Ikan Badut Air Tawar

Jenis Ikan Badut Air TawarPernahkah Anda menonton film animasi Finding Nemo? Jika pernah, tentu Anda sudah tidak asing lagi dengan nama Nemo. Tokoh nemo pada film animasi tersebut banyak digemari masyarakat terutama anak-anak karena karakternya yang menarik.Nemo pada film tersebut merupakan ikan badut (clown fish) yang mempunyai nama lainikan giru.

Ikan Badut Air Tawar

Tidak hanya di film animasi, dalam dunia nyata ikan badut yang rupawan dengan warna warni yang mencolok ini mempunyai penggemar yang banyak.Hal itu tidak terlepas dari keunikan yang dimilikinya.Buktinya banyak masyarakat yang ingin memelihara ikan badut di akuarium.Padahal habitat asli ikan badut yang sebenarnya adalah di laut.Namun karena banyak masyarakat yang ingin memelihara ikan badut, mereka mencoba membudidayakan ikan badut di air tawar.Sekarang, ikan badut air tawar menjadi solusi bagi penggemar ikan badut.Ikan badut memiliki berbagai jenis. Simak penjelasannya berikut ini!


Ikan Badut Air Tawar

  1. Ikan Badut Merah Marun (Premnas Biaculeatus)

Sesuai dengan namanya, ikan badut air tawar ini berwarna merah marun dengan kombinasi garis warna putih. Kombinasi warna yang dimiliki ikan badut ini memiliki nilai estetika yang menjadi  daya tarik bagi siapa saja yang ingin memeliharanya. Ikan badut merah marun habitat aslinya di perairan Indo-Pasifik. Ikan badut merah di habitat aslinya mengonsumsi zooplankton dan ganggang. Setelah ikan badut merah marun ini dibudidayakan di air tawar, Anda dapat menggunakan pelet sebagai makanannya.

Baca Juga:  Siklus Hidup Ikan

  1. Ikan Badut TruePercula Clownfish (Amphiprion percula)

Ikan badut satu ini mempunyai sifat yang ramah, kuat, atraktif, dan berumur panjang. Ikan badut True Percula Clownfish termasuk ikan badut yang mudah pemeliharaannya. Ikan badut ini dipelihara dalam akuarium yang bervolume sekitar 37 liter yang dilengkapi dengan anemon. Pada habitat aslinya, anemon dan ikan badut ini akan hidup berdampingan. Hubungan keduanya saling menguntungkan atau disebut simbiosis mutualisme. Ikan badut melindungi anemon dari ancaman predator, seperti alga. Alga menjadi makanan ikan badut.Anemon menjadi tempat tinggal ikan badut dan melindungi telur-telur ikan badut dari pemangsanya.


  1. Ikan Badut False Percula Clownfish (Amphiprion ocellaris)

Ikan badut air tawar selanjutnya adalah ikan badut False Percula Clownfish. Ikan badut jenis ini mempunyai kemiripan dengan ikan badut True Percula Clownfish. Oleh karenanya ikan badut ini diberi nama False Percula Clownfish. Nama false yang berarti palsu pada ikan badut ini bermakna bahwa warna oranye yang dimilikinya lebih gelap dibandingkan dengan ikan badut asli (True Percula Clownfish). Setelah ikan bertelur, ikan akan melindungi telur dengan meletakkan telur-telurnya di dasar anemon. Setelah telur menetas, ikan badut jantan dan betina sulit dibedakan. Setelah dewasa, ikan badut jantan dan betina dapat dibedakan.


  1. Ikan Badut Bicinctus Clown(Amphiprion bicinctus)

Ikan badut yang telah dipaparkan sebelumnya selalu berdampingan dengan anemon. Keduanya berinteraksi satu sama lain dan saling menguntungkan (simbiosis mutualisme). Namun untuk ikan badut jenis Bicinctus Clown tidak hidup berdampingan dengan anemon. Setelah telur ikan menetas, ikan badut jenis ini sama halnya dengan ikan badut lainnya yang tidak bisa dibedakan ikan badut jantan dan betina. Ikan badut hidup secara berkelompok. Ikan badut yang terbesar menjadi betina. Apabila ikan badut betina mati, ikan badut jantan tebesar akan berubah menjadi betina.Ikan badut ini berwarna kuning dengan garis putih pada belakang kepala dan tengah tubuhnya.

Baca Juga:  Cara Budidaya Ikan Palmas

  1. Ikan Badut Gold Stripe Maroon (Premnas Biaculeatus)

Berbeda dengan ikan badut sebelumnya yang didominasi warna oranye, marun dengan kombinasi garis putih. Ikan badut jenis ini mempunyai warna tubuh merah marun dengan kombinasi garis berwarna kuning atau emas. Garis tersebut mulai terlihat ketika sudah beranjak dewasa.Ikan badut jenis ini juga berdampingan dengan anemon.Namun sifatnya lebih agresif dibandingkan dengan ikan badut lainnya. Ia akan menyerang apa pun yang mendekati anemon. Apabila ingin memelihara ikan badut tawar ini, Anda perlu menyiapkan akuarium berukuran besar dan menyediakan batu hidup sebagai tempat persembunyiannya.

Memiliki ikan badut, sekarang bukan hanya mimpi belaka karena ikan badut ini dapat dibudidayakan di air tawar. Apabila Anda ingin memelihara ikan badut air tawar, sebaiknya pelajari terlebih dahulu karakteristik dan cara pemeliharaannya. Hal ini bertujuan supaya ikan badut Anda terawat dengan baik.


Akhir Kata

Demikianlah ulasan dari ikan.co.id mengenai Ikan Badut Air Tawar, semoga bisa bermanfaat untuk anda.