Cara Budidaya Ikan Hias Channa Limbata

Diposting pada

ikan.co.idCara Budidaya Ikan Hias Channa Limbata : Mempunyai usaha dalam bidang yang disukai jadi mimpi banyak orang, semacam halnya usaha budidaya ikan hias channa yang saat ini banyak digemari warga luas.

Buat budidaya ikan channa kurang lebih sama dengan ikan – ikan yang lain. Semacam proses pernikahan, pemilihan jantan serta betina yang bermutu.

Wajib ditentukan umur ikan cukup usia dan proses perjodohan disatukan di dalam aquarium namun dalam wadah.

Ikan Channa Limbata merupakan salah satu jenis ikan gabus lokal yang terdapat di Indonesia. Ikan ini mempunyai sebagian istilah nama di sebagian wilayah semacam gabus gunung, kotes serta bogo.

Budidaya ikan channa lumayan menjanjikan karena modalnya tidak sangat besar serta penjaannya dibilang lumayan gampang tidak hanya itu keuntungan yang diperoleh lumayan besar.

Ikan ini tercantum dalam mouth breeder ataupun mengerami dalam mulut, tugas ini dicoba oleh induk jantan sepanjang 2- 3 hari. Sehabis itu larva hendak keluar dari mulut induk serta berenang di dekat induk.

Cara Budidaya Ikan Channa Limbata

ikan channa limbata

  • Tempat Pemijahan

Perlengkapan serta bahan yang dibutuhkan buat dapat mengawinkan Channa limbata antara lain akuarium 60 cm x 30 cm x 30 cm, sekat cermin, sejoli ikan Channa limbata, tumbuhan air ataupun tali rafia serta pasir malang.

Letakkan akuarium di tempat yang tidak dilalui banyak orang, sehabis itu masukkan pasir yang telah dibersihkan ke dalamnya. Beri tumbuhan air berbentuk ganggang ataupun dapat memakai tali rafia selaku media pemeliharaan larva.

  • Perbandingan Jantan serta Betina

Ikan Channa Limbata mempunyai badan bercorak abu- abu sampai gelap dengan garis merah pada ujung sirip dorsal serta sirip ekor. Dimensi optimal dari ikan ini berkisar antara 25- 30 centimeter.

Ikan Channa Limbata Jantan mempunyai wujud kepala yang lonjong, warna badannya cenderung hitam, serta lubang pada kelamin memerah.

Sebaliknya buat betina mempunyai wujud kepala yang membulat, perutnya lembek serta membengkak, warna badannya cenderung cerah, apabila diurutkan keluar telur.

Serta perbandingan yang lain bisa dilihat pada lubang urogenital nya, ikan jantan mempunyai 2 lubang sebaliknya pada betina cuma mempunyai 1 lubang. Ikan Channa limbata bisa dikawinkan kala berumur 8- 12 bulan.

cara membedakan ikan channa limbata jantan dan betina

  • Pemilihan Indukan

Indukan yang diseleksi budidaya ikan channa tidak boleh sembarangan. Wajib memilah indukan yang bermutu.

Ada pula kriteria standar indukan yang bagus merupakan sehat, aktif, telah matang gonad, Bobot induk cocok dengan persyaratan, responsive terhadap pakan serta Leluasa hama penyakit.

  • Proses Pairing

Proses ini dicoba dengan metode meletakkan 2 ikan dalam satu akuarium yang telah diberi pembatas berbentuk sekat cermin.

Pada dini proses pemijahan, kedua ikan hendak berupaya buat melanda satu sama lain, tunggu sampai keduanya tidak menampilkan agresivitas antar satu sama lain.

Proses ini bisa berlangsung sepanjang 1 – 7 hari, apabila telah nampak akur hingga Kamu bisa membuka sekat cermin tersebut. Senantiasa awasi sikap dari ikan Channa limbata Kamu, apabila terjalin perkelahian Kamu bisa kembali memisahkan keduanya.

  • Proses Pemijahan Ikan Channa

Proses yang berikutnya merupakan proses pemijahan. Indukan ditempatkan dalam sesuatu kolam berdimensi tidak sangat kecil.

Dimensi minimun kolam umumnya dekat 80 cm x 50 cm x 30 cm, dengan tinggi air sekitar 60 cm, serta air juga mengalir. Manfaatnya supaya indukan aman dalam masa pemijahan.

  • Penetasan Telur

Sehabis proses pemijahan, telur diambil menggunakan sekupnet halus, dan telur siap ditetaskan hendaknya diawasi dipindahkan pada akuarium berdimensi 70 cm x 50 cm x 50 cm dengan ketinggian air kira – kira 50 cm serta temperatur air wajar pada 20 hingga 23 derajat Celsius.

channa limbata besar

Bagikan jarak pada setiam kumpulan telur ikan channa dekat 5 hingga 6 butir per cm persegi. Telur – telur ini hendak menetas sehabis 24 jam dimasukan ke dalam akuarium. Beri makan larva ikan channa sehabis 2 hari menetas sebanyak 3 kali satu hari.

  • Penebaran Benih Ikan

Sehabis memperoleh benih dari pihak pembibitan ataupun dari tangkapan, jalani aklimatisasi terlebih dulu. Ini bertujuan supaya benih tidak stress kala ditaruh dikolam.

Aklimatisasi benih dicoba dengan meletakkan benih yang masih ada didalam plastik kedalam kolam. Biarkan sebagian waktu, supaya temperatur air didalam plastik sama dengan temperatur air didalam kolam.

Lepaskan jalinan plastik secara lama- lama, kemudian perkenankan ikan didalam plastik keluar ke kolam. Sehabis benih ikan telah masuk kedalam kolam, ambil plastik kemasan benih serta buang.

Itu merupakan metode terbar benih ikan channa ke kolam terpal, kolam tanah, kolam beton serta yang lain. Sehabis proses penebaran benih, berikutnya kalian cuma butuh melaksanakan perawatan.

  • Pemberian Pakan

Langkah selanjutnya yang amat berarti untuk berkembang kembang ikan merupakan dengan berikan pakan. Pemberian pakan butuh dicoba secara teratur.

Karena, nutrisi ikan berasal dari pakan yang diberikan. Kamu dapat mempersiapkan pakan berbentuk pelet, anakan rayap, ataupun daging ampasan yang terdapat di dapur.

Buat pakan, Kamu pula dapat buatnya sendiri dengan mengombinasikan sebagian bahan, semacam ampas ketahui, jagung, bekatul, serta ikan teri.

  • Proses Panen Ikan Channa Limbata

Dari proses yang cukup panjang di atas, kesimpulannya kita hingga pada sesi budidaya ikan channa yang terakhir, ialah panen!

Proses ini merupakan langkah yang ditunggu- tunggu sebab hasil jerih payah kalian sepanjang 6 bulan hendak terbayarkan.

Ikan channa merupakan salah satu ikan yang tingkatan permintaan di pasarnya sangat besar sebab banyak perihal. Salah satu di antara lain merupakan berbentuk iakn hias, corak warna yang berpariatif.

harga ikan channa limbata

Kala proses panen sudah datang, ikan- ikan yang telah dikembalikan ke dalam kolam wajib dipisahkan bersumber pada dimensi.

Proses ini wajib dicoba sehabis panen kedua serta ketiga, dimana jumlah ikan besar serta kecil hendak tercampur pada kolam serta terus menjadi meningkat.

Di pasaran, ikan channa terdapat beberapa jenis ada yang mencapai ukuran 25 cm-30 cm, harganya bisa mencapai Rp5 juta-Rp10 juta per ekor.

Bahkan ikan air tawar ini tembus di harga Rp 60 juta per ekornya, tetapi kembali lagi tergantung kepada kepekatan dan corak warnanya.

Demikian Pembahasan kali ini tetang Cara Budidaya Ikan Hias Channa Limbata Secara lengkap dan jelas, semoga bermanfaat jangan lupa di share sobat ikan.co.id