Jenis Ikan Gabus Hias

Diposting pada

Predator Air Tawar Eksotis

Jenis Ikan Gabus Hias – Siapa yang tidak mengenal ikan gabus? Ikan yang dikenal dengan Channa, snakehead, atau Toman ini merupakan ikan predator air tawar yang satu ini biasa dikonsumsi karena rasanya yang enak.

Predator Air Tawar Eksotis Ikan Gabus
Predator Air Tawar Eksotis Ikan Gabus

Banyak manfaat yang diperoleh saat memakan ikan gabus, sehingga ikan ini sering dijadikan lauk makan. Tak hanya ikan gabus konsumsi, ada ikan gabus hias yang bisa mempercantik rumahmu. Ukuran ikan ini cukup beragam mulai dari 11 cm hingga 1 meter dengan corak warna yang unik dan menawan.

Sama seperti ikan cupang atau ikan molly, ikan hias yang satu ini juga banyak diburu sebagai ikan peliharaan, bahkan para pecinta ikan predator bisa merogoh kocek yang dalam untuk mempunyai ikan gabus hias yang langka.

Jenis – Jenis Ikan Gabus Hias

Dengan warna unik dan corak yang beragam, ikan gabus hias bisa menjadi pilihan untuk mempercantik ruangan di rumah. Ukurannya yang beragam juga disesuaikan dengan aquarium yang kamu miliki, simak rekomendasi berikut ini:

Jenis Ikan Gabus Hias
Jenis Ikan Gabus Hias
  1. Channa Argus

Channa Argus atau yang biasa disebut sebagai ikan gabus utara ini memiliki ciri khas bercak hitam di bagian tubuhnya dan dapat tumbuh hingga 1 meter.

Ikan ini dianggap sebagai spesies invasif yang berasal dari Tiongkok, Rusia, dan Korea Utara dan Selatan. Habitat ikan ini terletak dari Sungai Amur hingga Pulau Hainan.

  1. Channa Barca

Banyak orang mengira bahwa ikan Channa Barca berasal dari Barcelona, Spanyol. Nyatanya, ikan ini merupakan spesies asli lembah sungai Brahmaputra bagian atas di timur laut India dan Bangladesh yang dapat tumbuh hingga 90 cm.

Saat ini, Channa Barca merupakan ikan gabus termahal di Indonesia. Harganya bisa mencapai puluhan juta dengan hitungan 1 juta untuk setiap sentimeter. Rata-rata panjang ikan ini adalah 70-80 cm.

  1. Channa Auranti

Ikan gabus yang satu ini mirip dengan Channa Barca yang memiliki harga puluhan juta. Bahkan ada beberapa oknum yang memanfaatkan ikan ini dijual sebagai Channa Barca. Agar tidak terkecoh, kamu harus mengetahui perbedaan kedua ikan ini.

Channa Auranti memiliki ukuran lebih kecil yaitu 40 cm. Selain itu, ikan ini memiliki tubuh berwarna coklat dengan campuran garis-garis oranye vertikal. Bentuk kepala Channa Auranti lebih dengan sirip besar yang membentang.

  1. Channa Bankanensis

Memiliki ukuran yang variatif sesuai dengan spesiesnya, ikan gabus yang satu ini memiliki ukuran yang relatif kecil, yaitu 20 cm dengan ukuran maksimal yang hanya mencapai 24 cm saja.

Ikan ini memiliki tubuh berwarna coklat dan memiliki bercak-bercak hitam. Channa Bankanensis bisa kamu temukan di perairan Indonesia dan Malaysia.

  1. Channa Andrao

Untuk kamu yang memiliki akuarium relatif kecil, ikan mungil Channa Andrao adalah jawabannya. Ikan ini termasuk ikan gabus terkecil karena hanya memiliki ukuran 11 cm saja. Warna tubuh ikan Channa Andrao juga sangat unik, ikan ini memiliki warna abu-abu kecoklatan dan sirip yang berwarna biru.

  1. Channa Asiatica

Channa Asiatica yang biasa dikenal dengan green snakehead atau chinese snakehead ini memiliki habitat asli di lembah sungai Chang Jiang dan lembang sungai Xun di provinsi Guangxi dan Guangdong.

Ikan ini memiliki corak white spot atau red spot yang dapat tumbuh hingga 35 cm. Saat ingin memeliharanya, ikan ini termasuk sangat agresif kepada spesies ikan lainnya. Jadi, saat proses pemijahan sangat disarankan untuk mengeluarkan salah satu ikan yang berada di dalam akuarium.

  1. Channa Bleheri

Jika ikan gabus Asiatica cukup agresif, Channa Bleheri bisa menjadi pilihan untuk kamu yang mencari ikan dengan tingkah laku damai dan dapat bergabung dengan ikan lainnya. Ukuran ikan ini cukup mungil dengan panjang tubuh 17-23 cm.

Channa Bleheri menjadi salah satu ikan gabus terfavorit karena warnanya cukup cantik menyerupai pelangi dengan sirip berwarna oranye.

  1. Channa Amphibeus

Ikan gabus yang satu ini terlihat cukup garang dengan gabungan warna merah dan hitam di punggungnya. Ikan ini berasal dari perairan India dan ditemukan pada tahun 1845. Untuk ukuran, Channa Amphibeus dapat tumbuh hingga 90 cm.

  1. Channa Diplogramma

Ikan gabus termasuk banyak yang berasal dari India, salah satunya Channa Diplogramma. Ikan ini memiliki warna yang cukup menawan dengan dua buah garis horizontal yang membentang dari kepala hingga ekor.

Selain itu, bintik-bintik berwarna hitam di punggungnya membuat ikan ini semakin unik. Dari segi ukuran, ikan ini dapat tumbuh hingga 44 cm.

  1. Channa Gachua

Cukup menjadi primadona karena ukurannya yang hanya 25 cm dan warnanya yang cantik, Channa Gachua bisa jadi pilihanmu. Ikan ini memiliki warna putih atau hitam dengan warna sirip biru atau oranye.

  1. Channa Burmanica

Memiliki nama Burmanica, ikan gabus yang satu ini berasal dari Myanmar. Sifat ikan ini juga cukup damai dan tidak terlalu agresif jadi bisa untuk disatukan dengan ikan lain dalam akuarium.

Uniknya, Channa Burmanica berukuran cukup mungil karena hanya bisa tumbuh hingga 8 cm.

  1. Channa Baramensis

Selain ikan gabus hias, ikan yang satu ini sering dijumpai untuk dikonsumsi. Dominasi warna coklat di seluruh tubuhnya juga tidak memberikan kesan yang spesial.

Channa Baramensis memiliki ukuran 22 cm dan hidup di perairan sungai Kalimantan.

  1. Channa Pleurophthalma

Ikan gabus yang satu ini cukup unik, badan ikan Channa Pleurophthalma memiliki motif bulat-bulat hitam seperti kelereng yang berjumlah 3-5 buah. Ada beberapa variasi warna yang dimiliki ikan ini, yaitu biru cerah dan coklat gelap.

Untuk kamu yang tertarik memeliharanya, akuarium harus berukuran cukup besar karena ikan ini cukup aktif berenang dan ukurannya mencapai 40 cm.

Channa pleurophthalma alias Ocellated Snakehead ini mempunyai marking titik titik hitam di tubuhnya. Ikan gabus hias ini sangatlah aktif berenang sehingga membutuhkan aquarium yang memadai. Ukuran panjang masimum ikan gabus jenis ini mencapai 40 cm.

  1. Channa Striata

Hampir mirip dengan Baramensis, ikan gabus yang satu ini juga sering dijadikan sebagai ikan gabus konsumsi. Perbedaan terletak pada warna perut berwarna putih hingga pangkal ekor. Kebanyakan orang akan memelihara Channa Striata yang Albino karena memiliki warna yang unik.

  1. Channa Marulioides

Dengan tampilan cukup sangar, Channa Marulioides memiliki warna dasar putih kekuningan dengan pola garis vertikal berwarna hitam mulai dari kepala hingga ekor. Warna biru terang di bagian siripnya juga menambah keunikan ikan ini.

Channa Marulioides atau yang biasa disebut emperor snakehead dapat tumbuh hingga 56 cm dan bisa disimpan dalam akuarium.

  1. Channa Melasoma

Channa Melasoma masuk ke dalam kategori ikan gabus yang agresif dengan ukuran 30 cm. Ikan ini memiliki ciri khas warna kuning kecoklatan di seluruh tubuhnya. Selain itu, motif list berwarna putih di siripnya membuat ikan ini tampak lembut padahal sikapnya cukup garang.

  1. Channa Micropeltes

Ikan gabus yang satu ini berasal dari Indonesia. Channa Micropeltes sering disebut sebagai Ikan Toman. Ikan ini cukup agresif dengan giginya yang tajam. Dari segi ukuran, Ikan Toman dapat tumbuh hingga 1 meter. Sangat besar ya, sobat ikan.co.id

Nah itu dia sobat ikan.co.id tentang Ikan Gabus Hias Predator Air Tawar semoga bermanfaat jangan lupa di share ya