Fakta Unik Ikan Hiu Goblin

Diposting pada

Ikan.Co.IdFakta Unik Ikan Hiu Goblin : Bila berdialog soal hewan predator di laut, tentu kita teringat dengan hiu.

Kemampuannya dalam memburu mangsa serta wujud seramnya sanggup buatnya dijuluki king of the ocean, ataupun raja lautan.

Sebagian tipe hiu yang ada di dunia ini merupakan hiu paus, hiu martil, hiu pasir, hiu makarel, serta masih banyak lagi.

Nah, salah satu spesies hiu makarel yang sukses mencuri atensi yakni hiu Goblin, hiu unik bermoncong panjang yang tidak beresiko untuk manusia!

Dia juga mempunyai keahlian mengetahui mangsa dengan listrik. Ikan hiu goblin awal kali ditemui di lepas tepi laut timur Jepang serta dideskripsikan pada tahun 1898.

Dengan moncongnya yang sangat panjang serta warna kulitnya yang merah, hiu tersebut diberi nama tenguzame, yang mengacu pada monster mitos Jepang.

Ada pula warna merah muda pada badan hiu goblin diakibatkan oleh pembuluh darah yang bersinar lewat kulitnya yang tembus sinar.

Fakta Unik Ikan Hiu Goblin

ikan hiu goblin

  • Ukuran Ikan Hiu Goblin

Diawal lahir, panjang hiu goblin dekat 80 cm sampai 100 cm . Dikala berusia, jantannya berdimensi 260 cm sampai 380 cm.

Semacam mayoritas spesies hiu, betina hiu goblin mempunyai badan lebih besar, ialah lebih dari 420 cm. Apalagi, sebagian spesies berdimensi 620 cm pula sudah ditemui.

  • Makanan Hiu Goblin

Dengan giginya yang kecil serta ramping berdimensi kurang dari 1 cm, hiu goblin bisa jadi memakan ikan kecil bertubuh lunak serta invertebrata.

Dalam sebagian tahun terakhir, rekaman video sangat jarang sudah menampilkan betapa luar umumnya rahang hiu goblin, walaupun wujudnya tidak biasa.

Hiu goblin memakai elektroreseptor yang diucap ampula Lorenzini di hidungnya yang panjang buat mengetahui medan listrik mangsanya.

Setelah itu, kala mangsa ditemui, hiu goblin memakai energi apung natural yang dibuat oleh organ hatinya yang besar serta kaya hendak minyak buat mengapung tanpa suara ke arah mangsanya.

Dikala mangsanya dalam jangkauan, sejoli rahang yang panjang serta berisi gigi semacam kuku menerjang keluar dari wajah hiu goblin.

Kala rahangnya ditarik, hiu goblin nampak jauh lebih tidak biasa, serta lebih mirip spesies hiu laut dalam yang lain.

“Dikala spesimen hiu goblin awal kali ditangkap serta direkam, rahang mereka terletak dalam posisi menonjol. Novel bacaan lama menggambarkan hewan dengan metode ini,” kata pakar hayati kelautan, Tom Hird.

“Dalam 10 tahun terakhir ini, para ilmuwan yang menekuni spesimen hidup di laut dalam dengan memakai kapal selam sudah menolong kami memastikan dengan pas gimana rahang mendesak ke depan dikala hiu itu makan.”

  • Cara Memangsa Hiu Goblin

hiu goblin

Bagian rahang atas dalam mulut hiu Goblin berisikan 35 – 53 gigi, sebaliknya bagian rahang dasar diisi oleh 31 – 62 buah gigi.

Gigi bagian depan memanglah tajam serta panjang, namun gigi bagian balik bertekstur rata serta lebih kecil yang berperan buat menghaluskan santapan.

Keahlian hiu Goblin dalam memangsa hewan – hewan air di sekitarnya pula dipengaruhi oleh moncong panjang yang dimilikinya.

Moncong yang ada di badan hiu Goblin nyatanya mempunyai banyak pori-pori yang diucap ampullae of Lorenzini. Bukan pori-pori biasa, ampullae of Lorenzini sanggup mengetahui listrik.

Hiu Goblin juga memakainya dengan mengetahui mangsa yang mendekat dengan medan listrik.

Umumnya, spesies hiu ini memangsa ikan, udang, cumi – cumi, serta gurita.

  • Spesies Hiu Goblin

Hiu goblin tercantum dalam keluarga Mitsukurinidae, yang berisi satu spesies hidup, ialah cuma hiu goblin.

Terdapat anggota keluarga lain yang telah punah serta ada dalam catatan fosil yang berusia dekat 125 juta tahun.

Lebih dahulu, beberapa spesimen hiu goblin diklasifikasikan selaku spesies yang berbeda. Perihal ini diakibatkan oleh posisi rahang yang berbeda sehingga memunculkan kebimbangan.

Hiu ini diketahui dengan wujud moncongnya yang panjang serta pipih. Kepalanya yang panjang serta rahang yang sangat menonjol pula jadi karakteristik khas hiu Goblin.

Hewan ini mempunyai warna merah muda, yang timbul dari pembuluh darah yang terlihat dari luar, serta kombinasi abu – abu.

Tersebar luas secara global, spesies ini sangat banyak ada di samudra Atlantik serta Indo – Pasifik.

Laut yang mempunyai spesies hiu Goblin paling banyak terletak di negeri Jepang serta Taiwan.

Hiu ini bisa hidup sampai kedalaman 1300 m di dasar permukaan laut.

  • Berbagai Nama Hiu goblin

suara hiu goblin

Hewan yang mempunyai nama spesies Mitsukurina Owstoni ini nyatanya mempunyai julukan yang berbeda – beda di sebagian negeri.

Hewan ini dijuluki Requin Lutin di Prancis, Mitsukurizame di Jepang, Squalo Goblin di Italia, sampai Squalo Folletto di negeri kita, Indonesia!

Namun, nama Hiu Goblin alias Goblin Shark yang berasal dari Inggris ialah yang sangat terkenal.

  • Dijuluki Hiu Alien

Hiu yang tergabung dalam Ordo Lamniformes (Hiu Makarel) ini menemukan julukan selaku hiu Alien sebab wujud uniknya. Tidak cuma moncong, namun bentuk badannya juga unik.

Biasanya, Hiu Makarel mempunyai badan yang berupa semacam torpedo, otot-otot kokoh, dan sirip serta ekor yang kaku nan keras.

Bertekstur lunak, badan Hiu Goblin rata – rata mempunyai panjang 1,6 m, serta rekor hiu Goblin yang terpanjang sempat menggapai 3,8 m.

  • Konservasi Ikan Hiu Goblin

hiu goblin terbesar di dunia

Meski terkesan mengerikan, nyatanya hiu ini bukan ialah ancaman untuk manusia, lho! Tidak sering sekali ada permasalahan manusia yang dibunuh oleh hiu Goblin.

Bila hiu ini tertangkap juga, umumnya itu ialah suatu ketidaksengajaan dikala manusia berupaya menangkap hewan lain.

Hiu goblin tidak dikira sangat jarang, tetapi mereka pula tidak sering ditemui sehingga susah buat menarik kesimpulan menimpa jumlah populasi hiu goblin.

Demikian pembahasan kita kali ini tentang Fakta Unik Ikan Hiu Goblin, semoga bermanfaat jangan lupa di share sobat Ikan.Co.Id