele menghilang adalah mengganti air kolam. Jangan pernah malas untuk mengganti air kolam lele. Selain menyebabkan bau, malas mengganti air kolam juga menyebabkan perkembangan lele menjadi terhambat. Jadi tidak heran lele tidak bisa besar dengan cepat.

Kenapa air di kolam lele harus diganti? Karena air kolam mengandung nitrat, nitrit dan zat amonia yang berasal dari sisa pakan ikan. Ini menyebabkan bau pada kolam. Jika kolam lele sudah sedikit bau, ada baiknya langsung mengganti airnya.

Baca Juga:  Budidaya Ikan Mas

  1. Berikan pakan lele secukupnya saja

Untuk menghilangkan bau, ada baiknya memberi pakan lele secukupnya saja. Bau yang muncul pada kolam ikan lele bisa saja karena pemberian pakan yang terlalu berlebihan sehingga banyak sisa pakan di kolam. Jangan menambah porsi pakan lele jika tidak diperlukan.

Ada baiknya tetap membererikan porsi pakan secukupnya saja. Banyak pembudidaya profesional menyarankan jika waktu terbaik pemberian pakan adalah pagi hari dan sore hari. Untuk takaran pakan bisa disesuaikan dengan jumlah lele yang dipelihara di kolam.


  1. Rutin untuk membersihkan bangkai lele

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, bau pada kolam ikan lele bisa terjadi karena adanya bangkai lele yang tertinggal di kolam. Nah, jika demikian sudah sewajarnya jika bangkai lele tersebut segera diangkat ke permukaan karena bisa menyebabkan bau tidak sedap.

Selain masalah bau, bangkai lele juga menyebabkan perkembangan ikan lele bisa terganggu. Pasalnya bangkai lele mengandung berbagai bakteri jahat yang bisa saja membuat lele lain tertular. Jadi setiap dua hari sekali, bersihkan bangkai lele tersebut.


  1. Masak pakan lele sebelum diberikan

Memberikan pakan lele secara rutin memang sangat baik untuk perkembangan ikan lele. Namun Anda jangan sampai lupa jika pakan yang diberikan harus dalam kondisi matang. Kenapa bisa begitu? Karena pakan lele yang kotor cenderung menyebabkan bau dan mengotori kolam ikan lele.

Bagi yang ingin memberikan pakan lele dengan ukuran 10 cm ke atas, ada baiknya sebelum diberikan harus dimasak terlebih dahulu. Selain menghindari bau pada kolam, pakan lele yang dimasak juga meningkatkan kandungan protein didalamnya.


  1. Berikan beberapa tanaman tambahan

Cara ini sangat bagus untuk menghilangkan bau pada kolam lele. Selain itu, ikan juga menjadi lebih sehat dan sejahtera hidupnya. Di kolam ikan lele, Anda bisa menanam pohon pisang yang tidak terlalu besar. Pisang yang dipakai adalah bonggol pisang karena getahnya bisa menurunkan PH kolam sehingga bagus untuk ikan.

Baca Juga:  Ciri Ciri Ikan Cupang Siap Kawin

Cara memberikannya cukup sederhana. Anda tinggal mencacah pohon pisang menjadi 1 hingga 2 cm saja. Setelah itu tebarkan cacahan tadi ke kolam. Cacahan pohon pisang ini juga bisa memberi pakan alami pada lele. Pasalnya bisa menumbuhkan renik di kolam.

Menghilangkan bau pada kolam ikan lele bukan perkara yang sulit untuk dilakukan. Hanya saja Anda harus cermat dan tekun saja untuk membersihkannya. Pastikan saat membersihkan ikan lele, Anda juga menggunakan perlengkapan yang lengkap.


Akhir Kata

Demikianlah ulasan dari ikan.co.id mengenai Cara Mudah Menghilangkan Bau Pada Kolam Ikan Lele, Semoga bisa bermanfaat untuk anda.