Ciri Ciri Ikan Cupang Siap Kawin

Ciri Ciri Ikan Cupang Siap Kawin : memilih indukan ikan cupang yang siap kawin adalah sesuatu hal yang sangat penting. Apalagi bagi anda yang ingin berbudidaya ikan cupang. Sama saja jika kalian ingin membudidayakan ikan cupang namun tidak mengetahui ikan cupang yang siap untuk dikawinkan. Jika 2 ikan cupang yang belum siap kawin dijadikan satu wadah alhasil bukan perkawinan yang terjadi. Kedua ikan tersebut akan beradu dan akan mengalami kerusakan.

Berikut-Adalah-Ciri-Ciri-Ikan-Cupang-Siap-Kawin

Ikan cupang terutama pada betina sudah akan siap kawin apabila masuk ke dalam fase gonad. Dalam fase gonad ini ikan cupang akan mengalami perubahan pada tubuh dan fisik ikan tersebut. Tentu perubahan fisik bagi ikan cupang betina dan ikan cupang jantan berbeda, meskipun memiliki kemiripan. Bagi anda pembudidaya ikan cupang anda harus mengetahui ciri yang ditunjukan oleh fisik ikan cupang yang siap kawin ini.


Ciri Ciri Ikan Cupang Siap Kawin

1. Usia

Ciri ciri  ikan cupang siap kawin yang pertama dan sangat mudah dideteksi adalah usia. Usia ikan cupang menentukan apakah ikan cupang tersebut siap untuk kawin atau tidak. Umumnya bagi ikan cupang jantan, usia ideal untuk perkawinan yaitu 4 hingga 8 bulan. jadi setelah ikan cupang berusia 4 bulan ikan tersebut sudah bisa dikawinkan dengan cupang betina. Sedangkan, cupang betina akan memasuki masa yang baik untuk kawin ketika menginjak usia 3 atau 4 bulan.

Perbedaan usia ikan cupang sangat terlihat, yaitu sekitar 4 bulan. Betina cupang akan memasuki fase kawin paling muda berusia 3 bulan dan paling tua ketika ikan berusia 4 bulan. setelah usia 4 bulan, cupang akan menurun tingkat kesuburannya. Berbeda dengan cupang jantan yang memasuki masa kawin ketika menginjak usia 4 bulan dan akan kehilangan masa baik untuk kawin di usia 8 bulan.

Baca Juga:  Ikan Hias

2.Gerakan

Gerakan juga merupakan salah satu ciri ciri ikan cupang yang mudah dikenali. Ketika menginjak masa subur untuk kawin, gerakan ikan cupang akan berubah. Ikan cupang jantan akan bergerak lebih agresif dan sangat lincah. Apalagi jika cupang tersebut disandingkan dengan cupang lain. Ia akan bergerak dengan lincah bahkan akan menabrak nabrak wadah. Sementara berbanding terbalik dengan gerakan ikan cupang jantan, cupang betina akan melambatkan geraknya.

Ketika memasuki masa kawin, ikan cupang betina akan memiliki gerak yang lambat dan tidak agresif sama sekali. Terkadang, ikan tersebut juga akan diam dan tidak bergerak seperti ikan yang mati. Ketika diberi makan pun beberapa ikan cupang betina juga tidak mau melahap makanan yang diberikan.


3.Bentuk Tubuh

Ciri ciri ikan cupang yang dapat anda jadikan indikator masa siap kawin yaitu bentuk ikan cupang sendiri. Jikan ikan cupang memasuki masa kawin, ikan cupang jantan akan terlihat memiliki bentuk yang panjang. Patinya lebih panjang dari biasanya. Ini dikarenakan perut cupang akan sedikit mengempis dan mengakibatkan badan cupang terlihat lebih panjang dari biasanya. Nah, jika badan cupang jantan terlihat panjang berbeda dengan cupang betina.

Cupang betina akan lebih terlihat bulat dikarenakan perutnya membuncit. Perut cupang betina akan sedikit membesar dari biasanya dan mengakibatkan cupang terlihat bulat. Perut ikan cupang betina membesar karena akan menyiapkan untuk tempat tempat telur jika nanti sudah kawin.


4.Warna

Ciri ciri ikan cupang siap kawin yang terakhir adalah warna ikan tersebut. Warna ikan cupang yang siap kawin akan berubah dari biasanya. Berubah disini bukan berarti berubah yang signifikan seperti dari warna hijau ke merah. Namun warna ikan cupang akan lebih nampang terang atau kusam. Untuk cupang jantan sirip akan berubah warna menjadi lebih terang dan menarik dari biasanya. Perubahan warna ini terjadi pada bagian siripnya.

Baca Juga:  Perbedaan Ikan Nila dan Mujair

Sementara untuk cupang betina warna akan terlihat lebih kusam pada bagian sirip. Tak hanya itu sirip ikan cupang betina terlihat lebih pendek. Sedangkan sirip ikan cupang jantan akan terlihat lebih panjang dari biasanya.

Nah, itulah beberapa ciri ciri ikan cupang yang bisa anda jadikan patokan untuk melihat kesiapan ikan cupang kawin. Jangan sampai ikan cupang anda dikawinkan ketika belum memasuki masa kawin. Ketika kedua cupang sudah menunjukkan ciri ciri di atas, itu tandanya cupang anda sudah siap dilakukan pemijahan.