Ikan Cupang Terbesar

Ikan Cupang Terbesar Yang Cantik Dan Menarik – Ikan cupang merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang memiliki anek ragam warna yang menarik dan mencolok. Ukuran ikan ini relatif kecil jika dibandingkan ikan hias lainnya. Namun, ukuran tubuh kecilnya tidak dapat diremehkan. Ikan ini merupakan jenis ikan yang agresif untuk mempertahankan wilayahnya sehingga apabila telah dewasa dan ditempatkan dalam satu wadah, maka ikan ini ditakutkan akan bertarung antara satu dengan yang lain.

Ikan-Cupang-Terbesar-Yang-Cantik-Dan-Menarik-Bisa-Dipelihara

Ikan cupang atau Betta tersebar di beberapa negara ASEAN, seperti indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam, dan Brunai Darussalam. Salah satu jenis ikan dari Indonesia adalah jenis Betta Chonnoides yang biasa ditemukan di Pampang Kalimantan Timur. Bagi penggemarnya di Indonesia ikan cupang dibagi menjadi tiga golongan, yaitu ikan cupang hias, ikan cupang aduang, dan ikan cupang liar.

Harga dari ikan cupang sendiri sangan beragam. Dari berbagai jenis ikan cupang yang ada, terdapat satu jenis ikan cupang terbesar. Ikan cupang tersebut adalah Giant Betta atau cupang raksasa. Ketika mencapai usia dewasa ikan cupang jantan jenis tersebut dapat mencapai ukuran sekitar 12 cm, jauh lebih besar jika dibandingkan jenis cupang lain seperti King Betta yang hanya dapat mencapai 5 sampai 6 cm saja.


Ikan Cupang Terbesar

Sejarah Penemuan Giant Betta

Ikan Giant Betta berbula dari pemilik Dimond Fish Farm bernama Mr. Athapon dan anaknya Mr. Natee. Pada tahun 1999, untuk pertama kalinya mereka memiliki ikan cupang dengan ukuran 10 cm dari akuarium budidaya. Dari situlah mereka mengembangkan budidaya ikan tersebut dengan melakukan kawin silang hingga menghasilkan ikan cupang dengan ukuran dan bentuk seperti yang diinginkan.

Baca Juga:  Siklus Hidup Ikan

Ikan cupang terbesar Giant Betta mulai dijual untuk pertama kalinya pada tahun 2001 dan pada tahun 2002 ikan Giant Betta dikirim untuk mengikuti International Betta Competion (IBC) di Amerika Serikat.


Harga

harga yang ditawarkan dari ikan cupang jenis Giant Betta cenderung lebih mahal dari jenis ikan cupang lainnya. Untuk anakandari jenis tersebut dapat dibeli pada kisaran harga Rp 50.000. ikan jenis ini memiliki harga yang cukup mahal apabila telah memasuki kontes ikan cupang. Ikan cupang dari Mr. Athapon yang diperlombakan pada Internasional Betta Competation ditawar pada harga  $US 1000 atau bekisar pada harga Rp 10.000.000,- pada krus rupiah saat itu.


Budidaya

Untuk menemukan ikan cupang jenis Giant Betta saat ini cenderung mudah untuk ditemukan. Ikan Cupang Terbesar Giant Betta membutuhkan waktu 8 sampai 9 bulan untuk mencapai ukuran 3 inchi atau 7,3 cm. Namun, sekarang untuk ukuran 3 inchi dapat dibudidaya dengan waktu yang lebih cepat. Yaitu sekitar 5 bulan.

Ikan cupang merupakan jenis ikan yang kuat bertahan hidup dalam waktu yang lama jika dibandingkan dengan jenis ikan hias lain. Bahkan ikan cupang dapat tetap hidup meski ditempatkan pada wadah dengan volume air yang sedikit dan tanpa adanya alat bantu sirkulasi udara seperti aerator. Inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa ikan cupang memiliki banyak penggemar dan banyak dibudidayakan.


Tips Memelihara ikan Cupang Giant Betta

Cara merawai jenis ikan cupang terbesar ini hanya sedikit berbeda jika dibandingkan dengan merawat ikan cupang jenis lain. Perbedaan tersebut terdapat pada ukuran wadah yang digunakan harus lebih besar dari wadah ukuran ikan cupang pada umumnya agar ikan cupang Giant Betta dapat bergerak secara leluasa dan dapat tumbuh dengan baik. Selain itu, porsi pemberian makan ikan cupang jenis Giant Betta dengan intensitas yang disarankan sebanyak tiga kali sehari.

Baca Juga:  Budidaya Ikan Hias Air Laut

Gelembung udara (aerator) disarankan untuk ditambahkan pada wadahnya dengan tujuan agar ikan cupang tetap aktif dan agresif. Karena pada umumnya di usia 3,5 bulan ikan jenis Giant Betta mulai malas untuk bergerak dikarenakan ukuran tubuhnya yang besar.

Kecantikan yang dimiliki oleh ikan cupang terbesar yang brjenis Giant Betta memanglah sangat indah dan menarik untuk dipandang. Namun, perlu di garis bawahi jika anda berminat untuk memelihara ikan tersebut anda harus bertanggng jawab untuk merawat ikan tersebut. Jangan sampai ikan cupang tersebut terbengkalai atau jarang dirawat. Meskipun itu hanya sejenis ikan, namun ikan tersebut juga merupakan makhluk hidup yang harus dirawat dengan baik.


Akhir Kata

Demikianlah ulasan dari ikan.co.id mengenai Ikan Cupang Terbesar Yang Cantik Dan MenarikSemoga bisa bermanfaat untuk anda.