Ikan Pari Listrik

Fakta unik seputar Ikan pari listrik yang harus Anda tahu : Pari listrik merupakan salah satu ikan yang bisa mengeluarkan aliran listrik mematikan. Biasanya ikan ini tinggal di dasar lautan sehingga jarang ditemukan di permukaan laut. Icon yang satu ini ternyata bisa menghasilkan listrik hingga 650 volt.

Ikan Pari Listrik

Dimana listrik ini dikeluarkan ketika pari listrik mulai terancam keselamatannya. Atau juga bisa digunakan untuk berburu ikan untuk makanan. Ada banyak fakta unik yang harus diketahui dari ikan berbentuk panjang ini. Semakin kenal dengan pari listrik, mungkin Anda semakin tahu seperti apa spesies ini. berikut fakta-fakta uniknya.


Fakta Unik Seputar Ikan Pari Listrik Yang Perlu Anda Tahu Sekarang juga

  1. Pari listrik ada kesamaan dengan ikan lele

Meskipun bentuknya pari, tapi nyatanya ikan pari listrik ini memiliki kemiripan dan bahkan berkerabat dengan lele dibanding ikan pari pada umumnya. Jadi pari listrik akan berada di perairan dangkal dan muncul ke permukaan setiap 10 menit untuk bernafas. Pari listrik tubuhnya bisa mencapai 250 cm dengan bobot hingga 20 kg.

Ikan ini berbentuk silinder dengan warna biru, ungu, abu-abu ataupun hitam. Dengan bentuknya tersebut, tidak heran jika hewan ini cukup kurang bagus untuk berenang di lautan. Dilihat dari lambannya saat berkeliaran di dasar laut. Hewan ini termasuk penyendiri dan jarang sekali berkelompok dengan spesiesnya.

Baca Juga:  Ikan Cue Adalah

  1. Punya sel yang dapat menghasilkan listrik

Namanya saja juga ikan pari listrik, tentu saja ada sel khusus yang digunakan untuk menghasilkan listrik ini. Bayangkan saja, setidaknya ada 80% organ tubuh pari listrik  yang bisa menghasilkan aliran listrik untuk perlindungan dirinya. Jadi belut listrik memakai aliran tadi untuk berlindung dari predator.

Pari listrik sendiri mempunyai 6 ribu sel yang dapat menghasilkan listrik. Hewan ini dapat menghasilkan aliran listrik hingga 600 volt. Atau bisa dikatakan lima kali lebih kuat dibanding kekuatan listrik yang ada di stop kontak standar. Jadi sangat berbahaya sekali jika Anda sampai tersengat hewan ini.


  1. Listrik ini bisa digunakan untuk melumpuhkan kuda dan menyalakan beberapa lampu

Ikan pari listrik ternyata memiliki kekuatan listrik yang sangat mencolok dibanding hewan lain yang juga memiliki kemampuan yang sama. Tidak heran karena ikan ini bisa melumpuhkan kuda dengan kejutan listrik yang ia hasilkan. Bahkan tidak sedikit manusia yang tewas karena tersengat listrik dari pari ini.

Menariknya, pari listrik yang sudah berusia dewasa ternyata juga bisa menyalakan 12 lampu pijar dengan listrik yang ia hasilkan. Tentu kekuatan listrik yang bukan main. Jadi tidak heran Anda harus menghindarinya jika bertemu di lautan. Ini sudah dibuktikan oleh banyak penelitian dari Amerika Serikat.


  1. Usia pari listrik cukup panjang

Pari listrik adalah salah satu ikan yang memiliki penglihatan paling buruk dibanding jenis ikan lain di lautan. Bukan berarti pari listrik bisa disepelekan begitu saja. Sebagai gantinya mereka bisa mengeluarkan listrik level rendah yang membantu ikan pari listrik untuk merasakan lingkungan serta mendeteksi musuh yang mengincarnya.

Pari listrik jantan akan mengeluarkan air liur untuk membuat sarang. Betina dapat mengeluarkan telur hingga 17 ribu butir. Kedua indukan ini akan menjaga keturunan sampai umur remaja. Ikan ini bahkan bisa hidup selama 15 tahun lamanya. Jadi bisa dikatakan cukup panjang dibanding umur ikan lainnya di lautan.

Baca Juga:  Cara Membedakan Cupang Hias dan Cupang Aduan

  1. Habitat pari listrik di arus tenang

Pari listrik banyak ditemukan di lautan lepas. Habitat favorit ikan pari listrik adalah di perairan yang memiliki arus tenang dan tidak bisik. Selain itu, pari listrik juga sangat suka dengan kondisi air yang agak keruh. Tidak heran jika ikan pari listrik akan bersembunyi di dasar lautan untuk memangsa mangsanya. Caranya dengan melakukan kamuflase sebagai batuan atau karang.

Itu  fakta menarik seputar ikan pari listrik yang bisa dibahas di artikel ikan.co.id. Hewan ini termasuk salah satu hewan berbahaya yang harus dihindari. Mengingat aliran listriknya sangat mematikan dan bisa membunuh manusia dengan sangat mudah.