√Cara Membedakan Cupang Hias dan Cupang Aduan®

Cara Membedakan Cupang Hias dan Cupang Aduan – Ikan cupang adalah jenis ikan hias air tawar yang peminatnya cenderung stabil. Harga yang murah, motif yang indah serta perawatan yang mudah menjadi daya tarik tersendiri para pehobi untuk memeliharanya.

Cara Membedakan Cupang Hias dan Cupang Aduan

Ikan cupang dibagi menjadi dua yaitu ikan cupang hias dan cupang aduan. Perbedaan keduanya tersebut tidak dibedakan berdasarkan spesiesnya. Mungkin untuk para pehobi membedakan antara ikan cupang hias dan ikan cupang aduan sangat mudah karena sudah terbiasa. Namun berbeda untuk orang awam yang baru mengenal ikan cupang, untuk membedakan ikan cupang hias dan aduan harus mengetahui ciri fisiknya.


Terdapat berbagai jenis ikan cupang yang ada di pasaran. Diperkirakan saat ini terdapat lima jenis ikan cupang yang banyak diperjual belikan antara lain Betta mahachaiBetta smaragdina dan Betta imbellis, Betta splendens, Betta stiktos.


Jenis-jenis ikan cupang saat ini sudah banyak dikembangkan dari hasil persilangan. Untuk mengkategorikannya maka dibedakan menjadi ikan cupang hias dan ikan cupang aduan. Nah, untuk membedakan antara keduanya seputarpertanian akan membahas ciri-ciri kedua jenis ikan cupang tersebut. berikut mari kita simak.


Ikan Cupang Hias

Ikan Cupang Hias

Sesuai dengan namanya, ikan cupang hias merupakan ikan cupang yang memiliki keidahan dalam warna maupun bentuk siripnya. Ciri-ciri ikan cupang hias antara lain:

  1. Ikan cupang hias memiliki warna tubuh yang cerah dan terang serta memiliki warna yang beragam.
  2. Bentuk siripnya lebar dan terlihat anggun. Terdapat bentuk yang khas pada siripnya.
  3. Ikan cupang hias cenderung tenang dan tidak selalu aktif bergerak.
  4. Ketika berhadapan dengan musuh, ikan cupang hias akan mengembangkan sirip dan ekornya sehingga akan terlihat sangat menawan.
READ MORE :  √Budidaya Ikan Discus®

Ikan cupang hias rata-rata berasal dari jenis Betta Splendens murni maupun yang sudah di kawin silangkan. Terdapat berbagai jenis ikan cupang hias yang menjadi primadona ketika dilombakan antara lain, halfmoon, double tail, crown tail dan plakat.


Ikan Cupang Aduan

Ikan Cupang Aduan

Berbeda dengan cupang hias yang banyak diminati para pehobi dari bentuk tubuhnya yang indah. Ikan cupang aduan dikatakan berkualitas apabila cupang aduan tersebut memiliki keganasan ketika diadu dengan lawanya. Pada umumnya ada beberapa ciri fisik untuk mengenali ikan cupang aduan antara lain:

  • Ikan cupang aduan cenderung agresif dan jarang tenang.
  • Ikan cupang aduan yang memiliki mental yang baik akan mengembangkan sirip dan ekornya penuh ketika melihat lawannya.
  • Tubuh ikan cupang aduan lebih besar namun siripnya tidak selebar ikan cupang hias. Cupang aduan memiliki tubuh yang terlihat kekar dan tebal hingga pangkal ekor.
  • Apabila diperhatikan, pada mulut ikan cupang aduan tertutup dan jarang terbuka. Terdapat gigi runcing pada bagian atas bibir yang ditandai dengan bintik-bintik putih.

Ikan Cupang aduan berasal dari beberapa jenis ikan cupang antara lain Betta splendens, Betta Mahachai dan Betta imbellis. Sebetulnya ikan cupang aduan merupakan tindakan yang kurang baik karena akan menyiksa makhluk hidup. Kontes adu cupang sendiri hanya terdapat di Negara Asia termasuk di Indonesia. Sedangkan di Amerika dan Eropa mengadu hewan termasuk cupang merupakan hal yang ilegal.


Demikian Pembahasan Tentang Cara Membedakan Cupang Hias dan Cupang Aduan

Semoga Penyampaian dalam Artikel ini Bermanfaat Bagi Semuanya…!!!


Share this: