Cara Budidaya Ikan Lele Di Terpal

Cara Budidaya Ikan Lele Di Terpal Dengan Mudah Dan Gampang : Budidaya ikan lele merupakan suatu usaha Perikanan yang menjanjikan, salah-satu teknik yang dapat digunakan dalam membudidayakan ikan lele adalah dapat menggunakan kolam terpal karena hal ini dinilai lebih mudah dan tidak menguras banyak biaya, ikan lele dapat ditemkan dibanyak tempat contohnya seperti restoran dan tempaat makan lainnya. Berikut ini akan diberi tahap-tahap budidaya dan pemeliharaan ikan lele di terpal.

Cara-Budidaya-Ikan-Lele-Di-Terpal-Dengan-Mudah-Dan-Gampang


Tahap-Tahap Budidaya Ikan Lele

1.Memilih Bibit Ternak Lele

Dalam memilih bibit ternak lele hal dasar

Yang perlu diperhatikan ialah menentukan

Varietas bibit lele. Dalam memilih bibit ternak

Ikan lele ada syarat yang perlu diperhatikan:

  • Bibit lele harus sehat, aktif, dan lincah bergerak
  • Bibit lele tidak memiliki kelainan
  • Riwayat Indukan yang baik
  • Bibit berukuran seragam satu sama lain.

2.Kolam Ternak Lele

Kolam budidaya ikan lele terbagi menjadi tiga yakni Kolam tanah, kolam beton, dan kolam terpal. Dari ketiga jenis kolam tersebut masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Kolam tanah tidak membutuhkan banyak biaya Untuk membuatnya hanya memerlukan alat untuk Menggali lubang seperti sekop.

Namun kekurangan Dari kolam tanah ikan lele yang dibudidaya rentan terkena penyakit. Kolam beton memiliki daya tahan yang kuat namun kolam beton memerlukan biaya yang tidak sedikit. Kolam terpal tidak terlalu besar mengeluarkan biaya seperti kolam beton, dan kolam terpal dapat memastikan kesehatan ikan lele. Dari perbandingan diatas diketahui bahwa kolam terpal lebih baik dari kolam tanah dan kolam beton.

Baca Juga:  Manfaat Budidaya Ikan Nila

3.Syarat Hidup Ternak Lele

Sebenarnya tidak ada syarat khusus untuk hidup Ikan lele, karna ikan lele dapat hidup di air tawar, air asin, dan bahkan air selokan. Hanya syarat hidup ikan lele di tujukan untuk orang yang benar-benar serius membudidayakan ikan lele.

Adapun beberapa syarat hidup ternak lele ialah:

  • PH

Ph merupakan dasar dalam menentukan Hidup ikan tak jarang banyak ikan yang mati akibat kondisi ph yang tidak sesuai adapun ph yang cocok untuk ternak lele yaitu 7-8.

  • Suhu

Ikan lele dapat hidup di kisaran suhu 26 Sampai 30C. Pada suhu yang rendah saluran pencernaan ikan lele

Akan terganggu sebaliknya pada suhu yang hangat pencernaan Ikan lele akan lancar.

  • Lokasi

Pamsliharaan ternak lele tidak mendasar, tempat pemeliharaan ternak lele bisa di sawah, kolam terpal, akuarium dan lainnya.


Pemeliharaan Ternak Lele Di Kolam Terpal

Dalam budidaya ikan lele di kolam terpal ada beberapa langkah yang harus anda ikuti, mulai dari pemupukan, pemberian pakan dan langkah-langkah yang lainnya.


1.Pemupukan

Dalam pemeliharaan ternak lele hal awal yang Harus dilakukan adalah pemupukan tujuannya untuk mempersiapkan bibit lele sebelum ditebar Selain itu pupuk berguna sebagai sumber makanan bagi ternak lele. Adapun langkah-langkah yang dilakukan dalam pemupukan yaitu:


  • Isi kolam dengan air besih hingga Mencapai ketinggian 60 cm
  • Pupuk kandang dimasukkan kedalam Karung kemudian masukkan kedalam Kolam karung tersebut bergerak dan Mengambang di dalam kolam.
  • Tunggu selama seminggu Karung akan terserap sempurna di kolam.
  • Tebar bibit ternak lele

2.Pemberian Pakan

Diharapkan dalam budidaya ikan lele Pemberian pakan Disesuaikan dengan populasi ternak lele, pemberian Pakan dilakukan dua kali sehari (pagi dan sore) jika pakan yang Anda berikan kurang lele akan berkelahi dan saling memakan satu sama lain. Pakan lele yang bisa Anda berikan antara lain cacing, keongmas, azolla, plankton, dan lainnya.

Baca Juga:  Cara Pemijahan Neolamprologus Tretocephalus

3.Masa Panen Ternak Lele

Panen ternak lele dapat dilakukan sekitar tiga bulan Anda dapat mengukur dengan sampel menggunakan Jaring lalu mengambil 7-8 ekor ikan lele dengan berat 1kg, agar memanen ikan lele lebih efisien Anda dapat Melakukannya dengan menguras air kolam ternak Lele.

Banyak orang yang sukses dalam membudidayakan Ikan lele tapi hal itu tak lepas dari cara pemeliharaan Ikan lele yang benar. Budidaya ikan lele tidak mudah untuk Dilakukan Perlu teknik pemeliharaan yang benar, apabila Teknik pemeliharaan yang Anda lakukan  sesuai dengan tahap-tahap yang benar pemeliharaan ternak lele akan terasa lebih mudah dan ternak lele Anda akan berkembang.


Akhir Kata

Demikianlah ulasan dari ikan.co.id mengenai Cara Budidaya Ikan Lele Di Terpal Dengan Mudah Dan Gampang, semoga bisa bermanfaat untuk anda.