Jenis Ikan Koki

Inilah Berbagai Jenis Ikan Koki yang Berkuaitas Tinggi – Ikan koki, dikenal sebagai ikan hias air tawar yang sangat cantik dan lucu. Corak warna yang beragam dan unik menjadikan ikan koki primadona di kalangan pecinta ikan hias. Ikan ini dapat mudah ditemukan di Indonesia, serta perawatannya yang cenderung mudah. Tak heran, peminat akan ikan koki dapat terbilang tinggi. Jika anda ingin memelihara atau membudidaya ikan koki, simak berbagai jenisnya berikut.

Inilah-Berbagai-Jenis-Ikan-Koki-yang-Berkuaitas-Tinggi


Ketahui 9 Jenis Ikan Koki yang Berkualitas Tinggi

  1. Lionhead

Lionhead merupakan jenis ikan yang sangat unik dan populer di Indonesia. Bagaimana tidak, ikan koki ini memiliki ciri khas yang sangat menonjol diantara jenis lain. Jenis Lionhead memiliki bentuk kepala yang menggumpal seperti buah berry. Peminat dari ikan yang lucu ini dapat dibilang tinggi, karena keunikan yang dimilikinya tersebut.


  1. Bubble Eye

Jenis ikan koki yang tak kalah menarik selanjutnya adalah Bubble Eye. Jenis ini memiliki keunikan yang tak kalah menarik, dimana di bawah mata ikan ini terdapat semacam gumpalan yang terlihat seperti balon air. Ciri ini membuat penampilan ikan koki sangatlah lucu dan menggemaskan. Bagi anda yang ingin memilikinya, perlu diketahui bahwa jenis ini dapat terbilang cukup mahal.


  1. Ryukin

Seperti yang terdengar dari namanya, ikan koki satu ini berasal dari Negeri Jepang. Ryukin merupakan jenis ikan yang dapat dikatakan masih cukup susah ditemukan di Indonesia. Kebanyakan ikan koki dari jenis ini dapat diperoleh dari impor luar negeri. Karena inilah yang menjadikan ikan koki jenis Ryukin terbilang mahal. Ciri yang dimiliki ikan koki Ryukin adalah terdapat punuk dan tubuhnya yang pendek. Ekor dan siripnya juga lebar sehingga terlihat anggun saat berenang.

Baca Juga:  Budidaya Ikan Koi

  1. Black Moor

Tak seperti jenis ikan koki lainnya yang memiliki warna corak yang terang, jenis Black Moor memiliki warna hitam pada seluruh tubuhnya. Warna yang kontras ini menjadikan Black Moor sangat mudah untuk dikenali. Tak hanya warna tubuhnya yang hitam, mata dari ikan koki Black Moor juga lebih menonjol. Ikan ini juga akan sangat cocok dipelihara bersama jenis ikan lainnya.


  1. Fantail

Satu lagi jenis koki yang memiliki daya tarik akan keanggunannya, yaitu ikan koki Fantail. Disebut Fantail dikarenakan ikan jenis ini memiliki ekor layaknya berbentuk kipas. Ekor kipas ini terbentuk dari sirip ekor ganda yang dimiliki oleh Fantail. Sekilas dari penampilan ikan koki jenis ini tidak terlalu memiliki perbedaan mencolok dibandingkan jenis lain. Namun jika lebih diperhatikan, ia memiliki ekor yang lebih pendek.


  1. Oranda

Ikan koki Oranda merupakan jenis ikan koki yang hampir memiliki kesamaan dengan Lionhead. Bedanya, ikan koki Oranda hanya memiliki gumpalan pada bagian atas kepalanya. Sedangkan Lionhead memiliki gumpalan pada keseluruhan bagian kepalanya. Gumpalan yang ada diatas kepala ikan koki Oranda dapat dikatakan seperti konde.


  1. Mutiara

Ikan koki mutiara memiliki bentuk tubuh yang unik dibandingkan ikan koki yang lain. Bagaimana tidak, tubuhnya yang bulat disertai sisik yang juga berbentuk bulat menjadikan penampilan ikan ini sangatlah lucu. Itulah mengapa ikan ini dinamai ikan koki Mutiara karena bentuknya yang bulat bagaikan mutiara. Bagi anda pecinta ikan hias tentu akan sangat menyukainya.


  1. Shubukin

Jika anda pecinta ikan hias tentu tidak asing dengan tampilan jenis ikan koki Shubukin ini. Ikan koki Shubukin memiliki 3 corak warna yang berbeda pada tubuhnya, yakni orange, putih, dan hitam. Bentuk dari ikan Shubukin ini juga lebih ramping dibandingkan jenis koki yang lain.

Baca Juga:  Budidaya Ikan Neon Tetra

  1. Ranchu

Dibandingkan jenis koki yang lain, ikan Ranchu dapat dikatakan lebih terjangkau. Walaupun begitu, tampilan dari ikan ini terlihat sangat eksotis dengan warna yang mencolok. Ciri lain yang dimiliki yaitu pola sisik mutiara di punggungnya, tubuh yang bungkuk, serta jambul di atas kepalanya.

Itulah dia 9 jenis ikan koki berkualitas tinggi yang perlu diketahui bagi para pecinta ikan hias. Kecantikan dan kelucuan ikan koki tersebut tentunya dapat menghiasi akuarium anda. Tak perlu ragu lagi dalam memelihara karena perawatan ikan koki pun terbilang mudah.