Jenis Ikan Koi Tercantik

Diposting pada

Jenis Ikan Koi – Ikan koi memang sudah menjadi idaman para kolektor ikan di Indonesia. Jenis ikan hias air tawar ini memang mempunyai fisik yang hampir sempurna bila dipandang mata.

Ikan Koi Berasal Dari Jepang

Ikan yang berasal dari Jepang ini pada awalnya dikonsumsi. Tapi, karena bentuk fisiknya yang sangat indah dengan corak di setiap badannya maka binatang satu ini dijadikan peliharaan dan untuk memperindah estetika rumah.

Ikan Koi Berasal Dari Jepang
Ikan Koi Berasal Dari Jepang

Baca Juga : Jenis Ikan Gabus Hias

Untuk membedakan jenis-jenis koi memang sulit. Coraknya di setiap badan juga cukup  banyak, sehingga sangat sulit untuk dibedakan.

Untuk itu, kamu harus tahu perbedaan dan ciri jenis koi berikut ini agar kamu bisa membedakannya dan memilih yang paling favorit!

Jenis – jenis Ikan Koi Terfavorit

Jika berbicara tentang ikan koi, ternyata ada banyak sekali jenis-jenisnya. Ikan koi memiliki berbagai jenis, mulai dari ikan koi yang dapat dikonsumsi hingga hanya untuk yang dipelihara sebagai ikan hias.

Jenis - jenis Ikan Koi Terfavorit
Jenis – jenis Ikan Koi Terfavorit

Baca Juga : Fakta Unik Tentang Ikan Paus

Apabila kamu bukan ahli dibidangnya, sangat sulit untuk membedakan jenis ikan koi yang sesuai dengan yang kamu inginkan. Nah, jika kamu yang penasaran dengan jenis ikan koi dan harganya, ketahui penjelasan lengkapnya berikut ini:

  1. Goromo

Goromo, pada dasarnya, adalah Kohaku dengan tepi biru atau hitam ditambahkan ke setiap skala merah. Ada tiga sub jenis goromo yang diketahui hingga kini, yaitu budo goromo, ai goromo dan sumi goromo.

Budo goromo memiliki tepi biru di luar skala yang menciptakan efek cluster seperti anggur. Ai goromo memiliki tepian biru hanya di bagian dalam sisik merah.

Baca Juga : Keindahan Corak Ikan Cupang

Sementara sumi goromo memiliki tepi hitam pada sisik yang dapat membuat polanya tampak hampir sepenuhnya hitam. Ikan ini dihargai mulai dari Rp 1,8 jutaan, cukup sepadan dengan coraknya yang sangat indah.

  1. Ogon

Dengan warna kuning keemasan ikan ini digilai oleh para kolektor ikan koi. Koi Ogon adalah jenis persilangan antara Koi berpunggung kuning dengan jenis Shiro-Fuji.

Awal percobaan belum menghasilkan warna emas seluruh tubuh, namun setelah 6 kali generasi keturunan dari Koi yang disilangkan itu, jadilah si Ogon emas yang eksotis.

Ikan ini cukup mahal untuk didapatkan, namun masih di bawah goromo, yaitu sekitar Rp 1,5 juta.

Baca Juga : Cara Mudah Merawat Ikan Cupang

  1. Kinginrin

Ciri-ciri ikan koi kinginrin memiliki tubuh seperti ikan mas. Warna kulitnya kuning, tidak menampakkan bahwa ia jenis ikan Koi. Namun, rupanya memang ia salah satu jenis Koi hasil persilangan.

Kamu dapat menemukannya dengan harga cukup mahal, yaitu Rp 900 ribuan per ekornya.

  1. Goshiki

Ikan jenis ini hampir sama dengan jenis sanke karena mempunyai topi merah diatasnya dengan warna dasar abu-abu.

Hanya saja jenis sanke berwarna putih. Siripnya warna putih dengan bagian punggungnya juga ada garis pendek warna putih susu. Terlihat sangat indah dan elegan bukan? Ikan ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp 700 ribuan.

Baca Juga : Jenis Cupang Berdasarkan Bentuk Ekor

  1. Hariwake

Bisa dibilang Doitsu Hariwake adalah jenis ikan Koi paling mewah. Tubuhnya warna putih keperakan bak mutiara. Ada corak kuning muda di beberapa lokasi menyebar. Siripnya warna putih keperakan pula.

Bola matanya yang satu sisi berkelopak putih dan kelopak yang satunya lagi kuning. Dari harganya juga sudah terlihat ikan satu ini cukup eksklusif, yaitu sebesar Rp 700 ribuan, sama seperti goshiki.

  1. Hikarimono

Hikarimoyomono mempunyai warna dasar putih pucat dengan pola hitam blur di punggungnya. Pola itu berbentuk seakan-akan seperti tulang yang tergambar pada ikan tersebut.

Ikan jenis ini cukup susah untuk kamu dapatkan. Selain itu ikan ini juga terbilang mahal sekitar Rp 700 ribu per ekornya.

  1. Taisho Sanke

Jenis ini salah satu jenis tertua dari ikan koi. Taisho sanke banyak sekali diburu oleh kolektor ikan koi sehingga memang jenis satu ini cukup mendunia.

Corak yang dimiliki, yaitu memiliki dasar putih solid dengan pola overlay merah di atas putih Ikan koi jenis taisho sanke biasanya diharga dengan banderol Rp 500 ribuan.

  1. Matsuba

Matsuba adalah koi yang memadukan dasar berwarna metalik yang solid dengan pola jaring hitam. Warna dasar matsuba dapat bervariasi.

Gin natsuba memiliki warna dasar putih, sedangkan ki matsuba memiliki warna dasar kuning, dan aka matsuba memiliki warna dasar merah.

Sementara itu, ada satu-satunya variasi matsuba adalah doitsu matsuba. Jenis matsuba biasa ditemukan di pasaran dengan kisaran harga Rp 500 ribu.

  1. Showa Sansoku

Dengan dilengkapi 3 corak warna ikan ini memang sangat indah bila ia berenang bebas di kolam ikan kamu.

Tetapi, jenis ikan satu ini memang tergolong agak mahal, yaitu sekitar Rp 200 ribu hingga Rp 1 juta. Pada umumnya ikan ini memiliki corak hitam, merah gelap, dan satu lagi biasanya putih.

  1. Tancho

Tancho adalah variasi kohaku yang sangat populer, di mana satu-satunya pola merah muncul sebagai satu titik merah di kepala. Tancho sangat dihormati di industri koi Jepang karena kemiripannya dengan Grus japonensis, atau red-crowned crane.

Ikan satu ini memang cukup unik dan berbeda, harga dari ikan satu ini juga tidak terbilang mahal maupun murah yaitu Rp 125 ribu hingga Rp 550 ribu.

  1. Shiro Utsuri

Sama uniknya seperti jenis Tancho ikan koi jenis Shiro Utsuri mempunyai 2 warna berbeda dari yang lain, yaitu hitam pekat dengan putih bersih jika peranakan dari ikan tersebut bagus.

Jenis koi satu ini cukup diminati karena memang mempunyai warna dasar yang berbeda. Pada umumnya harga ikan ini berkisar Rp 130.000 – Rp 300.000.

  1. Hi Utsuri

Hi utsuri mempunyai warna corak gelap dengan hitam oranye dan merah tua. Jika kamu suka warna sedikit kelam pastinya kamu akan jatuh cinta dengan jenis koi yang satu ini. Variasi hi utsuri termasuk gin rin hi utsuri dan doitsu hi utsuri.

Pada umumnya hi utsuri dihargai Rp125.000 sampai Rp300.000 jika warnanya sudah menjadi merah gelap ke oranye-oranyean.

  1. Ki Utsuri

Ki utsuri masih mempunyai turunan dari Hi utsuri dan Shiro utsuri. Jenis ini cukup dibilang langka dan banyak diminati. Dengan pola warna dasar hitam dan ditiban dengan warna kuning terang akan terlihat elegan.

Jenis satu ini di hargai sama seperti saudaranya, yaitu sekitar Rp130.000.

  1. Koi Slayer

Seperti namanya, jenis ikan koi satu ini memiliki sirip yang panjang dan sangat cantik. Ada banyak jenis dari ikan koi slayer, tetapi untuk jenis ikan koi slayer yang paling banyak dicari adalah ikan koi slayer platinum dan ikan koi slayer kumpay.

Untuk harga ikan koi slayer platinum lebih mahal, ini karena jarang ditemukan di pasaran. Harga ikan koi slayer platinum super bisa dijual hingga Rp 5.000.000 per ekor. Tetapi dengan ukuran biasa ikan ini dijual seharga mulai dari Rp160.000.

  1. Chagoi

Ciri khas dari ikan koi chagoi adalah hanya memiliki satu warna. Selain itu harganya juga cukup mahal per ekor yaitu 300.000. Jenis ini juga sedikit jarang dicintai dan dijumpai di pasaran karena memang sulit untuk ditemukan.

Selain itu, juga warnanya hanya satu warna pada corak badannya. Tetapi para kolektor tetap memburu ikan satu ini untuk jadi ikan hiasan dirumah mereka.

  1. Ochiba Shigure

Shigure mempunyai perpaduan warna pucat dari putih susu dan oranye. Warnanya tidak begitu terlalu terang dan simple.

Jika kamu tidak suka warna terang kamu cocok untuk membeli jenis satu ini. Jenis ikan ini dapat ditemukan dipasaran dengan harga Rp200.000 per ekornya.

  1. Soragoi

Umumnya jenis ikan ini mempunyai warna yang hitam ataupun abu-abu pekat. Sedikit seram memang jika dilihat dari warnanya. Tetapi jika kamu bosan dengan warna terang kamu harus memiliki jenis yang satu ini.

Jika soragoi menyelam ataupun berdiam mojok tentunya akan samar untuk terlihat di kolam kamu. Ikan ini dihargai sekitar Rp 400.000 per ekornya.

  1. Kumonryu

Jenis ikan satu ini dijamin mempunyai corak berbeda-beda. Warna abu-abu dengan putih susu membuat corak abstrak yang tidak berpola. Mungkin jenis koi yang paling menarik, kumonryu akan benar-benar mengubah pola mereka berkali-kali sepanjang hidup mereka.

Koi jenis ini dapat pergi dari mana saja dari putih solid ke hitam pekat, atau kombinasi yang mungkin di antaranya. Kamu biasa akan menemukan jenis ikan ini dengan harga Rp 600.000 per ekornya.

  1. Shuisui

Jenis ikan Koi Shusui agak mirip dengan Hikarimoyo Mono, hanya saja porsi warna merahnya lebih banyak.

Ciri-ciri ikan koi Shushui juga sama-sama punya corak seperti tulang rusuk yang menjari kelabu pada bagian punggungnya. Unik bukan? Kamu dapat menemukannya dengan harga Rp400.000.

  1. Kikokuryu

Kikokuryu adalah koi tanpa kepala (doitsu) dengan dasar putih yang dipadukan dengan area hitam di dalam barisan sisik, di sepanjang bagian belakang barisan, dan di kepala di sekitar mata dan hidung.

Kikokuryu biasanya dianggap versi logam dari kumonryu. Cukup sulit menemukan jenis yang satu ini. Kamu bisa memiliki jenis ini dengan kisaran harga Rp150.000 – Rp800.000.

  1. Asagi

Jenis ikan koi berikutnya juga tidak kalah unik dari yang sebelum-sebelumnya. Meski tergolong ke dalam jenis ikan koi termahal, Asagi tetap memiliki banyak penggemar karena corak unik yang dimiliki, yakni perpaduan biru metalic dan oranye.

Ikan koi Asagi ini memiliki warna biru agak kelabu di bagian punggungnya. Dan seperti ikan koi pada umumnya, jenis satu ini memiliki warna merah dan putih di bagian kepalanya.

Harganya akan semakin mahal jika warna ikan didominasi oleh warna biru. Ikan koi Asagi dipatok dengan kisaran harga mulai dari Rp1.100.000 – Rp1.500.000.

  1. Kawarimono

Kawarimono adalah jenis ikan koi hasil persilangan atau hybrid. Bentuk tubuhnya terlihat tidak seperti ikan koi pada umumnya. Warna di tubuhnya hanya didominasi oleh satu warna saja, seperti hijau polos, biru polos, dan ungu polos.

Jenis ikan satu ini sama sekali tidak memiliki corak pada bagian tubuhnya yang membuat tampilannya menawan yang menjadi ciri khas ikan koi itu sendiri. Ikan koi Kawarimono dibanderol dengan harga yang cukup murah yakni berkisar mulai dari Rp200.000 saja.

  1. Kikusui

Ikan koi Kikusui adalah salah satu ikan koi yang termasuk paling cantik diantara ikan koi lainnya. Jenis ikan koi ini memiliki warna putih susu pada bagian tubuhnya dengan corak berwarna jingga yang cukup terang.

Menariknya, ikan ini akan berkilau layaknya dilapisi oleh plastik saat berada di dalam air. Kamu bisa dapatkan ikan koi Kikusui mulai dari harga Rp300.000/ekor.

  1. Nagashima

Nagashima merupakan jenis ikan koi yang sangat unik. Memiliki tubuh yang masih mirip ikan Karper atau ikan Mas, tetapi coraknya banyak dan penuh sehingga ikan koi ini tampak lebih cerah.

Ikan ini termasuk yang paling sering dipelihara oleh para pecinta ikan koi. Namun, harganya terbilang cukup mahal, untuk satu ekor saja dibanderol dengan harga Rp800.000.

  1. Shiro Bekko

Shiro Bekko adalah jenis ikan koi yang sering menjadi primadona banyak orang keran tampilannya yang manis dan cantik. Ikan koi satu ini mempunyai warna dasar kulit putih susu.

Ciri khasnya dari Shiro Bekko adalah corak tutul hitam yang agak jarang. Jika dilihat, ikan koi ini sangat manis saat dipandang karena seperti permen susu. Harga ikan koi Shiro Bekko dibanderol mulai dari Rp 500.000/ekor.

Demikian pembahasan kali ini tentang Jenis Ikan Koi Terfavorit Beserta Karakteristiknya secara lengkap dan jelas, semoga bermanfaat sobat ikan.co.id