Ikan Lele Dumbo

Ikan Lele Dumbo : Mungkin anda sudah sering mendengar Memelihara ikan lele dumbo di kolam beton Atau di kolam tanah tapi pernahkah anda mendengar Memelihara lele dumbo dikolam terpal? ya pemeliharaan Ikan lele dumbo dikolam terpal adalah sebuah inivasi baru pembudidayaanikan dan ini juga bisa dilakukan untuk membudidayakan ikan lele dumbo.

Teknik-Pemeliharaan-Ikan-Lele-Dumbo-Di-Kolam-Terpal


Teknik Pemeliharaan Ikan Lele Dumbo Di Kolam Terpal

Pertama Kali Kolam terpal diisi dengan air yang tidak terlalu Dalam terlebih dahulu untuk lele dumbo dengan ukuran 5-7 Cm bisa diisi dengan air 40 cm agar ikan tidak capek naik Dan turun dasar kolam untuk mengambil oksigen, seiring Dengan bertambahnya usia dan ukuran kedalaman air ditambah.

Perlu disediakan pula rumpin atau semacam untuk perlindungan Lele. Karna lele termasuk hewan yang suka bersembunyi di daerah Yang tertutup Dalam pemeliharaan ikan lele dumbo, pemberian pakan dilakukan dengan pemberian pelet sehari dua kali Tapi lebih bagusnya lebih dari dua kali, Tetapi dalam jumlah yang lebih sedikit.

Jika dilingkungan tersedia pakan alami seperti bekicot, kerang , keong mas dan lainnya, bisa diberikan makanan alami tersebut. Dengan memberikan makanan alami bisa menghemat biaya dan makanan alami juga mengandung protein yang tinggi sehingga mempercepat pertumbuhan lele dumbo.

Selain itu ada teknologi yang bisa digunakan untuk mempercepat pertumbahan lele dumbo MeskI Ikan lele dumbo  tahan terhadap kondisi air yang buruk ada baiknya perlu diganti air sekitar 10-30%, setiap minggu agar kolam tidak kotor dan berbau pengakit pada ikan lele mudah menyerang pada air yang kotor.

Baca Juga:  Ikan Cupang Terbesar

Pada usia satu bulan atau jika diperlukan perlu dilakukan seleksi dan pemisahan lele yang memiliki ukuran yang berbeda. Biasanya lele mengalami pertumbuhan yang tidak sama sehingga jika tidak dipisahkan lele dengan ukuran kecil akan kalah bersaing dalam berebut makanan selain itu pisahkan jika ada ikan yang terinfikasi terserang penyakit agar tidak menular.


Peluang Usaha Budi Daya Lele Dimbo Untuk Tujuan Pembibitan

Tahap pemeliharaan ikan lele dumbo yang satu ini yaitu pemijahan dan penetasan telur lele dumbo, setelah menetas bisa Dijual ke peternak lain untuk dibesarkan atau dipelihara lagi sampai besar. Karena bibit lele dumbo baru menetas sudah bisa dijual, sehingga merupakan peluang usaha bagi yang memilih menekuni bidang ini.

Jika lahan yang tersedia sempit ini bisa menjadi alternatif, modal untuk usaha ini hanya tempat dan indukan lele dumbo. Bibit lele dumbo baru menetas biasanya dihargai berdasarkan perkiraan jumlah anakan lele dumbo yang ditentukan berdasarkan bobot induk dan jumlah induk lele dumbo.

Penyediaan bibit ukuran 2-3 cm, dalam kurun waktu satu bulan Setelah menetas bibit lele dumbo telah mencapai ukuran 2-3 cm dan siap untuk dijual kepasaran. Benih lele dari menetas hingga ukuran ini idealnya ditempatkan pada kolam lumpur atau sawah, sehingga memerlukan lahan yang relatif luas.

Meski di kolam terpal tetap bisa dilakukan tetapi tidak bisa dalam jumlah yang besar, meski demikian peluang usaha tetap terbuka. Pembesaran lele dumbo pada kolam atau bak  terpal pada ukuran ini memerlukan makanan tambahan berupa pelet buatan pabrik.

Penyediaan bibit ukuran 5-7 cm, pada ukuran bibit 5-7 cm benih Lele dumbo siap dijual sebagai bibit yang mendatangkan peluang Usaha, biasanya bibit ini biasa dijadikan sebagai usaha pemeliharaan Ikan lele dumbo oleh peternak.

Baca Juga:  Ayam Bangkok

Pemeliharaan Lele Dumbo Untuk Konsumsi

Lele dumbo untuk kebutuhan konsumsi biasanya dipelihara mulai Dari ukuran 5-7 cm atau lebih besar, untuk hasil panen cepat bisa dilakukan dalam waktu dua bulan dengan pemberian makanan yang ekstra dan optimal. Peluang usaha budi daya lele dumbo untuk konsumsi ini relatif lebih mudah karena ukuran lele yang besar, lebih tahan terhadap penyakit, dan tingkat hidup lebih tinggi.

Untuk mendapatkan ukuran lele dumbo yang lebih besar diperlukan waktu memerlukan waktu tiga sampai empat bulan Nah itu dia tehnik pemeliharaan ikan lele dumbo dengan Menggunakan media kolam terpal yang tidak memakan banyak Biaya dan tehniknya pun mudah.


Akhir Kata

Demikianlah ulasan dari ikan.co.id mengenai Teknik Pemeliharaan Ikan Lele Dumbo Di Kolam Terpal, semoga bisa dapat bermanfaat untuk anda.