Cara Mengawinkan Ikan Cupang

Cara Mengawinkan Ikan Cupang, Mudah Tapi Berhasil: Ikan cupang menjadi salah satu jenis ikan hias yang banyak dipelihara oleh masyarakat Indonesia. Selain warna yang cantik dan corak yang beragam, ikan ini juga mudah untuk dipelihara dan dibudidayakan. Belum lagi harga jual yang cukup tinggi sesuai ukuran dan warna yang ada pada ikan.

Cara-Mengawinkan-Ikan-Cupang-Mudah-Tapi-Berhasil-Dengan-Cepat

Tidak heran jika banyak yang merasa tertarik untuk memelihara ikan cupang. Saat usia dewasa, ikan cupang bisa dikawinkan dengan cara yang cukup mudah. Sebenarnya Anda bisa meminta bantuan kepada yang profesional. Namun tidak ada salahnya jika mencoba sendiri di rumah. Pasalnya metodenya juga tidak terlalu rumit, meskipun untuk Anda yang masih pemula.


Cara Mudah Mengawinkan Ikan Cupang Tapi Tetap Berhasil

  1. Pilih ikan cupang terlebih dahulu

Cara pertama untuk mengawinkan ikan cupang adalah memilih ikan yang akan dikawinkan terlebih dahulu. Tidak semua ikan cupang bisa dikawinkan. Anda harus memilih ikan yang sudah berusia 6 bulan ke atas tapi tidak lebih dari 14 bulan. Jangan lupa menerapkan cara mengawinkan ikan cupang lain yang penting yakni memilih ikan yang ukurannya sama dengan tidak adanya cedera di tubuhnya.

Cedera seperti apa yang dimaksud? Misalnya ikan cupang yang dipilih harus memiliki insang yang sempurna, tidak bengkak dan juga tidak ada sisik yang hilang di tubuhnya. Jika demikian, ikan sudah siap untuk dikawinkan. Selain itu, cupang betina biasanya ada bintik putih dan perut yang agak membesar. Ciri lainnya pada cupang jantan adalah sudah mengeluarkan gelembung udara. Jika semua ciri ini sudah ada, maka cupang sudah siap untuk dikawinkan.

Baca Juga:  Jenis Ikan Oscar

  1. Siapkan wadah khusus

Cara mengawinkan ikan cupang berikutnya adalah menyiapkan wadah khusus. Tidak semua wadah bisa digunakan untuk mengawinkan ikan cupang. Anda harus memilih wadah yang sedikit lebih luas dibanding wadah biasanya. Pastikan wadahnya juga bening agar Anda bisa memantau kondisi icon. Namun jika tidak ada juga tidak masalah.

Selain itu, wadah yang dipakai juga harus memiliki pemisah berupa kaca yang bisa diambil atau dilepaskan dengan mudah. Ada baiknya suhu air di dalam wadah tidak terlalu dingin dan tidak terlalu panas. Biasanya suhunya harus di angka 26 derajat.

Cara mengawinkan ikan cupang berikutnya, pastikan wadah untuk mengawinkan ikan bersih dari alas. Misalnya hilangkan dulu kerikil atau pasir. Pasalnya telur yang dikeluarkan sang betina akan langsung jatuh ke dasar wadah.


  1. Siap untuk dikawinkan

Berikutnya Anda sudah bisa mengawinkan ikan cupang yang telah dipilih tadi. Untuk mengawinkan ikan cupang, ada baiknya memberi waktu ikan untuk berkenalan terlebih dahulu. Jadi Anda bisa meletakkan ikan cupang di wadah yang sama tapi dengan pembatas di bagian tengahnya.

Berikutnya, lihat bagaimana kedua cupang tadi bereaksi. Jika ikan cupang jantan mulai menampakkan keindahan tubuhnya dan cupang betina menunjukkan garis vertital putih dan menunduk, artinya, cupang tadi sudah mulai tertarik. Cara mengawinkan ikan cupang berikutnya bisa langsung diterapkan.

Umumnya kedua ikan cupang tadi akan langsung agresif. Misalnya saja ikan cupang jantan mulai menggigit sirip betina. Dari sini Anda jangan sampai memalingkan pandangan. Jika kedua ikan sudah ada di gelembung yang dibuat cupang jantan, artinya mereka sudah berpelukan dan sang betina akan mengeluarkan banyak telur dari ovipositornya.

Dari sini cupang jantan akan langsung pergi ke arah telur tadi dan mengambil telur yang telah jatuh. Selanjutnya ikan jantan akan menaruh telur tadi di sarang. Jangan khawatir karena langkah ini akan terus berulang hingga si betina berhenti untuk mengeluarkan telur. Cara mengawinkan ikan cupang di fase ini tidak terlalu rumit karena Anda tinggal melihatnya saja.

Baca Juga:  Ikan Papuyu

Setelah ikan cupang betina berhenti mengeluarkan telur, ia akan membantu cupang betina mengambil telur yang sudah ia keluarkan. Namun di sini Anda tetap harus memperhatikan tingkah si betina. Jangan sampai memakan telurnya sendiri. Jika betinanya memakan telurnya sendiri, pisahkan saja dari telur.


Itulah ulasan dari ikan.co.id mengenai cara mengawinkan ikan cupang yang bisa diterapkan di rumah. Sangat mudah dan tidak ribet bukan? Anda tinggal melihat saja dan pastikan kondisi cupang yang dikawinkan sama-sama tertarik.