Kandungan Gizi Ikan Lele

Kandungan Gizi Ikan Lele Beserta Manfaatnya – Ikan lele merupakan salah satu jenis ikan yang sangat banyak dibudidayakan di Indonesia. Ikan lele memiliki banyak spesies dan nama-nama yang berbeda di beberapa daerah di Indonesia. Ikan jenis ini sangat mudah untuk dikenali karena ciri khas tubuhnya yang licin dan agak pipih memenjang dengan kumis atau patil di atas mulutnya. Meskipun terdapat juga spesies ikan lele yang tidak memiliki kumis, seperti yang terdapat di Kalimantan Timur. Di daerah tersebut ikan lele tanpa kumis biasa isebut dengan nama ikan Keli.

Kandungan Gizi Ikan Lele

Ikan lele merupakan jenis ikan nokturnal yang hidup di air tawar. Ikan ini cenderung aktif di malam hari dan mencari tempat persembunyaian atau di tempat yang cenderung lebih gelap di siang hari. Habitat asli ikan lele adalah pada air sungai dengan arus yang perlahan atau tenang, waduk, rawa, telaga, dan sawah dengan genangan air. Bahkan ikan lele dapat hidup pada air yang telah tercemar oleh limbah.

Oleh karena itulah ikan lele banyak di budidayakan di Indonesia. Pemeliharaan yang mudah dibaningkan dengan ikan jenis lain, memiliki nilai ekonomis, dan memiliki banyak peminat menjadi satu kesatuan alasan untuk membudidayakan jenis ikan tersebut. Lebih dari itu kandungan gizi ikan lele juga tergolong tinggi. Berikut merupakan kandungan gizi yang terdapat pada setiap 100 gram ikan lele.


Kandungan Gizi Ikan Lele

1.    Energi

Jumlah energi yang terkandung dalam 100 gram ikan lele sebanyak 145 kalori. Energi dibutuhkan tubuh sebagai bahan bakar untuk berbagai aktivitas. Kebuuhan energi setiap orangpun berbeda. Kebutuhan tersebut didasarkan dari kegiatan yang dilakukan oleh orang tersebut, berat bdan, usia, dan faktor-faktor lainnya yang biasa diukur dengan kalori. Dengan begitu, dengan ikan lele dapat membantu anda untuk memenuhi kebutuhan dari energi dalam tubuh.

Baca Juga:  Manfaat Ikan Gurame

2.    Protein

Terdapat 15,45 gram protein dalam 100 gram ikan lele. kandungan gizi ikan lele berupa protein memanglah cukup tinggi, hingga tidak kalah tinggi dengan beberapa jenis makanan laut. Protein sendiri memiliki peranan penting di dalam tubuh untuk memperbaiki jaringan tubuh yang rusak, memperkuat tulang, membangun sel dan jaringan tubuh yang baru, menurunkan tekanan darah, dan mempercepat proses penyembuhan luka.


3.    Lemak

Jumlah lemak yang terdapat dalam ikan lele cukup beragam. Hal tersebut dipengaruhi oleh cara pengolahan dari sajian ikan lele itu sendiri. Namun, pada dasarnya dalam 100 gram ikan lele terdapat 9,09 gram lemak. Lemak ini juga dibutuhkan oleh tubuh. Dalam jumlah normal lemak memeiliki fungsi untuk mengatur suhu tubuh, membantu penyerapan vitamin, melindungi organ-organ vital, memeilhara kesehatan kulit, kuku, dan rambut, menjaga energi dan daya tahan tubuh, dan sebaginya.


4.    Natrium

kandungan gizi ikan lele berikutnya adalah natrium. Dalam 100 gram ikan lele terdapat 65 miligram natrium. Natrium sendiri berfungsi sebagai mineral dan elektrolit yang dibutuhkan tubuh dalam kondisi dan fungsi tubuh normal. Selain itu, natrium juga memiliki peranan penting untuk kerja otot dan saraf serat menjaga tekanan darah dalam tubuh agar tetap dalam kondisi normal.


5.    Kolestrol

Kandungan kolestrol normal dalam 100 gram ikan lele biasanya sebanyak 82 miligram. Meskipun kolestrol seringkali dikaitkan dengan penyakit, akan tetapi apabila jumlah kolestrol dalam tubuh normal dan terkontrol, kolestrol ini memiliki fungsi penting dalam tubuh manusia.


6.    Asam lemak jenuh

Kandungan asam lemak jenuh dalam 100 gram ikan lele dapat mencapai 2730 gram. Asam lemah jenuh dapat membantu meningkatkan jumlah kolestrol dalam tubuh.jika berlebihan konsumsi minyak ini dapat meningkatkan resiko beberapa jenis penyakit seperti jantung dan tekanan darah tinggi. Sehingga disarankan untuk mengkonsumsi ikan sebanyak 340 gram dalam seminggu.

Baca Juga:  Ternak Ikan Mas

Bagaimana, masih ragu untuk mengunsumsi ikan lele? kandungan gizi ikan lele tidak perlu diragukan lagi. Manfaat yang dimiliki dari kandungan gizi-gizi tersebut juga cukup banyak yang tidak peru diragukan lagi. Perlu diketahui juga jika meskipun ikan lele dapat hidup dalam air yang tercampur dengan limbah, ternyata ikan lele tergolong sebagai jenis ikan yang memeilki kadar merkuri yang rendah. Sehingga sangat aman untuk dikonsumsi atau menjadi hidangan masakan yang cukup bervariasi.


Akhir Kata

Demikianlah ulasan dari ikan.co.id mengenai Kandungan Gizi Ikan Lele, semoga bisa bermanfaat untuk anda.