Cara Membuat Filter Kolam Ikan Koi

Cara Membuat Filter Kolam Ikan Koi : Budidaya ikan koi selalu membutuhkan air yang bersih, mengingkat kolam yang kotor dapat membuat ikan koi mudah terserang penyakit. Penyakit pada ikan koi tersebut dapat berakibat fatal seperti hilangnya atau memudarnya corak warna ikan koi, menimbulkan cacat paa ikan koi, hingga tahapan yang palimg parah adalah matinya ikan koi. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, kolam pemeliharaan ikan koi harus memiliki filter kolam yang berfungsi dengan baik.

Cara-Membuat-Filter-Kolam-Ikan-Koi-Tanpa-Ribet-Yang-Baik-Dan-Benar

 Filter kolam ikan tersebut dapat dibuat sendiri dengan memerhatikan beberapa hal penting, seperti bahan filter yang digunakan hingga skema dari filter kolam ikan koi itu sendiri. Pada artikel kali ini akan dibahas cara membuat filter kolam ikan koi di rumah dengan sederhana tanpa mengesampingkan aspek baik dan benar dalam membuat filter air sehingga dapat berfungsi secara efektif sesuai dengan yang diharapkan sebagaimana mestinya.


Cara Membuat Filter Kolam Ikan Koi

1.    Memahami Prinsip Dasar Filter Kolam

Pada habitat aslinya ikan koi hidup di sungai yang airnya mengalir secara terus menerus. Oleh karena itu, apabila dalam cara membuat filter kolam ikan koi perlu memperhatikan seperti pada habitat aslinya. Perlu diperhatikan juga jika kolam ikan koi haruslah bersi agar ikan koi mendapatkan suplai oksigen tang cukup di dalam air. Oksigen tersebut deperlukan ikan koi dalam proses pencernaan.

Baca Juga:  Ternak Ikan Mas

Hasil pengeluaran dari ikan koi dikelarkan lewat kotoran yang berupa amonia dan sisa-sisa makanan. Amonia tersebut bersifat racun bagi ikan, sehingga harus dikeluarkan dari kolam melalui filter tersebut. Oleh karena itu, filter yang terdapat dalam kolam ikan koi harus memberikan manfaat untuk menambahkan oksigen di air dan memebersihkan air dari karbondioksida, nitrogen, amonia, dan partikel padat yang dapat menyebabkan air kolam kotor dan berbau.


2.    Menyiapkan Bahan Filter Kolam Ikan

Yang perlu diperhatikan dalam cara membuat filter kolam ikan koi adalah bahan-bahan yang diperlukan dalam pembuatannya. Bahan-bahan tersebut adalah sebagai berikut:

·         Pompa Air

Pompa tersebut berfungsi sebagai jalur sirkulasi air ke filter, penyedot air, dan penyaring air.

·         Wadah kosong

Wadah yang tepat digunakan sebagai cara membat filter kolam ikan koi pada umumnya adalah jerigen atau paralon dengan ukuran besar, atau dapat juga wadah lain yang dapat menahan kecepatan air yang tinggi.

  • Bahan lain yang wajib ada adalah pasir silika untuk menyaring kotoran pada air, Ferrolite untuk menyaring unsur besi yang terkandung dalam kolam ikan, karbon aktif untuk menghilangkan bau dan rasa air kolam, kapas filter untuk menyaring kotoran air, pipa, lem paralon, dan batu zeolit untuk menghilangkan kandungan Ca2+ dan Mg2+ yang dapat mnurunkan kualitas air kolam.

3.    Membuat Filter Kolam

Cara membuat filter ikan koi tanpa ribet yang baik dan benar dengan cara mengikuti langkah-langkah pembuatan berikut ini:

  • Lubangi bagian bawah wadah yang tela tersediasesuai dengan ukuran pipa yang telah disediakan.
  • Letakan kapas filter pada bagian wadayang telah disiapkan.
  • Tutupi permukaan kapas dengan batu zeolit dengan ukuran yang cukup besar secara merata.
  • Letakan kembali kapas filter di atas batu zeloit yang lebih tipis dari sebelumnya.
  • Kemudian lapisi kapas filter tersebut dengan karbon aktif.
  • Diatasnya letakan kembali kapas filter tipis untuk menutupi karbon aktif.
  • Yang terakhir adalah meletakan ferolite dan jangan lupa untuk ditutupi kembali dengan kapas filter.
Baca Juga:  Ikan Papuyu

4.    Skema Filter Kolam Ikan

Hal yang tidak kalah penting yang perlu diperhatikan dalam  cara membuat filter kolam ikan koi adalah dengan memperhatikan skema dari trickle filter ikan koi. Untuk skema filter ini dapat disesuaikan dengan keinginan dari peletakan atau posisi dari filter kolam tersebut agar berfungsi secara efektif.

Bagaimana, sudah memahami cara membuat filter ikan koi dari artikel ini? Dengan membuat filter sendiri anda dapat menggunkan barang-barang yang telah tersedia di rumah. Bahkan dapat juga mendaur ulang barang yang digunakan, sehingga memiliki nilai yang lebih ekonomis. Selain itu, dengan membuat filter kolam ikan koi tersebut selain ekonomis, anda juga mendapatkan rasa kepuasan tersendiri jika berhasil membuat barang tersebut.


Akhir Kata

Demikianlah ulasan dari ikan.co.id mengenai Cara Membuat Filter Kolam Ikan Koi Tanpa Ribet Yang Baik Dan Benar, semoga bisa bermanfaat untuk anda.