Ikan Mola – Mola

Diposting pada

Ikan.Co.IdIkan Mola – Mola : Ikan Mola – Mola atau disebut juga Sunfish atau Ikan Matahari merupakan ikan yang sangat unik.

Tidak hanya dinobatkan hewan terbanyak yang terdapat dilautan, tampilan badan ikan tersebut pula mirip semacam batu, sebab mempunyai tekstur kulit agresif bercorak abu – abu, dan memiliki bentuk badan yang bundar.

Dibanding ikan pada biasanya, fauna bernama latin Millstone ini pula tapak sedikit berbeda. Dia hampir tidak memiliki sirip ekor, sirip mereka malah berasa di punggung serta pula perutnya.

Akibat wujud siripnya yang jamak, pergerakan ikan tersebut jadi sangat lelet. Susah untuk mereka melawan arus ombak, sehingga ikan mola kerap kali terdampar diarea bibir tepi laut.

Sayangnya, perihal tersebut jugalah yang membuat populasi fauna ini terus menjadi menyusut masing – masing tahunnya. Ikan Mola berstatus rentan, apalagi mulai terancam keberadaannya di alam liar.

Ikan Mola – Mola

harga ikan mola

  • Ciri Ikan Mola – Mola

Bobot rata – rata ikan mola – mola dapat menggapai 1 ton. Panjang badan berkisar 2,8 m – 3,3 m, dengan panjang sirip antara 2,5 m – 4,2 m.

Mereka tidak mempunyai sirip ekor, tetapi dilengkapi dengan calvus.

Calvus merupakan sirip menyambung yang ada di bagian atas hingga ke bagian dasar perut ikan.

Organ ini tercipta akibat besarnya dimensi sirip punggung serta pula perut dasar mola – mola. Bila kita ukur dari tiap ujungnya, panjang calvus dapat menggapai 3,2 m.

Walaupun berupa bundar, badan sunfish tidak menggembung melainkan nampak pipih ataupun tipis. Kulit ikan mola berusia bercorak abu – abu kecokelatan.

Pada sebagian spesies kulit ikan tersebut pula nampak putih keperakan dengan corak serta pola bintik yang berbeda – beda.

Keunikan lain binatang ini merupakan tampilan kulitnya yang tidak bersisik. Semacam bunglon, mereka dapat memainkan gradasi warna kulitnya didalam laut dikala terancam.

Biasanya, ikan mola hendak berganti warna kulitnya jadi lebih hitam untuk menjauhi musuh di laut dalam. Predator utama ikan tersebut merupakan sekumpulan hiu serta ikan besar yang lain.

  • Habitat Sunfish

Bagi ahli, millstone merupakan spesies ikan penunggu perairan tropis serta pula subtropis.

Mereka banyak hidup disekitar kedalaman 30 m- 500 m di dasar permukaan laut.

Spesial spesies mola – mola, mereka umumnya menghabiskan waktu berenang di permukaan air sampai ke dalam 400 m.

Walau demikian, ikan matahari ini pula dapat menyelam hingga kedalaman 400 m – 600 m.

Salah satu spesies Millstone yang hidup di Nusa Penida mempunyai rentang temperatur berkisar 10 – 27,5 Celcius.

Mereka menggemari habitat di atas 250 m ataupun bersebelahan dengan susunan permukaan yang hangat.

  • Penyebaran Ikan Mola

Peta persebaran ikan mola sesungguhnya lumayan luas. Mereka bisa kita temukan disekitar perairan Samudera Atlantik, Samudera Pasifik, Samudera Hindia Hingga Laut Mediterania.

Di Tanah Air, ikan ini lebih dahulu dapat hidup di nyaris segala daerah. Walaupun begitu, dikala ini populasinya cuma dapat kita temukan di dekat perairan Kepulauan Nusa Penida, Bali saja.

  • Makanan Ikan Matahari

Ikan Matahari mempertahankan hidupnya dengan memangsa ubur – ubur. Spesies hewan laut tanpa tulang balik ini merupakan makanan kesukaan untuk segala keluarga ikan matahari.

Kendati demikian, mereka susah membedakan antara sampah laut serta ubur – ubur. Sehingga, kerap kali spesies ikan mola ditemui mati akibat tersedak serta terisap sampah laut.

Fakta Unik Ikan Mola – Mola

Tidak hanya wujud serta tampilannya, terdapat kenyataan menarik lain yang pantas kita tahu terpaut ikan mola – mola. Biar lebih tahu dengan ikan mola – mola, berikut kami rangkum buat kamu.

daging ikan mola

  • Gemar Berjemur

Sehabis menyelam di bagian laut yang sangat dalam serta hitam buat mencari mangsa.

Ikan mola – mola umumnya menghabiskan separuh hari buat sangai di bibir tepi laut dekat permukaan air.

Kerutinan ini mereka jalani buat menghangatkan badan serta memperlancar pencernaannya.

Walaupun hidup dilaut dalam, nyatanya ikan matahari tidak kokoh dengan temperatur yang sangat dingin.

  • Sunfish Terbesar yang Pernah Ditemukan

Bobot Sunfish yang penah ditemui dikala itu memcapai 2, 5 ton. Dengan kata lain, berat badannya sebanding dengan mobil berjenis SUV.

  • Memiliki Banyak Anak

Bersumber pada Warta Iktiologi tyang diterbitkan oleh Warga Iktiologi Indoneisa, dalam sekali reproduksi ikan mola – mola sanggup menciptakan telur sebanyak 300 juta butir.

Dikala menetas dimensi larva ikan tersebut terhitung sangat kecil, ialah berkisar 2 mm saja. Tampilan larva nya juga lumayan unik.

Mereka nampak semacam ikan buntal dengan duri – duri serta mempunyai ekor.

  • Dapat Melarikan Diri Dengan Cepat

fakta unik ikan mola mola

Pada dikala kesusahan ataupun bahaya serta buat menjauhi pemangsa, ikan mola – mola sanggup mendesak dirinya dengan kilat.

Mereka bisa mendesak badan mereka begitu kilat, sehingga mereka melompat keluar dari air!

Sunfish ataupun Ikan Matahari bisa dilihat di perairan Crystal Bay di Nusa Penida pada kedalaman dekat 40 m.

Mereka sangat kerap nampak kala temperatur air permukaan turun, ialah dekat Juni serta dini November.

Penyelam kami memberi tahu kalau penampakan sangat tidak berubah – ubah terjalin dekat bulan Juli serta Agustus.

Bila Kamu mau peluang buat melihat Ikan Mola – Mola beraksi, kami sarankan Kamu menjadwalkan penyelaman di Mola – Mola Season dengan pemandu selam pakar kami di Blue Season Bali.

Kamu pula bisa memesan Mola – Mola Dive spesial kami, di mana Kamu hendak dipimpin oleh regu penyelam kami yang berpengalaman spesial buat memandang Ikan Mola – Mola.

Demikian pembahasan kita kali ini tentang Ikan Mola – Mola, semoga bermanfaat jangan lupa di share sobat Ikan.Co.Id