Ikan Predator Air Tawar

Meskipun Galak, Ikan Predator Air Tawar Ini Bisa Dipelihara Karena Sangat Menawan : Memelihara jenis ikan predator menjadi hal tak biasa yang memiliki nilai tersendiri. Ada banyak ikan predator yang bisa dipelihara. Anda tinggal menyesuaikan dengan minat saja.  Selain datang dari dalam negeri, ada banyak ikan predator dari luar negeri yang bisa ditemui di Indonesia.

Jenis-Ikan-Predator-Air-Tawar-Yang-Bisa-Dipelihara-Dirumah

Misalnya dari Amerika, Thailand, Afrika hingga Thiongkok. Alasan utama kenapa banyak masyarakat Indonesia memelihara ikan ini adalah gerakan yang terbilang sangat agresif dan mudah untuk dipelihara. Dari segi harga juga tidak terlalu tinggi sehingga aman di kantong. Bagi yang membutuhkan referensi ikan predator, artikel ini sangat pas untuk diikuti.


Ikan Predator Ini Bisa Dipelihara Karena Menawan Dan Membuat Aquarium Tampak Hidup

Nyatanya memang banyak ikan predator air tawar yang dipelihara oleh masyarakat Indonesia. Bagi yang ingin memelihara tapi tidak tahu referensi ikan predator, berikut daftar ikan yang pas untuk dipelihara:


  1. Ikan arwana

Ikan predator ini menjadi peliharaan yang paling pas untuk hiasan aquarium. Di suguhi dengan tampilan yang cantik dan menawan membuat banyak orang yang kadang meragukan jika arwana adalah ikan predator atau pemangsa. Ikan yang sudah menyebar di seluruh dunia ini sudah ada di jaman purba.

Meskipun begitu, ikan arwana yang dari Asia memiliki karakteristik berbeda dari ikan predator air tawar lainnya. Dimana bentuk badannya agak memanjang dengan warna perak yang  cukup mencolok. Ikan arwana dibanderol di harga 2 sampai 10 juta.

Baca Juga:  Ikan Peacock Bass

  1. Ikan Red Snakehead

Ikan predator lain yang bisa dipelihara adalah red snakehead. Di Indonesia, ikan unik ini diberi nama ikan toman. Ikan ini memiliki habitat di sebagian besar Asia Tenggara. Biasanya mudah ditemui di sungai Mekong yang ada di Laos sampai kepulauan kecil Bangka Belitung.

Bagi yang ingin memilihara ikan predator air tawar ini Anda harus menyiapkan cukup ruang. Tidak heran karena panjang ikan ini bisa mencapai 1 hingga 1,3 meter. Terlebih lagi ikan pemangsa ini sangat suka berenang bebas. Di pasaran, ikan red snakehead dihargai hingga 100 juta.


  1. Ikan Peacock Bass

Ikan Peacock atau yang akrab disapa ikan pbass menjadi  salah satu ikan pemangsa dari Amazon yang cukup ganas. Ikan ini sangat rakus untuk urusan makan. Meskipun begitu, tubuh ikan predator ini memiliki corak yang sangat menarik dengan warna mencolok serta sangat cantik saat dilihat.

Gerakan ikan predator air tawar ini sangat gesik, terutama jika sedang berburu mangsa. Di dunia ada banyak ikan pbass yang bisa Anda temui. Contoh yang paling populer adalah kelberi, orinoco dan juga monoculus. Untuk anakan, ikan ini dihargai 100 ribu. Setelah mencapai 30 cm, ikan ini bisa tembus hingga 1 juta.


  1. Ikan Belida

Meskipun sangat cantik, ikan belida menjadi salah satu ikan yang keberadaannya sudah sangat jarang. Bisa dibilang jika ikan predator ini sudah punah. Ikan ini menjadi bahan baku paling lezat dan gurih untuk makanan Pempek dari Palembang. Di Indonesia, belida memiliki beberapa jenis.

Contohnya adalah bengkok, albino dan juga belida royal.  Dibanding ikan predator air tawar lainnya, belida memiliki corak yang terbilang sangat sederhana dengan warna abu serta motif bentol hitam di tubuhnya. Meskipun begitu, ikan ini memiliki bentuk yang unik karena mirip pisau. Anda bisa mendapat ikan ini diharga 200 ribu untuk ukuran anakan.

Baca Juga:  Cara Pemijahan Neolamprologus Tretocephalus

  1. Ikan Golden Dorado

Habitat asli ikan ini ada di Amerika Selatan. Ikan pemangsa ini banyak dipelihara di Indonesia karena keunikan yang dimilikinya. Ikan predator ini sangat cocok untuk dipelihara oleh Anda yang ingin menjadikannya sebagai tipe tengah tank.

Bentuk ikan predator air tawar ini mirip dengan jenis ikan salmon dengan panjang dan lonjong yang begitu khas. Seperti namanya, ikan ini berwarna keemasan dengan titik hitam kecil yang membuatnya begitu elegan saat dipandang.

Ikan predator untuk air tawar yang telah disebutkan di atas bisa menjadi referensi bagi Anda yang ingin  memelihara ikan pemangsa. Semoga membantu dan pastikan memilih ikan yang sesuai dengan kemampuan.