Jenis Jenis Ikan Louhan

Jenis-jenis ikan louhan ini harus Anda pelihara karena membawa keberuntungan : Ikan louhan menjadi jenis ikan yang banyak menghiasi akuarium. Ikan ini kerap disebut dengan nama flowerhorn. Tidak heran karena warna sisiknya memang mirip dengan bunga berwarna cerah. Ciri khas utamanya punya sebuah benjolan besar di bagian kepala atau disebut dengan istilah jenong.

Jenis-Jenis-Ikan-Louhan-Yang-Bisa-Membawa-Keberuntungan

Tidak sedikit masyarakat yang percaya jika ikan ini mampu memberi keberuntungan. Harganya yang tinggi membuat jenis ikan ini banyak dibudidayakan oleh masyarakat Indonesia. Jenis louhan juga sangat beragam.Setiap jenis mempunyai harga dan karakteristik berbeda sehingga perlu diperhatikan dengan baik sebelum membeli. Berikut jenis-jenisnya


Jenis Ikan Louhan Ini Bisa Dipelihara Karena Membawa Keberuntungan

  1. Louhan Cencu

Louhan pertama adalah louhan cencu yang cukup populer karena banyak dipelihara oleh masyarakat. Louhan ini sangat khas karena memiliki pola bintik dan umumnya berwarna merah muda. Karena warnanya yang sangat unik, jenis louhan ini disebut dengan ikan mutiara. Dibanding jenis-jenis ikan louhan lainnya, cencu memiliki tampilan yang cukup nyentrik.

Dari bagian kepala sampai tengah tubuh, ikan ini memiliki warna merah terang. Sisanya berwarna keemasan. Keunikan ini juga membuat louhan ini banyak dicari dan punya harga jual yang cukup tinggi. Untuk mendapat louhan ini, Anda harus menyiapkan uang sebesar 250 ribu untuk anakan. Sedangkan untuk yang dewasa dijual di harga 750 ribu.


  1. Louhan Bonsai

Seperti nama yang diberikan, ikan ini mempunyai bentuk yang mirip dengan bonsai. Jenis-jenis ikan louhan ini tidak bisa besar meskipun umurnya sudah dewasa. Hal tersebut disebabkan karena faktor genetik yang ada di ikan ini. Ciri khas utamanya adalah jenong besar dengan warna yang beragam. Umumnya berwarna putih, merah, hijau, kuning dan silver.

Baca Juga:  Budidaya Ikan Sumatra

Bisa dibilang ikan louhan ini mempunyai harga yang lebih tinggi dibanding jenis ikan louhan lainnya. Untuk louhan bonsai anakan, Anda harus mengeluarkan uang sebesar 250 ribu. Sedangkan untuk louhan bonsai dewasa, Anda harus mengeluarkan uang sebesar 800 ribu. Meskipun harganya mahal, tapi keindahan tubuh louhan ini tidak bisa disangkal lagi.


  1. Louhan Super Red Dragon

Louhan Super Red Dragon atau dikenal dengan nama louhan SRD menjadi  jenis louhan paling populer karena coraknya sangat cantik dengan jenong yang mengesankan. Jenong pada louhan ini lebih besar dari pada louhan lainnya. Ciri khas utama dari jenis-jenis ikan louhan SRD ini adalah punya warna yang berbeda di tubuhnya. Inilah yang menjadi daya tarik utama dari ikan ini.

Jenong ikan louhan dan kepala ikan louhan SRD biasanya berwarna merah tua. Bagian tengah tubuh sampai ekor berwarna merah muda tapi cenderung perak. Harganya juga tergolong tinggi. Untuk anakannya saja, Anda harus merogoh kocek sebesar 400 ribu. Untuk ukuran dewasa, jenis ikan louhan ini dihargai di angka 3 juta.


  1. Louhan Kemalau

Louhan kemalau termasuk dalam jenis-jenis ikan louhan paling populer dengan daya tarik khusus yang beda dengan louhan lainnya. Louhan ini memiliki kemiripan dengan louhan SRD yang telah dibahas sebelumnya. Dimana tubuhnya memiliki dua warna berbeda sehingga membuat tampilan ikan semakin cantik.

Louhan kemalau umumnya memiliki warna merah di bagian kepala dan juga jenong. Untuk bagian tubuh lainnya, louhan ini berwarna merah kekuningan. Ikan louhan jenis ini dilengkapi dengan corak bintik kuning dari ujung ekor sampai kepala. Dari segi harga louhan ini tidak terlalu mahal karena hanya dihargai 150 ribu untuk anakan. Sedangkan untuk ukuran dewasa, louhan ini harganya 600 ribu.

Baca Juga:  Ikan Cupang Terbesar

  1. Louhan Kamfa

Bisa dibilang jika jenis-jenis ikan louhan ini adalah yang paling cantik dari ikan louhan lainnya. Kamfa adalah louhan yang asli dari Asia Tenggara. Hanya saja karena sudah lama dibudidayakan di Indonesia, ikan ini termasuk jenis ikan lokal. Keunikan ikan ini adalah punya tiga warna sekaligus di tubuhnya. Biasanya yang paling dominan adalah warna merah muda.

Itu jenis-jenis ikan louhan yang membawa keberuntungan bagi pemiliknya. Bukan hanya membawa keberuntungan, louhan juga bisa mempercantik rumah karena warnanya yang sangat unik dan menarik.


Akhir Kata

Demikianlah ulasan dari ikan.co.id mengenai Jenis-jenis ikan louhan ini harus Anda pelihara karena membawa keberuntunganSemoga bisa bermanfaat untuk anda.