8 Fakta Unik Tentang Ikan Paus

Ikan paus, begitulah kebanyakan orang mengenal dan menyebut hewan air super besar ini. Meskipun menyandang kata “ikan”, tapi paus sebenarnya bukan ikan lho. Hampir setiap orang mungkin sudah tak asing dengan namanya, dan bahkan pernah melihat seperti apa bentuknya walau cuma lewat foto.

Tapi, kayaknya nggak banyak yang tahu bahwa hewan besar yang berlayar di lautan ini punya dunia yang nggak semua orang bisa tahu. Inilah sederet fakta luar biasa tentang paus dan kehidupan mereka di lautan.


Ikan Paus adalah MamaliaIkan-Paus

Sebenarnya kata “paus” bukanlah istilah ilmiah. Menurut para ahli, kata ini diperkirakan berasal dari beberapa bahasa Eropa kuno yang memiliki arti “ikan laut besar”.

Tapi dalam beberapa abad terakhir, para ahli biologi sudah menunjukkan fakta bahwa paus bukanlah ikan, melainkan mamalia. Meski begitu, kata “paus” tidak dihilangkan dan tetap melekat pada ikan super besar ini. Seperti semua mamalia, paus juga punya beberapa hal berikut:

  • Paus menghirup udara melalui lubang sembur ke paru-paru, jadi nggak seperti ikan yang bernapas menggunakan insang.
  • Paus punya rambut, meskipun jumlahnya jauh lebih sedikit daripada mamalia darat, dan hampir nggak punya rambut saat paus sudah dewasa.
  • Paus berdarah panas untuk mempertahankan suhu tubuhnya saat di lautan yang dingin.
  • Paus betina punya kelenjar yang menghasilkan susu untuk memberi makan anak-anaknya.
  • Paus punya jantung empat bilik.
  • Selain manatee (sapi laut), paus adalah satu-satunya mamalia yang menjalani seluruh hidupnya di air, dan satu-satunya mamalia yang telah beradaptasi dengan kehidupan di lautan terbuka.
  • Tapi nggak seperti mamalia lainnya, misalnya kuda, anjing, kucing dan bahkan manusia, paus nggak punya tangan dan kaki. Karena hidup di air, paus punya sirip yang bisa digunakan untuk berenang.
  • Paus punya lapisan lemak tebal di bawah kulit sama seperti manusia. Lapisan inilah yang membuat paus bisa tetap hangat meskipun berada di lautan yang dingin.

Paus adalah Evolusi dari Hewan DaratPaus-adalah-Evolusi-dari-Hewan-Darat

Ikan paus pertama muncul sekitar 50 juta tahun yang lalu, jauh setelah kepunahan dinosaurus tapi juga jauh sebelum kemunculan manusia pertama.

Menurut hasil penelitian fosil purba yang dilakukan oleh para ahli di berbagai negara selama bertahun-tahun, ditemukan fakta mencengangkan bahwa nenek moyang paus kemungkinan besar adalah artiodactyla kuno, yaitu mamalia darat berkaki empat dan berkuku genap (ungulata) yang pandai berlari.

Diperkirakan kalau nenek moyang ini adalah serigala yang tinggal di pesisir pantai, yang konon tampilan fisiknya mirip banget sama anjing liar modern di Afrika. Lantas, kenapa ya serigala ini akhirnya hidup di laut?

Kisahnya dimulai dari ketersediaan makanan di darat yang menjadi langka karena asteroid menabrak Bumi di dekat Semenanjung Yucatan di Meksiko, yang juga menyebabkan sebagian besar dinosaurus punah kala itu. Alhasil, nenek moyang paus turun ke laut untuk mencari makan.

Karena nenek moyang paus purba ini menghabiskan lebih banyak waktu di laut, akhirnya mereka secara bertahap beradaptasi dengan kehidupan di laut dan perubahan alami pada fisiknya pun terjadi. Selama ribuan tahun, nenek moyang paus mengalami perubahan luar biasa seperti berikut:


  • Kaki Depan Menjadi Sirip

Kaki depan dari nenek moyang paus berevolusi menjadi sirip dengan panjang yang bervariasi, dan mempertahankan struktur tulang yang mirip dengan lengan dan tangan manusia (lengkap dengan ulna, radius, karpal, metakarpal, dan falang atau tulang jari).

Baca Juga:  Cara Membedakan Cupang Hias dan Cupang Aduan

Sirip ini digunakan oleh paus untuk menjaga keseimbangan saat berenang, untuk membuat perubahan arah yang tiba-tiba, untuk memburu mangsa, dan juga untuk membantu menjaga suhu tubuh. Sedangkan kaki belakangnya semakin menyusut dan akhirnya menghilang.


  • Posisi Hidung Berubah

Lubang hidung nenek moyang paus yang awalnya ada di depan telah berevolusi menjadi lubang sembur yang posisinya sudah berpindah ke atas kepala. Karena itu, para paus suka mengangkat kepalanya ke permukaan untuk mengambil oksigen.

  • Seluruh bulu dan rambut di tubuh nenek moyang paus ikut menghilang dan ekor yang horizontal menjadi menempel di tulang belakang.
  • Tulang panggul nenek moyang paus perlahan menghilang dari tulang belakang untuk membuatnya lebih efisien dalam hal berenang.
  • Otot-otot kaki belakang bagian atas menjadi ekor yang kuat, yang memungkinkan beberapa paus berenang dengan kecepatan lebih dari 35 mil per jam.

Ada Paus yang Tanpa Gigi Lho!Ada-Paus-yang-Tanpa-Gigi-Lho

Ikan paus dibagi menjadi dua dua subordo, yaitu paus bergigi yang secara ilmiah disebut Odontoceti, dan paus balin alias tanpa gigi yang dikenal dengan Mysticeti.

Odontoceti punya sederet gigi tajam dan besar di mulutnya yang digunakan untuk menahan, merobet, dan menghancurkan mangsanya sebelum akhirnya ditelan dan masuk ke dalam perut.

Sedangkan Mysticeti punya ratusan plat balin yang tumpang tindih tumbuh ke bawah dari atap mulut yang berfungsi untuk menyaring makanan. Panjang dan jumlah plat balin di dalam mulut paus menunjukkan jenis makanan yang disukai si paus.

Secara umum, semakin besar mangsanya, semakin pendek dan semakin sedikit plat balinnya. Paus tanpa gigi ini akan membuka mulutnya dengan lebar dan menyedot air laut agar plankton, copepoda, udang, dan ikan-ikan kecil masuk ke mulutnya.

Jadi khusus si paus tanpa gigi ini seringkali berenang dengan mulut setengah terbuka untuk menjebak para mangsa. Total makhluk laut kecil yang masuk ke mulut paus ini bisa sekitar 2 ton sehari lho. Wah, setara sama setengah dari berat gajah nih.

Tapi, paus tanpa gigi ini punya masalah. Seperti yang dijelaskan di awal tadi, paus adalah mamalia, jadi sama seperti manusia, paus nggak bisa nih minum air laut.

Padahal, laut rata-rata mengandung 3,5% garam terlarut dan saat mamalia seperti anjing, kucing, manusia, atau paus meminum air laut, maka garam tersebut menarik uap air dari jaringan tubuh dan menyebabkan dehidrasi. Minum terlalu banyak air laut bisa berakibat fatal bagi mamalia apa pun bahkan paus.

Jadi, gimana bisa ikan paus tanpa gigi ini menangkap seluruh kumpulan mangsa kecilnya tanpa meminum banyak air laut dalam prosesnya? Struktur mekanisme makan di dalam mulut paus tanpa gigi ini memang salah satu yang paling aneh di alam. Kurang lebih proses makannya adalah seperti ini:

  • Paus tanpa gigi akan menyelam di bawah permukaan air dan mencari mangsa.
  • Saat gerombolan ikan atau makhluk kecil lainnya ditemukan, paus akan membuka mulutnya yang besar dan menyedot ratusan galon air laut serta mangsa kecilnya secara bersamaan.
  • Paus kemudian akan menutup mulutnya, lalu mengencangkan otot tenggorokan dan memaksa lidahnya naik ke langit-langit mulut untuk memeras air keluar melalui plat balin.
  • Air laut akan mengalir keluar melalui celah sempit di antara plat balin dengan sangat mudah tapi para mangsa akan tetap terperangkap di dalam mulutnya.
  • Setelahnya, paus hanya perlu mendorong dan menelan mangsa tanpa perlu khawatir minum air asin dalam jumlah berlebihan.
Baca Juga:  Ikan Cupang Terbesar

Paus Bergigi TerbesarPaus-Bergigi-Terbesar

Penasaran nggak sih, paus mana yang kira-kira punya gigi paling besar? Jawabannya adalah Sperm Whale alias paus sperma, yang juga disebut Odontocetes.

Besar giginya nggak main-main lho, total panjang dari satu set gigi besarnya bisa sampai lebih dari 18 meter untuk si jantan, dan lebih dari 12 meter pada betina.

Wah, lebih panjang nih jalur bowling sepuluh pin, dan total beratnya bisa mencapai 57 ton atau 57.000 kg. Total gigi dari paus sperma sekitar 40 – 52 gigi berbentuk kerucut dengan masing-masing panjangnya 4 – 8 inch dengan berat mencapai 1 kg per gigi.


Paus dengan Gigi Sepanjang 3 MeterPaus-dengan-Gigi-Sepanjang-3-Meter

Kalau ada nominasi untuk kategori ikan paus dengan gigi terpanjang, dijamin deh, si Narwhal akan memenangkannya. Paus Narwhal menumbuhkan satu gigi taring yang mencuat lurus di depan mulut dan bisa tumbuh sampai 3 meter panjangnya.

Bukan cuma panjang, bentuk giginya juga meruncing tajam di bagian ujung. Pokoknya tampilannya mirip banget deh kayak tombak.

Taring super panjang ini adalah ciri khas dari Narwhal jantan, kurang lebih kayak tanduk rusa jantan atau surai singa jantan. Tapi ironisnya, di dalam mulut Narwhal jantan ini nggak ada lagi gigi yang lainnya, jadi cuma satu tadi.


Paus yang Memiliki Otak TerbesarPaus-yang-Memiliki-Otak-Terbesar

Otak terbesar di Bumi ternyata dimiliki oleh paus sperma. Volume otak makhluk ini sekitar 8000 cm³, yang lima kali lipat lebih besar dari volume otak manusia yang hanya 1300 cm³.

Jika ditimbang, berat otak paus sperma ini bisa mencapai 9 kg, yang kira-kira enam kali lebih berat dari otak manusia. Nah, nggak heran deh kalau paus sperma ini punya ukuran kepala yang juga super besar, bahkan bisa mencapai sepertiga dari panjang tubuh mereka secara keseluruhan.

Tapi, sebagian besar ruang di dalam kepala paus sperma nggak diisi oleh otak besar ini, tapi malah oleh rongga besar berisi minyak halus kekuningan yang disebut spermaceti.

Minyak ini bisa digunakan untuk bahan bakar lampu minyak, bahan membuat lilin, krim, dan juga salep. Karena itu, banyak orang yang sengaja memburu paus sperma untuk dibunuh dan diambil minyaknya.


Paus Biru adalah Hewan Terbesar di BumiPaus-Biru-adalah-Hewan-Terbesar-di-Bumi

Paus biru Antartika atau secara ilmiah bernama Balaenoptera musculus ssp. Intermedia adalah hewan terbesar yang pernah ada di planet ini. Mamalia ini benar-benar raksasa yang mungkin banyak orang sulit percaya dengan sejumlah fakta tentangnya.

Paus ini menjadi spesies migran terbesar di kerajaan hewan, ditemukan di semua lautan di dunia, melakukan perjalanan ribuan mil setiap tahun, berkembang biak di daerah tropis saat musim dingin, dan berenang ke garis lintang lebih ekstrim untuk mencari makan di musim panas. Inilah sederet fakta lainnya:

  • Bobot paus biru mencapai 400.000 pon atau sekitar 33 gajah Afrika dewasa, dan panjangnya lebih dari 29 meter. Bahkan, dinosaurus aja katanya nggak sebesar ini lho.
  • Bukan cuma terbesar, paus ini juga menjadi hewan dengan suara paling keras di Bumi, yang konon lebih keras dari suara mesin jet. Erangan dan bahkan denyut nadinya aja konon bisa terdengar sejauh 1.000 mil atau sekitar 1.600 kilometer.
  • Selama musim makan, paus biru akan mengkonsumsi sekitar 7936 pon krustasea kecil yang disebut krill dalam satu hari.
  • Bobot lidah ikan paus ini sekitar 4 ton, dan tentu saja menjadi lidah terberat dari semua hewan yang pernah ada.
  • Meskipun tidak lebih tua dari pohon paling tua di planet ini, tapi paus biru adalah salah satu hewan dengan usia paling panjang di Bumi. Usia paling panjang dari paus biru tertua yang pernah diteliti para ahli adalah 100 tahun, meskipun diprediksi umur rata-ratanya sekitar 80-90 tahun.
  • Tubuh besar paus ini tentunya membutuhkan banyak oksigen, nggak heran kalau hewan ini juga punya paru-paru terbesar dengan kapasitas 5.000 liter.
  • Jantung terbesar juga dimiliki oleh paus biru. Ukurannya setara mobil dan beratnya sekitar 400 pon (180 kg). Tapi, jantung raksasa ini menjadi detak jantung paling lambat di dunia, karena hanya berdetak dua kali per menit saat si paus menyelam untuk mencari mangsa.
  • Bagian ekor paus ini hampir setara bus tingkat, karena lebarnya sekitar 7,6 meter.
  • Anak paus biru adalah bayi terbesar di Bumi, yang saat baru lahir ukurannya sudah lebih besar dari manusia dewasa. Beratnya mencapai 8.800 pon (4.000 kg) dan panjang sekitar 8 meter. Tingkat pertumbuhan bayi ini juga sepertinya menjadi salah satu yang paling cepat di dunia hewan.
  • Meski serba besar, tapi paus ini punya otak yang kecil, hanya sekitar 6 kg yang termasuk nggak sinkron sama bobotnya.
Baca Juga:  Bagian Bagian Ikan Beserta Penjelasan Fungsinya

Paus biru adalah raksasa Antartika sejati yang terancam punah dan perkembangbiakannya sangat lambat. Perburuan paus intensif di awal abad ke-20 menghancurkan populasi paus biru dunia.

Tapi untungnya, sejak ikan paus ditetapkan sebagai spesies yang dilindungi pada tahun 1966, jumlahnya mulai meningkat lagi. Secara keseluruhan, panjang paus biru setara dengan Boeing 737, tapi dengan berat 4 kali lipat Boeing 737 (atau sekitar 3.333 manusia).


Paus Pecahkan Rekor Sebagai Hewan Migrasi TerjauhPaus-Pecahkan-Rekor-Sebagai-Hewan-Migrasi-Terjauh

Migrasi adalah istilah untuk menyebut perpindahan musiman hewan dari satu tempat ke tempat lain. Banyak spesies paus bermigrasi dari tempat asalnya untuk mencari makan dengan melakukan perjalanan jarak jauh yang mungkin mencapai ribuan mil.

Beberapa ikan paus bermigrasi dari daerah darat dan lepas pantai, beberapa yang lain bergerak secara latitudinal (utara-selatan), dan ada juga yang melakukan keduanya.

Spesies paus yang lebih dari 8 jenis punya dan pola pergerakan migrasi sendiri-sendiri. Tapi secara umum, paus berenang ke perairan khatulistiwa yang hangat saat musim dingin, dan akan kembali ke daerah kutub saat musim panas.

Dengan kata lain, paus akan mencari makanan di lautan yang lebih dingin saat musim panas, dan saat nafsu makan sudah menurun, paus akan kembali ke lautan hangat untuk bereproduksi dan melahirkan. Migrasi terjauh dipegang oleh dua paus berikut:


  • Paus Abu-Abu

Memiliki nama ilmuah schrichtius robustus, paus ini pernah melakukan perjalanan pulang pergi sekitar 10.000 – 12.000 mil antara tempat berkembang biaknya di California ke tempat ia mencari makan di Laut Bering (Alaska) dan Chukchi (Rusia).

Pada tahun 2015, tercatat bahwa ada seekor paus abu-abu yang melakukan perjalanan pulang pergi dari Rusia ke Meksiko dengan total jarak 13.988 mil dalam 172 hari.


  • Paus Bungkuk

Nama latin hewan ini adalah Megaptera novaeangliae, yang bisa menempuh jarak lebih 9.800 kilometer dari daerah penangkaran di Brasil ke Madagaskar. Fakta ini ditemukan oleh seorang ahli biologi bernama Peter Stevick dari College of the Atlantic di Bar Harbor, Maine, dan rekan-rekannya.

Planet ini diselimuti oleh makhluk-makhluk yang menakjubkan dan mempesona, salah satunya adalah ikan paus. Secara garis besar, paus itu unik sekaligus misterius. Nggak heran kalau banyak orang menganggap paus itu istimewa, karena di saat yang sama menimbulkan rasa heran, penasaran, dan seolah tak percaya.