√Budidaya Ikan Platy®

Cara Budidaya Ikan Platy Di Aquarium Bagi Pemula – Ikan Platy adalah salah satu jenis dari ikan hias yang banyak diminati oleh ara pecinta ikan hias dikarenakan ikan ini mempunyai warna yang sangat cerah dan juga Ikan Platy ini sangatlah cantik jika dipandang dan juga dipelihara diakuarium. Ikan Platy sendiri ialah ikan ovovivipar yang dimana ikan ini beranak serta bertelur namun kebiasaannya biasanya beranak saja (livebearer).

Budidaya Ikan Platy

Ikan Platy ini tidaklah seagresif ikan cupang atau ikan laga jadi ikan ini dapat diperlihara bersama-sama ikan hias lainnya seperti ikan neon tetra ataupun ikan hias yang lain didalam kolam yang sama. Biasanya dikalangan pecinta ikan hias menyukai jenis Ikan Platy yakni, platy koral, sunset, mickey mouse, cendrawasih, hawaii ataupun pedang.


Harga dari Ikan Platy ini pun dipasaran sangatlah murah dan bisa dijangkau namun sekarang dipasaran meningkat dengan tajam, itulah yang menyebabkan peluang untuk membudidayakan Ikan Platy ini sangatlah menguntungkan serta bisa menjadi ladang peluang bisnis. Berikut ini cara budidaya Ikan Platy yang bisa menguntungkan.


Ciri-Ciri Ikan Platy

Berikut dibawah ini terdapat beberapa ciri-ciri ikan platy jantan dan betina, terdiri atas:


1. Ciri-Ciri Ikan Platy Jantan

Terdiri atas:

READ MORE :  √Budidaya Ikan Neon Tetra®

Mempunyai gonopodium (berupa tonjolan dibelakang sirip perut) yang merupakan modifikasi sirip anal yang berupa menjadi sirip yang panjang.

  1. Tubuhnya rampaing.
  2. Warnanya lebih cerah.
  3. Sirip punggung lebih panjang.
  4. Kepalanya besar.

2. Ciri-Ciri Ikan Platy Betina

Terdiri atas:

  • Dibelakang sirip perut tidak ada gonopodium, tetapi berupa sirip halus.
  • Tubuhnya gemuk.
  • Warnanya kurang cerah.
  • Sirip punggung biasa.
  • Kepalanya agak runcing.

Cara Budidaya Ikan Platy

Berikut dibawah ini terdapat beberapa cara budidaya ikan platy, terdiri atas:


  1. Memilih Indukan Ikan Platy

Langkah pertama yang akan dilakukan untuk membudidayakan Ikan Platy ini adalah memilih indukan Ikan Platy yang bagus, sehat dan juga berkualitas. Untuk itu kita harus mengetahui ciri-ciri dari Ikan Platy yang memenuhi kriteria untuk dibudidayakan yakni ciri-cirinya ada pada warna yang cerah dengan tidak ada pucat dan gerakan yang lincah.


Dan juga jenis kelamin dari masing-masing Ikan Platy jantan dan betina dimana Ikan Platy betina memiliki bentuk tubuh yang besar dengan mempunyai pertu yang buncit sedangkan untuk Ikan Platy jantan tubuhnya lebih ramping dan perut yang normal dan menggunakan perbandingan 1:2 yakni 1 untuk Ikan Platy jantan, butuh 2 Ikan Platy betina, dan perlu diperhatikan umur Ikan Platy yang telah lebih dari 3 bulan agar ikan telah mempunyai daya reproduksi.


  1. Pemijahan Ikan Platy

Terdiri atas:

  1. Pemilihan induk. Pilihlah induk yang berukuran relatif besar, bentuk tubuh yang mengembung serta mempunyai warna yang indah.
  2. Induk-induk yang telah dipilih dimasukkan dalam satu bak untuk beberapa pasang induk. Namun apabila menghendaki keturunan tertentu dapat pula dilakukan dengan cara memisahkan dalam bak tersendiri sepasang-sepasang.
  3. Bak-bak pemijahan harus dikontrol setiap hari. Setelah lahir, anak-anak ikan harus cepat-cepat diambil dan dipisahkan dari induknya agar tidak dimakan oleh induknya.
READ MORE :  √Budidaya Ikan Discus®

  1. Perawatan Benih Ikan Platy

Terdiri atas:

  1. Anak-anak ikan yang baru lahir belum membutuhkan makanan, karena masih mengandung kuning telur (yolk egg). Setelah 4-5 hari anak ikan baru dapat diberi makanan berupa kutu air yang sudah disaring, atau kuning telur yang telah direbus dan dihancurkan.
  2. Setelah mencapai ukuran medium (2-3 cm) dapat diberikan makanan cacing, kemudian setelah mencapai ukuran dewasa (5-7 cm) dapat diberi makanan cuk.
  3. Disamping makanan alami dapat pula diberi makanan tambahan berupa cacing kering, agar-agar dan lain-lainnya.
  4. Pemberian makanan sebaiknya 2 kali sehari, hendaknya jangan berlebihan, karena dapat menyebabkan pembusukan yang dapat meerusak kualitas air.
  5. Pergantian air. Air dalam bak atau aquarium jangan sampai kotor atau keruh, karena dapat menyebabkan kematian anak ikan. Kotoran dapat dibersihkan setiap 2-3 hari sekali dengan cara disiphon, air yang terbuang pada waktu penyiphonan sebanyak 10-20% dapat diganti dengan air yang baru.

  1. Masa Panen Ikan Platy

Masa panen budidaya Ikan Platy ini biasanya rata-rata 2 bulan namun lebih kepada permintaan dari pasar, dan dengan waktu tersebut, akan menghasilkan untung dengan beternak ikan kecil serta cantik ini.


Demikian Pembahasan Tentang Cara Budidaya Ikan Platy Di Aquarium Bagi Pemula

Semoga Penyampaian dalam Artikel ini Bermanfaat Bagi Semuanya…!!!