Jenis Ikan Arwana

Jenis Ikan Arwana yang Menarik Untuk DimilikiBagi Anda pecinta ikan hias tentunya tidak asing lagi dengan ikan arwana. Ikan arwana merupakan salah satu jenis ikan yang memiliki banyak peminat dikarenakan kecantikannya. Tedapat banyak jenis ikan arwana, mulai yang paling mudah ditemukan hingga yang paling langka sekalipun. Jika anda tertarik dengan jenis ikan satu ini, tidak ada salahnya untuk mulai memelihara atau membudidaya. Inilah jenis arwana yang perlu anda ketahui.

Jenis-Ikan-Arwana-yang-Menarik-Untuk-Dimiliki-dan-Dipelihara


Simak 7 Jenis Ikan Arwana yang Menarik Untuk Dimiliki

  1. Ikan Arwana Golden

Jenis Arwana Golden seringkali ditemukan di di daerah Malaysia. Diantaranya yaitu Danau Bukit Perak, Trengganu, Perak, dan Johor. Ciri yang mencolok dari jenis ikan ini adalah warna emas yang menyelimuti tubuhnya. Keunikan inilah yang menjadikan Arwana Golden memiliki nilai yang tinggi dikarenakan kelangkaannya. Selain itu Ikan Arwana Golden juga dapat dibagi menjadi beberapa kelas antara lain silver based, blue based, purple based, dan gold based. Biasanya warna emas penuh pada gold based akan muncul pada usia lebih muda dibandingkan kelas lain.


  1. Ikan Arwana Banjar

Jenis Ikan Arwana Banjar merupakan jenis ikan yang termasuk varietas arwana merah kelas 2. Jenis ini bukan merupakan strain murni dari Arwana Merah. Ciri khas yang dimiliki ikan jenis Arwana Banjar adalah ekornya yang berwarna kuning atau orange, warna sirip orange pucat, dan tidak punya warna merah baik di pipi maupun di badan. Selain itu bentuk mulut tidak terlalu lancip dan kepala yang cenderung membulat.

Baca Juga:  Budidaya Ikan Cupang

  1. Ikan Arwana Brazil

Jenis Arwana Brazil seringkali ditemukan di Amerika Selatan. Memiliki panjang tubuh sekitar 50 – 60 cm. Arwana Brazil memiliki bentuk sirip dan tubuh panjang, yang menjadikan ikan jenis ini terlihat anggun saat berenang, terutama apabila ukurannya bertambah besar. Untuk harga, ikan Arwana Brazil dapat dikatakan lebih murah dibandingkan jenis Jardini. Diketahui bahwa ikan jenis ini juga terdapat yang berwarna platinum atau silver.


  1. Black Arwana

Jenis ikan arwana yang perlu anda ketahui selanjutnya adalah Black Arwana. Sesuai namanya, ikan jenis ini memiliki warna hitam pada tubuhnya jika semakin dewasa. Sebelum itu, ikan ini hanya akan memiliki warna hitam pada ekornya dan tubuh yang berwarna silver. Semakin lama, warna hitam pada ekor Black Arwana ini akan memudar.


  1. Arwana Jardini

Arwana Jardini merupakan jenis ikan yang berasal dari Australia, namun juga sering ditemukan di Pulau Irian sehingga dapat disebut Arwana Irian. Ciri khas yang dimiliki ikan jenis ini adalah warnanya yang hitam kecoklat-coklatan disertai bintik – bintik kuning yang ada di daerah pipi, sirip, dan ekornya. Ikan Arwana Jardini juga terdapat 2 jenis berdasarkan warnanya, yaitu yang memiliki warna dasar lebih terang yaitu Scleropqges Leichharti dan warna dasar yang gelap yaitu Scleropages Jardini.


  1. Arwana Hijau

Jenis ikan Arwana Hijau memiliki ciri khasnya sendiri yaitu warnanya yang kelabu kehijau – hijauan disertai pola garis berwarna gelap yang ada pada ekor. Selain itu mulut dan kepalanya lebih membulat dan besar dibandingkan dengan jenis arwana yang ada di Asia lainnya. Arwana Hijau terdapat di daerah seperti Kamboja, Thailand, Malaysia, Myanmar, dan Indonesia. Ikan ini memiliki kecantikan yang eksotis sehingga dapat menarik banyak peminat.

Baca Juga:  Cara Membedakan Cupang Hias dan Cupang Aduan

  1. Arwana Super Red

Arwana Super Red merupakan salah satu jenis arwana yang sangat cantik. Memiliki ciri khas berupa warna merah pada beberapa bagian tubuhnya seperti pinggiran sisik dan tutup insang, menjadikan tubuh ikan berwarna merah. Arwana Super Red sendiri juga terdapat 4 varietas, yaitu merah orange, merah cabai, merah emas, dan merah darah.

Itulah dia beberapa jenis ikan arwana yang perlu diketahui bagi anda pecinta ikan hias. Berbagai jenis ikan tersebut tentunya memiliki keunikannya masing-masing yang sangat menarik. Maka dari itu tak ada salahnya untuk memulai memelihara atau membudidaya jenis ikan arwana tersebut.