Budidaya Ikan Oscar

Diposting pada

Ikan.Co.Id – Budidaya Ikan Oscar : Ikan Oscar merupakan salah satu ikan yang sangat unik. Sehingga, metode budidaya ikan oscar juga membutuhkan perlakuan spesial.

Mirip semacam cupang dalam perihal kehati – hatian penjaannya. Bila tidak hati – hati serta perhitungan bisa – bisa ikan Oscar yang Kamu beli malah mati.

Buat seperti itu, postingan ini muncul di layar hp ataupun pc Kamu buat membicarakan soal gimana metode budidaya ikan oscar supaya kian tumbuh.

Tetapi saat sebelum itu, pasti kita wajib terlebih dulu memahami semacam apa kepribadian ikan oscar ini.

Budidaya Ikan Oscar

Topik terpaut metode budidaya ikan oscar jadi bahasan yang hendak kami ulas mengingat banyaknya penggemar ikan hias yang satu ini.

Sebagian diantara kita tidak cuma bahagia memelihara, tetapi terdapat pula mau membudidayakan ikan hias buat dijual lagi sebab penggemarnya yang terus menjadi banyak.

Pada dasarnya tidak terdapat yang jauh berbeda dengan perawatan buat ikan hias yang lain.

Cuma saja, ikan oscar ini memiliki karaktersistik khas yang butuh disesuaikan dengan teknis penjaannya.

ikan oscar

Berikut ini sebagian panduan, teknis, serta metode budidaya ikan oscar.

  • Kenali Karakteristik Ikan Oscar

Sebab habitat asli ikan oscar berasal dari Amerika selatan, hingga dengan metode budidaya, hendak jadi pemecahan buat memadai kebutuhan pasar sebab permintaan ikan hias ini senantiasa besar.

Ikan Oscar bisa menggapai dimensi 35 cm, hendak namun rata – rata ikan ini berdimensi optimal 30 cm. Oscar tercantum ikan pintar serta mempunyai karakter.

Mereka bisa belajar dengan kilat menimpa agenda makannya. Nyaris seluruh Oscar yang tersebar dikala ini merupakan hasil dari pembudidayaan, sebab habitat aslinya jauh di Amerika selatan situ.

Ikan Oscar berasal dari sungai yang mempunyai keasaman besar. Walaupun demikian, ikan ini sanggup membiasakan pada nyaris seluruh keadaan air.

Tetapi demi kenyamanannya, Kamu butuh mengkondisikan temperatur air antara 26° – 30° C serta berikan bawah akuarium dengan pasir serta sebagian bebetuan besar.

  • Pencahayaan yang Baik Pada Akuarium

Buat menemukan hasil bibit ikan Oscar yang baik hingga diperlukan pencahayaan yang lumayan. Tetapi, buat tipe ikan Oscar Kamu wajib menutup sebagian wadah aquarium dengan koran.

Karena, pencahayan yang sangat besar hendak mengganggu badan ikan oscar yang sensitif. Sinar yang baik buat ikan Oscar merupakan sinar buatan semacam lampu serta bukan sinar natural.

  • Bersihkan Akuarium

harga ikan oscar

Buat melindungi ikan oscar supaya senantiasa terpelihara serta baik metode menjaga serta mengembangbiakkan ikan oscar merupakan dengan melindungi aquarium ikan senantiasa bersih.

Kamu bisa melaksanakan pembersihan aquarium seminggu sekali buat melenyapkan kotoran yang melekat pada bilik aquarium.

Tidak hanya itu, aquarium yang bersih hendak membuat ikan terus menjadi aman terletak diaquarium dengan tidak terdapatnya biota lain di dalam.

  • Seleksi Indukan

Indukan yang baik yang siap dibesarkan wajib berusia sekitar 1, 5 – 2 tahun, mempunyai panjang badan sekitar 15 cm, besar 10 cm, dan mempunyai warna terang.

Semenjak ikan berusia 5 – 6 bulan, pemilihan indukan telah saatnya dicoba.

Kamu dapat memasukkan ikan jantan serta betina tiap – tiap 5 ekor ke dalam wadah, setelah itu perkenankan mereka mencari pendampingnya tiap – tiap.

Sehabis silih berpasangan hingga kita dapat pisahkan di bak tertentu.

  • Pahami Perbandingan Induk Jantan serta Betina

Induk jantan mempunyai panjang tubuh yang relatif lebih panjang dari betina serta perlengkapan kelamin lebih menonjol.

Sebaliknya buat indukan betina paling utama induk yang sudah matang perutnya gendut serta lubang kelamin lebih besar.

  • Pemijahan

peternak ikan oscar

Triknya, siapkan kolam yang berdimensi 1. 5 m x 1 m x 0. 5 m kemudian isi dengan air setinggi 30 cm – 40 cm. Beri sekat bila dimensi kolam sangat luas, setelah itu masukkan indukan ikan ke dalam kolam.

Pada masing – masing kolam Kamu butuh memasukkan batu ceper warna hitam, buat membuat keadaan kolam menyamai habitat aslinya.

Ikan oscar hendak memijah pada sore serta siang. Ikan hias ini sanggup memproduksi sekitar 1. 000 – 3. 000 butir telur.

Kamu dapat memindahkan telur yang sudah dibuahi setelah itu dipindah ke akuarium berdimensi 70 cm x 40 cm x 10 cm serta air setinggi 10 cm.

Tunggu sampai 25 hari, setelah itu benih siap dipindah ke wadah dengan dimensi lebih luas.

  • Pembesaran

Wadah pembesaran hendaknya berdimensi sekitar 2 m x 1 m x 3 m, kemudian isi degan air sampai ketinggian 20 – 25 cm buat 300 ekor anakan oscar.

Tambahkan tanaman air misalnya eceng gondok supaya matahari yang masuk ke dalam kolam tidak sangat terik.

Di dikala masa hujan, tutup kolam memakai seng plastik sehingga air yang masuk dapat dikendalikan.

Sehabis 2 bulan, Kamu butuh membagikan cacing rambut selaku pakan. 5 – 6 bulan setelah itu ubah pakan dengan udang hidup ataupun udang rebon fresh.

Dikala itu Kamu telah dapat mulai melaksanakan pilih ikan buat dijadikan calon indukan lagi.

Pada akhirnya, ikan oscar hendak terpelihara dengan baik apabila metode memeliharanya benar.

Bila metode peliharannya salah hingga dapat jadi metode budidaya ikan oscarnya pula salah.

Demikian pembahasan kita kali ini tentang Budidaya Ikan Oscar, semoga bermanfaat jangan lupa di share sobat Ikan.Co.Id