Fakta Ikan Sturgeon

Diposting pada

Ikan.Co.IdFakta Ikan Sturgeon Kaviar : Ikan Sturgeon ialah penghasil telur ikan termahal di dunia yang diketahui dengan nama kaviar.

Ikan Sturgeon adalah spesies ikan tertua serta tersebesar di Great Lakes New York, Amerika Utara.

Ikan Sturgeon sendiri merupakan nama universal dari 26 spesies famili Acipenseridae, Genus Acipenser, Huso, Scaphirhynchus, Pseudoscaphirhynchus.

Fakta Ikan Sturgeon

fakta ikan sturgeon

Berikut ini 7 Fakta Ikan Sturgeon, Ikan penghasil telur termahal di dunia:

  • Anatomi

Ikan Sturgeon mempunyai badan yang ramping dengan deretan lempengan tulang di sisinya semacam torpedo lapis baja.

Ikan ini mempunyai warna abu – abu kehijauan serta moncong memanjang semacam skop serta 2 organ antena semacam kumis yang menjuntai di badan mereka.

  • Kematangan Sexual yang Lama

Ikan Sturgeon ini mempunyai usia yang panjang, pada pejantan bisa hidup sepanjang 55 tahun sebaliknya betina bisa hidup 150 tahun.

Perkembangan berusia mereka sangat lama, serta cuma bertelur kala usia 15 hingga 25 tahun, biasanya mereka hendak bertelur 4 tahun sekali, sebanyak 2 sampai 3 juta telur permusim.

  • Mirip Ikan Salmon

Terdapat sebagian spesies ikan sturgeon yang hidupnya semacam ikan salmon, ialah mencari makan di laut serta kembali ke sungai buat tumbuh biak.

Tetapi pada biasanya ikan sturgeon cuma hidup di air tawar ialah sungai maupun danau.

  • Sturgeon Terbesar

ikan sturgeon indonesia

Ikan sturgeon terbanyak sempat ditemui di Sungai Volga, Russia, pada tahun 1824 dengan berat 1, 5 ton serta panjang 7, 2 m.

  • Habitat Asli Ikan Sturgeon

Kelompok ikan sturgeon hidup di Eurasia serta Amerika Utara, mereka merupakan benda ekspor terbanyak kepunyaan Russia dengan harga fantastis.

Disebabkan telur ikan ini mempunyai harga yang sangat mahal.

  • Populasi Terancam Punah

Kaviar yang banyak dicari orang membuat penangkapan ikan sturgeon semacam tambang emas.

Yang membuat regerenasi mereka tidak berjalan lancar yang hendak menyebabkan kepunahan.

  • Budidaya

Disebabkan populasinya yang makin menyusut, ikan sturgeon banyak dibudidaya oleh negara – negara di dunia.

Budidaya ikan sturgeon dicoba demi melindungi populasi di alam liar supaya tidak hadapi kepunahan.

Dan buat penuhi kemauan pasar yang besar akan telur ikan sturgeon ataupun biasa diucap dengan kaviar.

Fakta Unik Kaviar – Kalian sempat memandang sajian santapan dengan hiasan butiran bercorak orange ataupun gelap di atasnya? Nah, seperti itu kaviar.

Kaviar ialah telur ikan yang diperoleh dari tipe ikan betina sturgeon. Dikala ini, kaviar masuk dalam jajaran santapan elegan yang lumayan susah buat ditemui.

Ukurannya memanglah cuma berbentuk butiran kecil. Sekilas pasti tidak nampak istimewa. Tetapi sebagian konglomerat serta selebritis dunia malah menggemarinya.

Kemewahan kaviar nyatanya tidaklah perihal baru. Jadi salah satu saksi peradaban manusia, berikut ini 7 fakta unik tentang kaviar.

Fakta Unik Kaviar

ikan sturgeon caviar

  • Salah Satu Makanan Tertua di Dunia

Jauh saat sebelum kaviar jadi sajian utama di perjamuan kerajaan – kerajaan dunia, santapan satu ini telah jadi incaran semenjak era Yunani kuno.

Perburuan terhadap kaviar sudah terdapat semenjak era nenek moyang sampai hari ini. Sehingga kaviar dinobatkan selaku makan tertua yang disandingkan bersama tiram.

  • Diperoleh Dari Laut Dalam

Keberadaan kaviar bukanlah gampang. Bersumber dari ikan sturgeon, umumnya kaviar baru dapat diperoleh sehabis menyelam ke laut dalam.

Pemburuan terhadap kaviar ini apalagi mengecam populasi ikan sturgeon. Tipe ikan dengan panjang 13 kaki masuk dalam jenis hewan langkah nyaris punah.

  • Rusia, Negeri Awal yang Mengenalkan Kemewahan Kaviar

Kaviar serta Rusia merupakan 2 perihal yang tidak terpisahkan. Apalagi, Rusia dinobatkan selaku negeri yang mempelopori popularitas kaviar.

Keberadaan kaviar selaku santapan yang sangat dihargai bermula dari ketertarikan para aristokrat pada masa Batu Khan (1205 – 1255).

Pemimpin Mongolia kala itu sudah memerintahkan perjamuan santapan dengan menu kaviar. Generasi dari Jenghis Khan ini sangat menghargai keberadaan telur ikan tersebut.

  • Disajikan Dalam Kondisi Fresh Tanpa Dimasak

Tektur kaviar terbilang unik, berbutir tetapi hendak lumer sehabis masuk ke mulut. Rasanya sendiri semacam telur ikan pada biasanya, sedikit amis, serta gurih.

Pantangan utama dari kaviar merupakan temperatur ekstrem sangat panas ataupun dingin.

Temperatur berlebih hendak mengganggu teksturnya. Makanya dalam tiap penyajian, kaviar hendak dibiarkan fresh tanpa dimasak.

  • Kaya Akan Nutrisi

Ngomongin soal nutrisi, kaviar memanglah santapan yang sangat pas. Takaran 10 gr ataupun satu sendok teh kaviar sanggup penuhi kebutuhan vit B – 12 orang berusia.

Belum lagi isi kalori, lemak, karbohidrat, protein, serat, serta natrium yang melimpah.

Santapan ini sangat baik buat pertumbuhan otak anak, energi tahan badan, serta antioksidan yang baik dalam melawan perkembangan tumor serta kanker.

  • Tidak Boleh Disajikan Dalam Wadah Logam

Tidak hanya elegan, santapan ini memanglah terbilang lumayan “rewel”. Yap, kaviar tidak boleh disajikan memakai wadah yang dibuat dari logam.

Karena, perihal itu hendak mengganggu rasa aslinya. Jadi umumnya, kaviar disajikan dengan wadah cermin serta kayu.

  • Harga yang Fantastis

Aspek utama yang membuat kaviar dijual dengan harga fantastis merupakan sulitnya proses mendapatkan telur ikan tersebut.

Karena, keberadaan kaviar tidak gampang diperoleh selama tahun. Terdapat waktu tertentu buat mendapatkannya, tergantung pada keadaan temperatur serta alam.

Berikutnya, yang buatnya terus menjadi mahal merupakan proses panen dari ovarium ikan sturgeon dan pengolahan terperinci.

Perihal ini diperuntukan buat melindungi mutu kaviar senantiasa fresh. Umumnya proses ini lewat waktu berbulan – bulan.

Dikutip dari Amazon, harga kaviar rata – rata Rp. 35 juta untuk per 250 gramnya.

Itu belum tercantum kaviar tipe terbaik, semacam beluga yang biayanya menggapai ratusan juta rupiah.

Sehabis menyimak fakta – fakta di atas, komsumsi kaviar sekali seumur hidup jadi resolusi kalian gak nih? Ataupun sehabis ini kalian bernazar membuka bisnis jual beli kaviar?

Demikian pembahasan kita kali ini tentang Fakta Unik Ikan Sturgeon Kaviar, semoga bermanfaat jangan lupa di share sobat Ikan.Co.Id