Jenis Ikan Oscar

Jenis ikan oscar ini banyak dipelihara karena sangat menarik : Ikan oscar merupakan jenis ikan predator yang banyak dipelihara oleh pecinta ikan hias. Tidak heran karena penampilan tubuhnya sangat luar biasa dengan ukuran yang cukup besar. Ikan ini diidentikkan sebagai ikan cerdas dan juga menarik. Tidak heran karena variasi pola ditubuhnya sangat beragam sehingga menambah daya tariknya.

Jenis Ikan Oscar

Bagi yang ingin membeli ikan oscar nampaknya tidak akan kesulitan. Pasalnya di toko ikan hias ada banyak dengan ragam yang melimpah. Hanya saja setiap jenisnya mempunyai kisaran harga berbeda. Di artikel ini kita akan membahas seputar jenis dari ikan predator berwarna cantik ini. Tujuannya agar Anda tahu ikan hias mana yang nanti akan dibeli.


Jenis-Jenis Ikan Oscar Yang Wajib Dipelihara Karena Sangat Cantik Dan Menarik

  1. Tiger oscar

Tiger oscar

Jenis ikan oscar yang satu ini adalah yang paling populer karena banyak dipelihara oleh pecinta ikan hias. Variasi kulitnya sangat luar biasa karena menyerupai corak harimau. Umumnya pola ini berada dekat dengan ekor. Namun banyak juga yang coraknya menutupi seluruh tubuh.

Dilihat di pasaran, sebagian besar tubuh ikan ini berwarna hitam dengan pola oranye terang atau kemerahan. Kadang juga ada garis hitam di bagian ujung tubuh ikan ini. Kombinasi warna inilah yang menambah kecantikan ikan oskar karena mirip dengan batu lava yang bergerak bebas di akuarium.

Baca Juga:  Ikan Peacock Bass

  1. Super Red Chili Oscar

Super Red Chili Oscar

Selain Tiger Oscar, Super Red Chili Oscar menjadi pilihan ikan oscar lain yang paling populer. Red Oscar memiliki gabungan dua warna cantik yang menambah tampilan indahnya. Jadi tidak heran jika banyak dari kita yang kurang percaya jika jenis ikan oscar ini termasuk ikan pemangsa.

Umumnya warna yang identik dengan ikan ini adalah warna hitam dan merah yang amat indah. Dua warna pilihan ini tergabung di antara punggung dan transmisinya sangat apik sehingga menambah penampilan ikan predator ini. Ukuran standar ikan ini bisa mencapai 40 cm.


  1. Albino Oscar

Albino Oscar

Albino Oscar menjadi jenis ikan oscar berikutnya yang bisa dipelihara di rumah. Sesuai namanya, Oscar asli ini hampir seluruh tubuhnya berwarna putih, terkecuali untuk pola-polanya. Ikan ini mempunyai sisik berwarna merah atau orange yang biasanya berada di ujung tubuh.

Untuk setiap jenisnya, Albino Oscar memiliki pola yang sangat bervariasi sehingga setiap individu tidak sama. Inilah yang membuat spesies ini sangat menarik untuk dipelihara. Terlebih jika Anda memeliharanya dalam jumlah banyak. Tentu akan jauh lebih indah untuk dipandang.


  1. Blue Oscar

Blue Oscar

Blue Oscar menjadi salah satu ikan Oscar yang paling indah untuk dimiliki. Sesuai namanya, tubuh ikan ini tertutupi dengan warna biru dominan di sekujur tubuh. Sama dengan Oscar jenis lainnya, jenis ikan oscar ini mempunyai pola. Hanya saja sedikit berbeda dengan pola ikan lainnya.

Jadi pola yang dimiliki ikan ini mirip seperti saluran yang terhubung dan berwarna biru cerah. Polanya juga sedikit terputus-putus sehingga menambah kecantikannya. Dari sisiknya juga berwarna biru gelap yang membuatnya sangat menonjol.


  1. Black Oscar

Black Oscar

Ikan Oscar ini sangat simple tapi begitu memukau dan tampak elegan. Karena sangat menarik, tidak heran jika Black Oscar termasuk ikan terbaik di dunia saat ini. Warna tubuh jenis ikan Oscar ini adalah hitam dengan garis terang melintang di tubuh. Beberapa spesies juga memiliki perut yang agak terang.

Baca Juga:  Ikan Badut Air Tawar

Sama dengan Tiger Oscar, jenis ikan ini terkadang juga memiliki pola khusus yang ada di sisik. Setiap spesies ikan memiliki varian berbeda sehingga tidak sama satu dengan yang lain. Matanya juga sedikit menyala oranye yang menambah kecantikan ikan ini.


  1. Florida Oscar

Florida Oscar

Oscar menjadi ikan paling populer sehingga tidak heran setiap daerah di dunia memiliki nama dan jenis yang berbeda. Miensalnya di Florida, ada varietas atau jenis ikan Oscar sendiri. Nama varietas tersebut adalah Florida Oscar.

Jenis ikan Oscar ini hampir mirip dengan Tiger Oscar karena mempunyai pola yang mudah untuk dikenali. Mengingat ikan ini masih banyak di hutan liar, tidak heran jika penampilannya menyesuaikan kualitas makanan dan konsistensi lingkungan.


Akhir Kata

Demikianlah ulasan dari ikan.co.id mengenai Jenis Ikan Oscar, semoga bisa bermanfaat untuk anda.