Ikan Peacock Bass

Mengenal Ikan peacock bass dan jenis-jenisnya : Peacock bass atau pbass menjadi salah satu ikan yang paling banyak ditemui di seluruh wilayah perairan hangat Amerika Selatan. Ikan ini memiliki panjang yang tidak main-main. Pasalnya ada yang panjangnya lebih dari 1 meter dan termasuk cichlid terbesar yang ada di neotropik.

Ikan Peacock Bass

Peacock memiliki bentuk dan tampilan yang sangat menarik. Wajar jika ikan ini dijadikan sebagai ikan hias untuk mempercantik tampilan akuarium. Tucunare sebagai panggilan peacock bass di Brazil tumbuh dengan sangat cepat. Tidak heran karena mampu tubuh di angka 30 cm setiap tahunnya.

Di Brazil, ikan ini menjadi sumber daya yang penting bersama ikan lele karena kandungan proteinnya. Ikan peacock bass ini juga kerap dipancing karena rasanya cukup enak dan gurih. Setidaknya ada banyak spesies yang bisa ditemukan untuk jenis peacock bass ini. Berikut kami rangkumkan beberapa.


Jenis-Jenis Peacock Bass Yang Harus Diketahui Karena Tampilannya Sangat Elegan

  1. Butterfly Peacock Bass

Jenis peacock bass ini tumbuh sangat cantik. Jenis ikan ini bisa ditemui di Brasil, Guyana dan juga Suriname. Ikan ini memiliki panjang maksimal hingga 70 cm. ikan muda mempunyai pola titik tiga bercak seperti yang terlihat di C monoculus.

Sedangkan ikan dewasa memiliki bercak emas di atas ekor. Di beberapa spesies, ikan peacock bass juga ada bagian merah di tenggorokan serta perut. Varian ini sangat cantik dengan mata merah pekat serta warna dasar emas yang cukup mencolok.

Baca Juga:  Jenis Ikan Arwana

  1. Orinoco Peacock Bass

Peacock ini habitanya ada di sepanjang Rio Negro dan Rio Uaupes. Ikan ini menyebar secara masif di sistem sungai orinoco. Di Indonesia, ada varian khusus lokal yang sudah dibudidayakan. Dimana warnanya adalah kombinasi hijau dan ada juga yang berwarna biru.

Tenggorokan dan sirip ikan peacock bass ini adalah merah pekat. Ketika berbentuk burayak, ikan ini mempunyai tiga titik bercak yang tepiannya berwarna emas pucat di sekitar sisi mata. Panjang maksimal ikan ini adalah 60 cm.


  1. Monoculus Peacock

Menjadi salah satu peacock yang banyak ditemui, Monoculus Peacock banyak ditemukan di Brazil hingga Marajo. ikan ini memiliki banyak varian menakjubkan yang menambah spesies ikan cantik ini.

Monoculus Peacock muda biasanya memiliki tiga garis di bagian tengah tubuh dan spesimen dewasa mempunyai bercak emas pada bagian ujung tangkai ekor. Di lihat dari panjangnya, ikan peacock bass ini mempunyai panjang yang lebih dibanding jenis lain karena mencapai 70 cm.


  1. Royal Peacock Bass

Dibanding dengan peacock lainnya, ikan yang satu ini mempunyai panjang yang tidak terlalu atau bisa dikatakan cukup mungil. Ikan ini bisa ditemui di Venezuela hingga bagian Rio Caura. Royal Peacock muda hanya memiliki panjang sekitar 4 hingga 7 cm saja.

Sedangkan untuk yang dewasa bisa mencapai 13 cm. Ikan peacock bass ini mempunyai warna yang sangat cantik sehingga sangat menarik untuk dijadikan hiasan. Ikan ini termasuk jenis ikan predator karena bisa memangsa ikan lain.


  1. Blackback peacock

Ikan spesies peacock bass ini memiliki habitat yang cukup unik dibanding yang lain. Pasalnya tinggal di daerah berlumpur di sekitar Orinoco atas atau antara sungai Casiquiare dan juga Rio Negro, termasuk di dalamnya Rio Siapa.

Baca Juga:  Cara Membedakan Cupang Hias dan Cupang Aduan

Bisa disebut jika ikan peacock bass ini adalah jenis cichla paling kecil. Garis vertikal di tubuhnya bisa menjadi hitam pekat, terutama di bagian punggung. Sirip punggungnya juga agak hitam legam sehingga sangat eksotis. Panjangnya bisa mencapai 35 cm sesuai habitanya.


  1. Yellow Peacock Bass

Peacock bass ini asli dari Brazil dan termasuk anggota genus yang ukurannya paling kecil. Biasanya hidup di bagian tangkapan air wilayah Rio Araguaia dan juga Rio Tocantins. Sesuai namanya, ikan ini berbentuk kuning dengan warna keemasan di bagian tubuh, khususnya perut.

Itu jenis ikan peacock bass yang bisa di bahas di artikel ini. Setidaknya ada 15 spesies atau jenis peacock bass yang ada di dunia. Budidaya ikan ini di Indonesia juga cukup melimpah karena memang sangat menghasilkan.