Ikan Sapu-Sapu

Jenis Ikan sapu-sapu hias yang bisa mempercantik tampilan aquarium. Ikan yang dianggap berbentuk jelek ini nyatanya memiliki banyak manfaat. Misalnya untuk hiasan aquarium karena banyak jenis yang tampilannya sangat cantik dengan warna yang sangat menarik. Tak hanya itu, ikan ini bisa juga untuk membersihkan ganggang yang kemungkinan sering muncul di akuarium.

Ikan Sapu-Sapu

Ikan yang dikenal dengan sebutan plesco ini diidentikan dengan tampilan buruk dan tidak menarik. Padahal banyak sekali jenis sapu-sapu yang punya daya tarik. Nah, bagi Anda yang ingin menggunakan sapu-sapu untuk mempercantik tampilan akuarium, ada beberapa rekomendasi jenis sapu-sapu yang bisa dipilih. Berikut ini daftarnya:


Jenis Ikan Sapu-Sapu Yang Bisa Dipelihara Untuk Mempercantik Tampilan Akuarium

  1. Leopard Frog Pleco

Jenis ikan sapu-sapu pertama yang bisa dipelihara adalah Leopard Frog Plecostomus yang asalnya dari Brazil. Keunikan dari ikan ini adalah bentuk atau pola tubuh yang mirip seperti garis putih kekuningan serta hitam pekat.

Dilihat dari ukurannya, ikan ini memang berukuran agak kecil dibanding ikan sejenisnya. Meskipun begitu, dengan perawatan rutin, jenis ikan ini dapat tumbuh sampai 11 cm.


  1. Sapu-sapu Synodontis

Ciri utama ikan jenis sapu-sapu ini adalah sirip yang sangat panjang di bagian atas serta tubuh yang dilengkapi dengan pola bintik rapi. Nah, sirip dibagian atas ini umumnya bisa terbuka setiap saat sehingga menambah kecantikan ikan sapu-sapu ini.

Baca Juga:  Pemijahan Ikan Cupang

Dari sisi ukuran, ikan ini bisa mencapai 20 cm. Bagi yang ingin memelihara ikan ini, usahakan menyediakan akuarium yang cukup besar agar pertumbuhannya bisa lebih maksimal.


  1. Sapu-sapu Xingu Baryancistrus

Sesuai namanya, ikan ini berasal dari Brazil, lebih tepatnya dari kota Rio Xingu. Ciri utama ikan sapu-sapu ini adalah warna hitam pekat di tubuhnya yang dilengkapi dengan corak kuning di bagian ujung ekor dan juga sirip.

Tak hanya itu ada juga bintik kontras di bagian tubuhnya sehingga menambah kecantikan si ikan. Ikan hias sapu-sapu ini juga disebut Gold Nugget. Soal panjang tubuh bisa mencapai 20 cm.


  1. Hypancitrus Zebra

Seperti nama yang diberikan, ikan ini mempunyai corak hitam putih yang mirip dengan pola zebra. Tubuhnya yang sangat eksotis membuatnya cukup banyak digemari oleh kolektor ikan hias. Jadi tidak heran jika ikan sapu-sapu ini cukup mahal di pasaran.

Untuk ukurannya, sapu-sapu jenis ini memiliki panjang yang tidak terlalu besar. Kira-kira hanya sekitar 6 hingga 12 cm saja. Jadi cocok untuk dipelihara di akuarium yang ukurannya kecil.


  1. Golden Royal Line

Ikan yang satu ini banyak ditemui di Amerika Selatan, khususnya Venezuela. Ikan sapu-sapu ini memiliki karakteristik yang cukup unik dibanding ikan lainnya. Tidak heran karena tubuhnya berwarna hitam pekat dengan corak garis horizontal berwarna emas.

Dilihat dari warna tubuhnya, tidak heran jika Golden Royal Line lebih menonjol dibanding ikan hias sapu-sapu lainnya. Soal harga juga tidak terlalu mahal sehingga aman di kantong.


  1. Blue Phantom Pleco

Bagi yang mencari ikan hias sapu-sapu, Blue Phantom Pleco bisa menjadi pilihan terbaik. Tidak heran karena ikan sapu-sapu ini memiliki warna yang sangat cantik, terang dan begitu elegan. Ikannya berasal dari Amerika Selatan.

Baca Juga:  Macam Macam Ikan Air Tawar

Karakteristik paling menoniol dari ikan ini adalah warna biru gelap yang lengkap dengan sedikit pola di bagian tubuhnya. Saat sudah usia dewasa, ikan ini bisa tumbuh hingga 17 cm. Soal harga juga tergolong mahal dibanding sapu-sapu lainnya.


  1. Snowball Pleco

Snowball Pleco atau yang dikenal dengan sebutan Hypancistrus Inspector merupakan ikan sapu-sapu berikutnya yang bisa dipelihara untuk mempercantik akuarium. Ikan ini asalnya dari perairan Amerika Selatan. Ikan ini memiliki ciri khas penuh sehingga mudah untuk dikenali.

Dimana karakteristiknya mempunyai totol-totol putih yang ukurannya cukup besar dibanding bintik pada sapu-sapu lainnya. ,Sebagai ikan hias, jenis ini bisa dikatakan sangat agresif. Jangan mencampur ikan ini dengan ikan lain karena sifatnya yang predator.

Jenis ikan sapu-sapu di atas bisa dipelihara untuk mempercantik akuarium. Masih banyak jenis ikan sapu-sapu lain yang bisa dipelihara. Jadi sesuaikan saja dengan minat dan kesukaan.