Ikan Guppy

Diposting pada

Ikan Guppy : Akhir- akhir ini banyak sekali warga Indonesia yang mulai memelihara ikan hias.

Ikan hias yang dipelihara umumnya diletakkan di akuarium yang disesuaikan dengan dimensi ikan serta jumlah ikan.

Pada biasanya, ikan- ikan yang dipelihara merupakan ikan- ikan hias yang berasal dari air tawar.

Ikan- ikan tersebut sangat sesuai buat dijadikan hewan peliharaan sebab bisa menghiasi ruangan.

Ikan- ikan hias air tawar yang diseleksi buat dijadikan selaku hewan peliharaan ukurannya mulai dari yang kecil sampai besar.

Tidak hanya itu, ikan- ikan hias air tawar yang dijadikan selaku hewan peliharaan terdapat yang pemakan daging serta terdapat yang pemakan santapan ikan, rumput, serta lain- lain.

Banyaknya warga yang mulai menggemari ikan hias, hingga tidak salah bila memelihara ikan hias air tawar dijadikan selaku hobi baru yang sesuai buat mengisi waktu luang.

Mereka yang mempunyai hobi ini hendak berupaya buat memperoleh ikan- ikan hias air tawar yang baginya bagus buat dijadikan selaku hewan peliharaan.

Tetapi, terkadang terdapat sebagian orang yang masih bimbang buat memastikan ikan hias air tawar yang hendak dijadikan selaku air tawar.

Bila kalian bimbang, hingga kalian dapat memelihara ikan hias yang berdimensi kecil yang sangat lucu.

Terlebih lagi, bila dipelihara dalam jumlah yang lumayan banyak, akuariumnya hendak nampak lebih indah.

Ikan hias air tawar dengan dimensi kecil yang sesuai dijadikan selaku hewan peliharaan, salah satunya merupakan ikan guppy.

Walaupun, ikan guppy berdimensi kecil, nyatanya telah banyak sekali warga Indonesia yang mulai memelihara ikan hias ini.

Ikan guppy ini dapat dipelihara di akuarium yang besar ataupun akuarium dengan dimensi kecil. Apalagi, tidak sedikit orang yang memelihara ikan guppy ini di kolam ikan.

Hendak namun, untuk mereka yang memelihara ikan guppy di kolam umumnya hendak dibudidaya buat dijual kembali.

Ikan hias guppy ini dalam perawatan dapat dibilang susah- susah mudah, sehingga untuk yang mau memeliharanya dibutuhkan atensi ekstra.

Dengan atensi ekstra itu, ikan hias guppy yang kalian rawat serta pelihara hendak bertahan hidup lebih lama.

Ikan Guppy

cara merawat ikan guppy agar cepat besar

Ikan guppy terkategori ikan yang sangat gampang buat reproduksi, sehingga keberadaannya dapat dibilang lumayan banyak.

Pada awal masuk ke Indonesia, ikan hias guppy ini dibawa dari sebagian negeri.

Hingga dari itu, bisa dikatakan kalau ikan hias guppy bukan ikan asli Indonesia, namun telah banyak dikembangbiakan oleh banyak orang Indonesia.

Ikan hias guppy yang gampang reproduksi ini mempunyai nama lain ialah ikan seribu sebab populasinya yang lumayan banyak.

Pada awal masuk ke Indonesia, ikan hias guppy dijadikan selaku pembasmi nyamuk, sebab dia dapat memakan jentik- jentik nyamuk yang terletak di genangan air, semacam pada bak mandi, pada ember yang berisikan air, ataupun pada kolam ikan itu sendiri.

Nyatanya, ikan guppy ini terdapat yang dapat jadi hama serta terdapat pula yang dapat jadi hiasangan di akuarium ataupun kolam ikan.

Oleh karena itu, bila kalian mau memelihara ikan hias ini, hendaknya jangan hingga memilah ikan guppy yang dapat dijadikan selaku hewan peliharaan. Kalian dapat membedakan ikan hias guppy dari warna sisiknya.

Apabila ikan guppy yang mempunyai warna hitam, kumal, serta tidak menarik, berarti ikan guppy tersebut tercantum ikan guppy yang dapat jadi hama.

Sebaliknya ikan guppy yang dapat dijadikan selaku ikan hias sekalian hewan peliharaan merupakan ikan guppy yang mempunyai motif yang unik serta wujud badan yang unik pula.

Untuk kalian yang mau memelihara ikan guppy, hendaknya memrhatikan sebagian perihal yang berarti supaya ikan hias guppy bisa bertahan hidup lebih lama.

Nah, buat menjaga ikan hias guppy, kalian dapat menyimak ulasan berikutnya.

Cara Merawat Ikan Guppy

Dalam menjaga serta memelihara ikan guppy sangat diperlukan kesabaran sekalian ketelitian sebab ikan hias ini tercantum ikan yang mudah mati.

Di bawah ini hendak dibahas tentang metode menjaga ikan hias guppy.

cara merawat ikan guppy tanpa aerator

  • Tempat Pemeliharaan

Sama dengan memelihara hewan pada biasanya, pemilihan tempat tinggal ikan hias guppy wajib cocok dengan jumlah ikan yang hendak dipelihara dan wujud akuariumnya hendaknya cocok dengan yang kalian suka.

Alangkah baiknya, memilah akuarium yang berdimensi lagi ataupun tidak sangat besar serta tidak sangat kecil.

Perihal ini disebabkan supaya ikan guppy bisa berenang dengan leluasa serta memperoleh ruang buat bernapas.

  • Pemberian Pakan

Dalam melindungi keadaan badannya supaya senantiasa dalam kondisi sehat serta tidak gampang sakit, hendaknya ikan guppy diberikan santapan secara teratur serta santapan yang bergizi.

Dengan pemberian santapan secara teratur serta santapan bergizi ini, perkembangan ikan guppy hendak terus menjadi kilat serta motif pada siripnya hendak nampak indah.

Hendak namun, kalian tidak boleh membagikan santapan kepada ikan guppy secara kelewatan sebab dapat merendahkan staminanya serta sangat resiko terhadap kematian yang secara seketika.

Santapan yang bisa diberikan ke ikan guppy, semacam cacing beku, jentik nyamuk, serta lain- lain.

  • Mutu Air

Sehabis memilah tipe akuarium serta pemberian makan secara teratur, saat ini kalian butuh memerhatikan keadaan air yang terdapat di dalam akuarium.

Perihal ini bisa mempengaruhi keadaan kesehatan dari ikan guppy itu sendiri, hendaknya buatlah keadaan air akuarium semirip bisa jadi dengan habitat aslinya.

Idealnya, temperatur akuarium yang diperlukan ikan guppy berkisar 24 – 28 derajat celcius. Sedangkan itu, pH dari air di akuarium dekat 7,0 – 7,2 pH.

Lebih baik lagi, bila kalian membagikan filter serta aerator supaya oksigen bisa berjalan dengan baik serta menghindari terdapatnya kuman yang masuk.

  • Hiasan Akuarium

Bukan cuma keadaan air saja yang butuh dicermati kala memelihara serta menjaga ikan hias guppy, kalian pula butuh memerhatikan atmosfer dari akuarium itu sendiri.

Bila kalian membuat atmosfer keadaan akuarium seragam dengan habitat aslinya, hingga ikan hias bisa bertahan hidup lebih lama, begitu juga kebalikannya.

Jadi, kalian dapat membagikan pernak- pernik akuarium, semacam tumbuhan hidup, bebatuan, serta lain- lain.

  • Hindarkan Dari Ikan Hias Pemangsa

Bila kalian telah memelihara serta menjaga ikan guppy, hendaknya jangan satukan ikan guppy dengan ikan hias air tawar yang lain paling utama ikan hias air tawar predator, semacam arwana, oscar serta lain- lain.

Bila menyatukan ikan guppy dengan ikan hias air tawar predator, hingga mungkin besar ikan guppy hendak jadi santapannya.

Bila kalian mau mencampurkan ikan guppy dengan ikan hias yang lain dalam satu akuarium, kalian dapat memakai ikan neon tetra, ikan moli, serta lain- lain.

Penyebab Ikan Hias Guppy Mudah Mati

Supaya dalam perawatan ikan guppy bisa berjalan dengan optimal, hingga kalian butuh mengenali sebagian perihal yang bisa menimbulkan ikan hias guppy gampang mati.

habitat ikan guppy

  • Perhatikan Temperatur Air

Ikan guppy ini tercantum tipe ikan yang tidak gampang menyesuaikan diri dengan area barunya, sehingga kala dipindah ke area baru, dia hendak tidak sanggup bertahan hidup dengan optimal.

Sesungguhnya terdapat banyak sekali yang tercantum ke dalam “area baru” ikan guppy, namun dari sekian banyak perihal “area baru” temperatur jadi perihal yang berarti buat dicermati.

Temperatur yang sempurna buat akuarium ikan guppy berkisar 22 – 27 derajat celcius. Apabila temperatur di dasar 22 derajat ataupun lebih dingin, hingga keadaan ikan guppy dapat hadapi keterlambatan.

Sebaliknya, temperatur yang sangat panas hendak menimbulkan ikan guppy mempunyai tenaga yang berlebih, sehingga bisa melemahkan imunitas badan ikan guppy.

  • Akuarium

Semacam yang kita ketahui kalau umumnya ikan guppy yang dijadikan selaku hewan peliharaan berasal dari toko – toko ikan hias.

Dengan kata lain, ikan guppy yang dibeli berasal dari akuarium ataupun kolam ikan yang tidak begitu besar.

Tidak hanya itu, kala telah memperoleh ikan guppy yang mau dipelihara, hendaknya kalian lekas memilah akuarium yang telah didaur ulang.

Dengan memilah ikan guppy yang telah didaur ulang, hingga ikan guppy bisa bertahan hidup lebih lama.

Sedangkan itu, bila kalian meletakkan ikan guppy di dalam akuarium yang tidak didaur ulang, mungkin besar ikan hias ini tidak sanggup bertahan hidup lebih lama.

Akuarium yang telah di daur ulang hendak sanggup melenyapkan bioload ataupun banyaknya makhluk hidup yang terdapat di dalam akuarium.

Kebalikannya, akuarium yang tidak didaur ulang, mungkin besar ikan guppy tidak hendak bertahan lama.

  • Perhatikan Kapasitas Tempat

Semacam yang kita ketahui kalau umumnya ikan guppy yang dijadikan selaku hewan peliharaan berasal dari toko – toko ikan hias.

Dengan kata lain, ikan guppy yang dibeli berasal dari akuarium ataupun kolam ikan yang tidak begitu besar.

Tidak hanya itu, kala telah memperoleh ikan guppy yang mau dipelihara, hendaknya kalian lekas memilah akuarium yang telah didaur ulang.

Dengan memilah ikan guppy yang telah didaur ulang, hingga ikan guppy bisa bertahan hidup lebih lama.

Sedangkan itu, bila kalian meletakkan ikan guppy di dalam akuarium yang tidak didaur ulang, mungkin besar ikan hias ini tidak sanggup bertahan hidup lebih lama.

Akuarium yang telah di daur ulang hendak sanggup melenyapkan bioload ataupun banyaknya makhluk hidup yang terdapat di dalam akuarium.

Kebalikannya, akuarium yang tidak didaur ulang, mungkin besar ikan guppy tidak hendak bertahan lama.

  • Pemberian Pakan

Dalam pertumbuhannya, memanglah benar bila ikan guppy sangat memerlukan konsumsi gizi yang lumayan banyak.

Tetapi, terkadang untuk pemelihara ikan guppy yang baru, umumnya hendak membagikan santapan secara kelewatan dengan tujuan supaya bisa berkembang serta tumbuh lebih kilat. Nyatanya membagikan santapan kepada ikan guppy tidak boleh sangat banyak.

Kenapa tidak boleh sangat banyak? Sebab dapat mengusik kesehatan ikan guppy, sehingga ikan guppy sangat gampang hadapi penyakit ataupun dapat mati secara seketika.

Tidak hanya itu, santapan yang kelewatan bisa menyisakan santapan. Sisa santapan yang terdapat di dalam akuarium ikan guppy hendak mencemari air akuarium saja.

Hingga dari itu, dalam pemberian santapan terhadap ikan guppy, hendaknya diberikan secara teratur serta dalam jatah yang cocok.

  • Keracunan Amonia & Bahan Kimia

Pemicu ikan guppy gampang mati selanjutnya merupakan keracunan amonia. Amonia merupakan gas yang mempunyai bau yang sangat menusuk serta gampang larut di dalam air. Tidak hanya itu,

didalamnya tercantum nitrogen serta hidrogen. Apabila zat amonia ini terletak di dalam akuarium ikan guppy, hingga hendak berakibat kurang baik terhadap ikan guppy.

Bila kalian memandang ikan guppy yang kalian pelihara hadapi mati secara seketika, hendaknya lekas kalian cek filter airnya apakah masih berperan dengan baik ataupun tidak.

Sebab dapat menimbulkan amonia. Tidak hanya itu air akuarium yang tidak ditukar secara teratur dapat menimbulkan amonia pula.

Kemudian bahan kimia, bahan kimia untuk hewan peliharaan sangat beresiko.

Oleh sebab itu, kala kalian memelihara serta menjaga ikan guppy, hendaknya jangan membiarkan bahan kimia masuk ke dalam akuarium ikan guppy.

Apabila terdapat bahan kimia yang masuk ke akuarium, hingga ikan guppy yang lagi dipelihara hendak kondisinya dapat jadi kurang sehat, apalagi bisa menghadapi kematian.

Bila, terdapat bahan kimia yang telah masuk ke dalam akuarium ikan guppy, hendaknya bahan kimia tersebut lekas diambil serta air di dalam akuarium lekas ditukar ataupun dibersihkan.

Lebih baik lagi, di dalam akuarium kalian bagikan penjernih air supaya air isi klorin serta kloramin bisa lenyap dari air.

Kesimpulan

Dalam pertumbuhan ikan hias di Indonesia paling utama ikan hias air tawar terus menjadi banyak orang yang mulai memeliharanya.

Apalagi, terdapat pula yang mulai membudidayakan ikan hias air tawar buat dijadikan suatu usaha.

Ikan guppy jadi salah satu dari sekian banyaknya ikan hias air tawar yang dipelihara oleh warga Indonesia.

Walaupun ikan ini terkategori tipe ikan yang berdimensi kecil, namun keelokan dari ikan ini tidak butuh diragukan lagi.

Namun, dalam perawatannya, kalian perlu atensi ekstra sebab ikan guppy ini sangat gampang mati.

Demikian pembahasan kita kali ini tentang Ikan Guppy, semoga bermanfaat jangan lupa di share sobat Ikan.Co.Id