Cara Budidaya Ikan Guppy

Diposting pada

Ikan.Co.IdCara Budidaya Ikan Guppy : Ikan guppy ataupun Poecilia reticulata ialah salah satu spesies ikan hias yang hidup di air tawar serta sangat popular di dunia.

Ikan guppy sanggup membiasakan diri di bermacam tempat dan gampang beranak, di Indonesia ikan guppy bisa Kamu temui di parit sampai selokan.

Tetapi, ikan guppy hias ataupun millionfish pasti berbeda dengan tipe ikan guppy yang tinggal di selokan.

Ikan guppy merupakan ikan kecil yang berdimensi antara 4 cm sampai 6 cm, sebaliknya guppy jantan berdimensi lebih kecil.

Tidak hanya ukurannya yang kecil guppy ialah tipe ikan yang gampang berkembang biak.

Masa kehamilan guppy betina antara 21 hari sampai 30 hari tergantung pada temperatur air guppy tersebut tinggal.

Guppy tidak bertelur, tetapi mengandung kemudian melahirkan ataupun live berarers.

Satu ekor induk guppy bisa melahirkan 2 – 5 ekor anak guppy pada masing – masing kehamilannya, tetapi umunya guppy betina cuma melahirkan anak sekitar 5 – 30 ekor.

Cara Budidaya Ikan Guppy

cara budidaya ikan guppy agar cepat beranak

Ikan guppy berasal dari Amerika Tengah serta Amerika Selatan pada tahun 1866, setelah itu masuk ke Indonesia pada dekat tahun 1920.

Guppy dijuluki selaku million fish yang gampang dibudidayakan dan kilat tumbuh biak.

Sebab kemudahannya buat dibudidayakan tersebut, ikan guppy jadi salah satu tipe ikan hias air tawar yang kerap dibudidayakan serta mempunyai nilai ekonomi yang lumayan menggiurkan.

Dengan pertumbuhan ikan hias yang terus menjadi, menjanjikan dengan perkembangan nilai perdagangannya di atas 14% per tahun.

Membuat kesempatan bisnis ini terus menjadi besar serta memperluas bermacam – macam varian tipe ikan semacam albino, kumpay / slayer, serta bermacam – macam warna mutasi.

Apabila Kamu tertarik buat membudidayakan ikan guppy, Kamu butuh menjajaki tahapan dan cara- cara berikut ini:

  • Seleksi Indukan Yang Baik

Apabila Kamu mau membudidayakan ikan guppy, pasti Kamu butuh buat mengawinkan indukan ikan supaya jumlah budidaya ikan Kamu meningkat.

ikan guppy hias

Tetapi buat ikan guppy, Kamu butuh fokus pada mutu daripada kuantitas ikan, sebab ikan guppy hendak laku di pasaran apabila mempunyai penampilan yang menarik.

Memilah indukan yang baik ialah tahapan awal, supaya Kamu bisa mengawinkan induk serta menciptakan anakan yang bagus pula.

Indukan guppy betina yang bagus mempunyai tubuh bundar dengan warna kumal serta pasif di dalam air.

Guppy betina cenderung lebih suka berdiam diri di bagian bawah ataupun permukaan akuarium.

Sebaliknya guppy jantan yang bagus mempunyai warna yang lebih terang dibanding guppy betina serta bertubuh lebih ramping.

Supaya Kamu memperoleh anakan guppy yang bagus, Kamu butuh memilah indukan guppy dengan identitas di atas dan berusia minimun 4 bulan.

Tidak hanya memerhatikan identitas indukan ikan guppy yang bagus, Kamu butuh memerhatikan kalau tubuh ikan tidak mempunyai corak bekas luka ataupun cacat dan guppy sehat.

Penanda keberhasilan budidaya guppy merupakan ikan jantan guppy. Tiap tipe ikan sendiri mempunyai metode yang berbeda buat dikembang biakan.

 

Oleh karena itu diperlukannya keahlian serta ketelitian.

  • Tempat Budidaya Ikan Guppy

 

Sehabis memilah indukan dengan mutu yang bagus, langkah berikutnya merupakan mempersiapkan tempat buat budidaya ikan guppy.

Kamu bisa menggunakan ember selaku tempat buat budidaya ikan guppy, Kamu pula bisa memakai akuarium, aerator dan tumbuhan air.

Tempat tersebut mempunyai sebagian fungsi, yaitu selaku tempat buat memisahkan indukan jantan dan betina, selaku tempat pemijahan, selaku tempat pemijahan, tempat penetasan telur dan tempat buat pendederan.

Luas dan dimensi tempat budidaya ikan guppy bisa Kamu sesuaikan dengan jumlah dan keperluan ikan guppy, Kamu butuh memerhatikan suasana dan kepadatan habitat.

Jangan menyimpan sangat banyak ikan serta bibit supaya ikan guppy bisa berenang dengan bebas.

Kamu bisa memakai bermacam berbagai tempat dengan ketinggian minimum 30 centimeter.

  • Pisahkan Indukan Betina serta Jantan

cara budidaya ikan guppy tanpa aerator

Kamu butuh memisahkan ikan guppy betina dengan ikan guppy jantan saat sebelum melaksanakan pemijahan dalam tempat yang berbeda.

Tidak hanya memisahkan guppy jantan dan betina Kamu butuh mengubah air sepanjang 1 sampai 3 hari sekali serta mengubah air dekat sepertiganya saja.

Sehabis memisahkan ikan jantan serta betina, Kamu senantiasa butuh membagikan santapan secara teratur seperti biasa, yaitu sebanyak 2 kali sehari.

Membagikan santapan secara teratur bisa menciptakan indukan guppy yang sehat serta baik sepanjang proses pemijahan.

  • Proses Perkawinan

Sehabis memisahkan indukan jantan serta betina dan menjaga keduanya dengan baik, Kamu bisa mengawinkan ataupun melaksanakan pemijahan terhadap ikan guppy.

Kamu bisa mengisi tempat budidaya selaku wadah pemijahan dengan air bersih setinggi 30 cm kemudian mengendapkan sepanjang minimun satu hari, supaya proses beranak lebih kilat.

Pada pagi hari, Kamu butuh memuaskan guppy betina ke dalam tempat yang sudah berisi air bersih.

Pada sore hari Kamu bisa memasukan guppy jantan serta melaksanakan pemijahan sepanjang 4 sampai 7 hari.

Berikutnya, Kamu bisa memasukan indukan betina serta jantan dengan perbandingan 5:1, Kamu butuh memasukan ikan guppy jantan lebih banyak dibanding ikan guppy betina.

Sepanjang proses pemijahan ke dalam tempat yang bisa menampung paling tidak 30 ekor induk guppy.

Proses pemijahan ini butuh memakan waktu sepanjang kurang lebih 3 sampai 4 pekan sampai embrio guppy lahir.

Kamu butuh memerhatika proses pemijahan, sebab apabila Kamu sudah memandang guppy betina yang sudah dibuahi Kamu butuh lekas memindahkan guppy betina tersebut.

  • Proses Penatasan Benih Guppy

cara budidaya ikan guppy di ember

Sehabis proses pemijahan berakhir, Kamu butuh memisahkan induk yang sudah dibuahi dan mengisi air serta memenuhi aerasi pada tempat buat proses penetasan benih.

Kamu butuh menempatkan larva ikan guppy dengan hati – hati supaya tidak mengusik larva ikan.

Tidak hanya itu Kamu butuh membuang sekitar satu per tiga air dan menggantinya dengan air yang bersih tiap 1 – 3 kali sehari.

  • Proses Pendederan

Pada sesi pendederan, Kamu butuh menyimpan ikan guppy pada tempat yang terbuka supaya ikan guppy tidak kilat mati.

Tidak hanya pada tempat terbuka, Kamu butuh menempatkan wadah tersebut pada zona yang terserang cahaya matahari supaya warna ikan guppy tercipta.

Tidak hanya menyimpan pada tempat terbuka serta terserang cahaya matahari, Kamu butuh membagikan sebagian tumbuhan air selaku tempat buat berteduh.

Kamu bisa menyimpan tumbuhan eceng gondok ataupun hydrilla. Kamu butuh membagikan pakan yang cocok sepanjang masa pendederan.

Buat anakan yang berumur 5 hari Kamu bisa membagikan infusoria, sebaliknya buat anakan yang berumur lebih dari 5 hari Kamu bisa membagikan kutu air ataupun udang renik.

Sehabis sedikit berusia ialah anakan ikan memegang umur 20 hari, Kamu bisa membagikan cacing sutra ataupun cacing rambut.

Kamu bisa mengenali tipe kelamin guppy sehabis umur ikan menggapai 20 hari. Seperti itu keenam tahapan supaya Kamu bisa berhasil membudidayakan ikan guppy.

Kamu butuh mengingat kalau budidaya ikan hias dengan ikan mengkonsumsi mempunyai prioritas berbeda.

Buat ikan hias Kamu butuh fokus pada mutu ikan dibanding kuantitas ikan, sebab ikan hias hendak laku apabila mempunyai warna, wujud badan yang menarik serta lucu.

Keenam tahapan tersebut merupakan cara singkat yang bisa kamu ketahui untuk membudidayakan ikan guppy.

Demikian pembahasan kita kali ini tentang Cara Budidaya Ikan Guppy, semoga bermanfaat jangan lupa di share sobat Ikan.Co.Id