Fakta Unik Blobfish

Diposting pada

Ikan.Co.Id – Fakta Unik Blobfish : Blobfish yang sepanjang ini jadi ikan yang banyak dibicarakan di internet sebab wujudnya yang nampak semacam bengkak, lebar serta malas, sesungguhnya lumayan baru dalam dunia sains, tulis Ian Taylor buat majalah BBC Science Focus.

Tidak hanya dijadikan meme serta mainan, ikan ini pula dijadikan emoji. Tetapi tidak banyak yang dikenal tentang hewan ini.

Semacam apa habitatnya, apa yang dimakan, sampai gimana anakannya. Sebutan blobfish sendiri sesungguhnya digunakan buat menggambarkan bermacam spesies dalam spesies ikan Psychrolutidae.

Tetapi untuk banyak orang, blobfish merupakan spesies spesial (Psychrolutes microporos), dengan spesimen awal ditemui oleh kapal periset di lepas tepi laut Selandia Baru pada 1983.

Baru satu dekade setelah itu ikan ini diidentifikasi secara formal.

Namun senantiasa saja masih banyak yang belum dikenal tentang makhluk laut ini, meski ditemui ilustrasi seragam dalam jaring ikan yang digunakan periset.

Ikan yang nampak bengkak serta licin semacam teliti ini dinobatkan selaku hewan terjelek di dunia dalam telaah komentar yang diadakan Ugly Animal Preservation Society, kelompok pelestari yang menyebut ikan ini butuh dilindungi.

Fakta Unik Blobfish

Saat sebelum banyak digunakan selaku meme di internet, banyak ilmuwan yang sangat penasaran dengan spesies ini.

blobfish underwater

Dalam keluarga spesies Psychrolutidae, ikan ini kerap pula diucap kepala gendut sebab wujudnya.

Tetapi wujud yang kerap dinaikan di internet ini, sesungguhnya tidak demikian aslinya.

Spesies blobfish bisa ditemui di kantung-kantung terdalam laut di kedalaman antara 600 – 1.200 m.

Di bawah laut semacam ini, tekanan dapat lebih dari 100 kali dari permukaan serta ikan ini dapat menyesuaikan diri.

Badan ikan ini sangat licin dengan tulang lunak serta sangat sedikit otot. Apabila terjaring serta dinaikan ke permukaan, dekompresi bisa membuat ikan ini melebar serta kulitnya melentur.

Di darat ataupun dikala dinaikan ke kapal, jaringan gelatin ikan ini tidak sanggup menopang badan sehingga jadi semacam tidak berupa lagi.

“Foto yang banyak dikenal orang lumayan seram sebab ialah gambar ikan yang mati,” kata Simon Watt, ahli hayati yang membentuk Ugly Animal Preservation Society.

“Di laut, ikan ini memanglah tidak sangat indah tetapi wujudnya pula bukan semacam sangat terjepit (semacam yang nampak di potret- potret yang terdapat),” kata Watt.

Di kedalaman laut, blobfish nampak semacam ikan biasa. Ikan ini berkepala bundar, mata gelap serta insang berbulu. Badan ikan ini bewarna merah muda keabuan, lancip ekornya semacam kecebong.

Dimensi blobfish umumnya kurang dari 30 cm, dengan berat di dasar 2 kg.

  • Mengintip Blobfish Berenang

Semacam halnya ikan di kedalaman laut, blobfish tidak mempunyai swim bladder ataupun gelembung renang, organ yang menolong ikan mendekati permukaan buat mengendalikan keahlian mengapung.

Apabila blobfish berupaya naik, tekanan kokoh hendak menghancurkan ikan tipe ini. Badan berlemak blobflish mempunyai peranan tertentu.

“Apabila Kamu bayangkan gimana minyak mengapung di air, perumpamaannya semacam itu. Dengan badan besar lemak, ikan ini malah lebih ringan,” kata Watt.

Umumnya ikan blobfish terletak di bawah laut serta senantiasa diam serta cuma sedikit memakai tenaga.

“Hemat tenaga,” kata Watt.” Jadi malas merupakan strategi buat bertahan. Serta mempunyai lemak besar buat senantiasa jadi malas merupakan strategi buat bertahan.”

  • Makanan Mr. Blobby

harga ikan blobfish

Dengan gerakan yang sangat sedikit serta malas, blobfish diperkirakan memangsa apapun yang lewat.

Dengan keahlian mengapung semacam itu, ikan ini memangsa apapun yang terbawa arus air, termasuk keong laut, krustasea ataupun apapun yang dapat dimakan.

Strategi menunggu santapan yang lewat ini sangat biasa buat mahkluk laut dalam.

  • Habitat Blobfish

Keluarga Psychrolutidae lumayan banyak tersebar di Samudra Atlantik, Pasifik serta Hindia.

Tetapi sebagian spesies blobfish, tercantum yang diucap Mr Blobby, cuma ditemui di sedikit tempat.

Spesies Psychrolutes microporos dan spesies terdekat Psychrolutes marcidus tinggal di perairan di seputar antara Australia serta Selandia Baru, dengan kedalaman lebih dari 500 m.

  • Anak Blobfish

Banyak potret- potret palsu di online, tetapi tidak jelas semacam apa sesungguhnya wujud anak blobfish.

Tidak banyak yang dikenal terpaut sikap blobfish sebab memanglah susah buat mengamati hewan yang tinggal di kedalaman serta kegelapan laut.

Beberapa ahli hayati laut berkata dengan gerakan yang sangat sedikit, mungkin besar ikan ini tumbuh biak dengan cuma silih merangkul.

Beberapa spesies Psychrolutidae sempat diamati mengerami ribuan telur, terkadang di karang yang terletak tidak jauh dari tempat ikan ini biasa terletak.

Beberapa laporan menampilkan ikan betina yang memiliki umumnya berkumpul bersama, mungkin buat silih melindungi.

  • Teka – teki Dunia Sains

Walaupun telah banyak dieksploitasi di dunia sains apalagi di dunia hiburan, blobfish masih merupakan teka – teki.

Alasannya ilmuwan masih belum banyak mengenali soal fauna yang bertekstur seperti jelly tersebut.

Ilmuwan juga pula tidak ketahui berapa lama blobfish hidup serta pula gimana metode blobfish bereproduksi.

Jadi walaupun sudah jadi sensasi internet, apalagi telah tingkatkan pemahaman warga hendak terpinggirkannya hewan eksotis, blobfish sendiri masih jadi teka- teki di golongan ilmuwan.

Upaya Konservasi Mr. Blobby

Tidak jelas apakah blobfish tercantum jenis hewan yang terancam sebab hewan in itinggal di bawah laut, sehingga sangat sedikit yang dikenal.

hewan terjelek di dunia

Jadi sepanjang ini tidak jelas berapa ekor blobfish yang terdapat serta apakah terdapat mahkluk laut yang memangsa tipe ikan ini.

Pula tidak dikenal apakah ikan ini tersendat dengan pergantian keasaman laut serta dapat bertahan hidup berapa lama.

“Tidak dikenal apakah ikan ini terancam, tetapi kenyataannya nyaris seluruh ikan terancam punah,” kata Watt.

“Sangat susah buat membenarkan teritori satu tipe ikan. Tetapi kita ketahui, terdapat resiko kapal pukat yang beroperasi di laut dalam,” tambahnya.

Apabila Psychrolutes microporos cuma bisa ditemui di seputar Australia serta Selandia Baru, hingga jumlah ikan ini tidak banyak.

Di kawasan ini pula cuma sedikit jumlah kapal pukat. Susah dikenal, seberapa kurang baik akibat populasi ikan ini apabila juga cuma terdapat satu yang tersangkut di jaring ikan, kata Watt.

“Kita ketahui kalau apapun yang hidup di laut dalam umumnya hidup lama. Jadi contohnya ikan orange roughy – ikan yang kerap kita amati dihidangkan di segala Eropa – ukurannya sekitar 30 cm apabila berusia dewasa.

Itu berarti, apabila satu mati, hingga dibutuhkan 30 tahun kemudian saat sebelum populasi ikan ini pulih.”

Meski belum diketahui apakah blobfish terancam punah, upaya Watt serta timnya melaksanakan telaah komentar, serta menetapkan blobfish selaku ikan terjelek di dunia, lumayan efisien dalam mengangkut pemahaman terpaut spesies ikan ini.

Dalam web Watt disebutkan antara lain kalau invertebrata ataupun fauna yang tidak mempunyai tulang punggung, terdiri dari 79% hewan secara totalitas tetapi cuma 11% yang masuk dalam literatur konservasi.

Serta hewan- hewan yang kurang baik umumnya tidak masuk dalam jenis yang diteliti terlebih dilindungi.

Bisa jadi tidak begitu pas buat menggambarkan blobfish selaku hewan kurang baik, tetapi paling tidak langkah ini efisien dalam upaya konservasi Watt serta timnya.

“Konservasi merupakan upaya yang sangat suram serta kami butuh upaya yang unik buat membicarakan pelestarian,” kata Watt.

“Orang – orang yang membicarakan pelestarian panda kerap dinaikan, tetapi mereka yang mempelajari ataupun mempunyai foto blobfish selaku hewan yang mereka kagumi, tidak sempat diungkit,” tutupnya.

Demikian pembahasan kita kali ini tentang Fakta Unik Blobfish, semoga bermanfaat jangan lupa di share sobat Ikan.Co.Id