Jenis Ikan Molly

Diposting pada

Jenis Ikan Molly – Ikan molly atau ikan balon sudah menjadi idaman para pecinta ikan di Indonesia. Salah satu jenis ikan hias berpenampilan imut ini memang mempunyai fisik yang menggemaskan bila dipandang mata.

Ikan yang berasal dari Meksiko ini pada awalnya dikonsumsi, tapi karena bentuk fisiknya yang sangat indah dengan corak di setiap badannya maka binatang satu ini dijadikan peliharaan dan sebagai cinderamata rumah.

Baca Juga : Jenis Ikan Koi Tercantik

Untuk membedakan jenis-jenis molly memang sulit. Coraknya di setiap badan juga cukup banyak, sehingga sangat sulit untuk dibedakan.

Oleh karena itu, pastinya kamu harus tahu terfavorit dan paling lucu jenis molly berikut ini agar kamu bisa membedakannya saat membelinya!

Jenis – Jenis Ikan Molly

Jenis - Jenis Ikan Molly
Jenis – Jenis Ikan Molly

Baca Juga : Fakta Unik Tentang Ikan Paus

Ikan molly bisa menjadi pilihan yang baik untuk kamu yang ingin memelihara ikan. Namun, jenis ikan molly begitu bermacam-macam. Yang mana, ya, yang cocok untuk kamu?

Berikut adalah berbagai jenis ikan molly:

  1. Black Molly

Jenis ikan molly yang pertama ini memiliki warna sisik yang hitam di sekujur tubuhnya hingga ekor dan sirip.

Ikan Black Molly
Ikan Black Molly

Baca Juga : Keindahan Corak Ikan Cupang

Jika disimpan dalam akuarium sebagai ikan hias, kamu harus memilih tangki yang sesuai ukuran dengan karakter kepribadian yang sama dengan molly hitam. Warnanya yang hitam pekat, membuatnya terlihat begitu eksotis ketika tersorot lampu akuarium.

  1. Dalmatian Molly

Mempunyai corak yang sama seperti anjing dalmatian, ikan ini menjadi jajaran top ikan balon terfavorit. Jenis molly yang satu ini sedikit berbeda dan special.

Ikan Dalmatian Molly
Ikan Dalmatian Molly

Baca Juga : Cara Mudah Merawat Ikan Cupang

Mereka bisa tumbuh sedikit lebih besar dari molly hitam biasa, rata-rata sedikit di bawah 5 inci. Semakin banyak corak hitam-putih, maka ia semakin cantik untuk dilihat.

  1. Black Sailfin Molly

Ikan sailfin molly memiliki sirip yang indah dan panjang. Sekilas ia terlihat seperti ikan cupang hias.

Jenis ikan balon yang satu ini juga mudah berkembang biak dan dirawat dan sangat direkomendasikan untuk para pemula yang ingin memeliharanya sebagai ikan hias atau ternak.

  1. Wild Green Sailfin Molly

Jenis ikan ini masuk ke dalam kelompok sailfin molly yang artinya, molly bersirip panjang. Spesies ini cukup menarik karena langka dan dihargai cukup tinggi.

Ikan Wild Green Sailfin Molly
Ikan Wild Green Sailfin Molly

Baca Juga : Jenis Cupang Berdasarkan Bentuk Ekor

Sesuai namanya, ikan ini memiliki warna dasar abu abu kehijauan dengan warna oranye.

  1. Yucatan Molly

Yucatan molly juga tergolong dalam sailfin molly. Yucatan molly memiliki warna yang kerap dijumpai ialah merah dan ada sedikit putih di bagian perutnya.

Ikan ini terlihat cantik karena bersirip kekar. Ukuran tubuhnya juga tidak terlalu besar, ia hanya bisa tumbuh hingga 12 centimeter (cm).

  1. Poecilia Latipinna Molly

Jenis ikan sailfin molly ini memiliki keunikan bentuk pola tubuhnya bintik-bintik dengan sirip punggung yang agak lebar. Habitat poecilia latipinna berada di sungai San Antonio Texas.

Walaupun memiliki ukuran maksimal hanya sebesar 12 cm, sang betina bisa memiliki ukuran tubuh yang besar dari si jantan.

  1. Silver Sailfin Molly

Hasil dari hybrid Poecilia, molly sailfin Putih atau Perak memiliki sisik keperakan dan sirip panjang yang indah. Biasanya, sang betina tumbuh lebih besar dari pada si jantan dan lebih berat.

Si jantan mempunyai sisi lain yang sedikit lebih berwarna dengan menampilkan tanda oranye di daerah punggung dan tubuh mereka serta tanda pirus pada sirip ekor mereka.

  1. Golden Black Molly

Golden black molly memiliki ciri tubuh yang khas. Dengan warna emasnya yang membalut tubuhnya dari kepala sampai perut lalu sebagiannya warna hitam.

Perpaduan ini justru membuat para kolektor diluar sana memburu jenis ikan molly ini.

  1. Balloon Molly

Dengan bentuk tubuhnya yang menyerupai balon, tentu kamu pernah melihat ikan molly jenis ini di berbagai tempat. Ya, jenis ini memang cukup populer di lingkungan masyarakat.

  1. Lyretail Molly

Berbeda dengan sailfin, lyretail molly memiliki ciri pada ekornya dan warnanya yang beragam. Ekornya seperti ada pita di bagian ujung atas dan bawah.

Dan, rata-rata berwarna belang belang dikombinasikan dengan warna cantik.

  1. Platinum Lyretail Molly

Jenis hybrid dari lyretail molly ini memiliki tubuh platinum atau emas dan sirip punggung tinggi yang hanya akan berkibar dengan indah jika tersedia ruang yang cukup luas pada tangkinya.

Jadi, ikan molly jenis platinum lyretail ini sangat cocok dipelihara di akuarium mini di rumah kamu.

  1. Marbel Molly

Ikan molly jenis marbel ini merupakan hasil perkawinan silang yang kemudian menghasilkan jenis baru bernama molly marbel.

Dipenuhi warna putih dan disertai bercak bercak hitam di dalamnya, molly marbel terlihat sangat anggun dan menawan.

  1. Black Lyretail Molly

Black Lyretail Molly merupakan variasi dari Sailfin Molly. Sailfin Molly merupakan sebutan dari Poecilia Latipinna Molly. Black Lyretail Molly berwarna hitam, dan memiliki sedikit warna putih di bagian siripnya.

  1. Creamsicle Sailfin Lyretail Molly

Ikan molly jenis ini dinamakan “creamsicle ” karena wujudnya yang menyerupai es krim. Sebab, bagian bawahnya berwarna putih dan atasnya berwarna emas.

Nah, itulah Jenis – Jenis Ikan Molly Terfavorit Dan Terlucu yang dapat menjadi sumber informasi kamu. Ikan molly di atas masih bisa dikawin-silangkan, sehingga melahirkan jenis molly yang baru, lho! Mana yang jadi favoritmu sobat ikan.co.id