Budidaya Ikan Mas

Panduan dan Cara Lengkap Budidaya Ikan Mas Bagi Pemula: Budidaya ikan mas adalah peluang bisnis yang sangat diperlukan, mengingat nilai penjualan dan permintaan pasar yang tinggi.

Panduan-dan-Cara-Lengkap-Budidaya-Ikan-Mas-Bagi-Pemula

Sayangnya, tidak banyak orang yang tahu peluang bisnis ini karena tidak informasi yang optimal tentang cara ternak mas. Selain itu, ada keuntungan khusus yang dapat diperoleh dari budidaya ini.


Manfaat Budidaya Ikan Mas

  • Trim feed biaya

Ikan mas adalah suatu omnivora atau, dengan kata lain, pemakan ikan. Tidak seperti kebanyakan ikan yang perlu diberi makan pelet, ikan mas dapat diberi makan kembali ke sayuran atau tanaman yang ada di sekitar rumah.

  • Pasar besar

Ikan ini dapat dimakan sebagai berbagai hidangan seperti Pepes, ikan bakar, ikan goreng dan banyak lagi. Selain itu, Anda juga dapat mengolah berbagai jenis ikan mas seperti Koi Carp, Cook Goldfish, kumpay, dll.

  • Mudah untuk mengolah

Ikan yang satu ini memiliki tingkat adaptasi yang sangat tinggi, sehingga dapat hidup di berbagai lingkungan. Selain itu, ikan ini juga dapat tumbuh untuk ukuran yang layak konsumsi 300/400 gram, hanya dalam waktu 6-8 bulan.


Bagaimana Cara Budidaya Ikan MasBagaimana-Cara-Budidaya-Ikan-Mas

  • Membuat Benih Ikan mas

Untuk memulai pertanian ikan mas, hal pertama yang harus dipersiapkan adalah memilih bibit atau kandidat untuk dilewatkan.

Kandidat ini harus dari keturunan yang memiliki kualitas unggul. Ini adalah bagaimana menghasilkan bibit yang memiliki produktivitas yang tinggi.

Kandidat untuk ikan mas disimpan di kolam pembibitan, dipisahkan antara perkembangbiakan pria dan wanita. Pemisahan terjadi sampai dua kelompok terjawab siap.

Proses pemijahan atau Wedding Carp berlangsung di kolam khusus. Kolam harus dilengkapi dengan Kakaban, tempat untuk melampirkan telur untuk pemupukan.

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang cara memperbaiki ikan mas, silakan baca ulasan sebelumnya tentang ikan mas peternak.

  • Pembesaran ikan mas

Benih yang digunakan dalam budidaya ikan mas biasanya 10-12 cm tinggi atau beratnya sekitar 80-100 gram per ekor.

Baca Juga:  Ikan Cue Adalah

Ukuran benih ini diharapkan cukup kuat untuk dibangkitkan. Karena itu, risiko kegagalan dapat ditekan. Panjang pembesaran ikan mas berkisar dari 2-3 bulan.

Budidaya ikan mas dapat dilakukan dalam berbagai teknik seperti metode air berat, air yang tenang atau intermediate Cutting.

Medium atau tempat bisa menjadi kolam tanah, Kolam dinding, Kolam tarpaulin, sawah, kandang dan jaring mengambang.

A. tanah cekungan (Water Rest)

Kebanyakan petani mengolah ikan mas di cekungan air yang tenang dengan lantai dasar. Kolam tanah secara luas digunakan karena cara untuk membuatnya mudah dan biaya manufaktur murah, silakan lihat cara membuat kolam tanah.

Ada dua jenis kolam tanah, yaitu pondland dengan bendungan tanah dan cekungan tanah dengan dinding atau batu bendungan. Kolam tanah memiliki keuntungan menyediakan pakan alami untuk ikan.

Pada dasar kolam, berbagai organisme selain ikan dapat berkembang, seperti cacing atau tanaman akuatik. Jenis kolam ini membantu mengurangi biaya pakan.

Berikut adalah tahapan persiapan untuk budidaya ikan mas di kolam tanah:

  • Sebelum kolam digunakan, lakukan pembajakan dasar kolam, pengeringan, penangan, pemupukan dan infiltrasi air. Persiapan ini memakan waktu 1-2 minggu, tergantung pada cuaca, ketika kolam mengering.
  • Gunakan bibit ikan mas dengan ukuran 100 gram per ekor. Kapasitas Kolam tanah untuk budidaya ikan mas adalah 1-2 ekor/m2.
  • Berikan makanan utama berupa pelet dengan kandungan protein 25%. dosis makan hingga 3-4% dari berat ikan. Misalnya, untuk ikan seberat 100 gram memberikan makanan 3-4 gram pelet per ekor per hari. Jika kita menanam 1000 ikan, ini berarti makan 3-4 kg per hari.
  • Frekuensi makan 3 kali sehari, di pagi hari, siang dan malam.
  • Setiap 2 minggu berat badan menimbang cumi. Ambil beberapa ayam secara acak, timbang. Kemudian menyesuaikan jumlah makanan.
  • Dalam waktu 3 bulan, berat ikan akan meningkat menjadi sekitar 300-400 gram per ekor. Dengan ukuran ini, ikan dapat dipanen. Jika terus berlanjut, biaya makan akan menjadi tidak ekonomis, kecuali harganya ada harga jual yang lebih tinggi untuk ikan.
Baca Juga:  Budidaya Ikan Baung

B. Kolam air beratKolam-air-berat

Kolam airnya merupakan tempat budidaya ikan dengan sirkulasi air yang cepat. Untuk membuat kolam air panas, drainase air yang besar dan listrik yang kuat diperlukan.

Kelebihan budidaya ikan mas di kolam air berat adalah ikan yang akan terus bergerak, sehingga nafsu makan yang besar.

Selain itu, isi oksigen terlarut di cekungan air relatif lebih tinggi. Dengan demikian, Cekungan Air memiliki kapasitas tetap Tebar ikan yang lebih besar daripada kolam air yang tenang.

Luas kolam air berat biasanya kecil, tidak sebesar kolam air yang tenang. Tanah atau area kolam disimpan sebagai ukuran Kolam kecil, sehingga aliran air dapat tetap cepat.

Kedalaman cekungan lebih dalam daripada kolam air yang tenang. Dinding kolam terdiri dari dinding untuk mencegah erosi oleh air tinning.

Berikut adalah hal yang perlu dipertimbangkan dalam pembibitan ikan di kolam air berat:

  • Sebuah cekungan air berat memerlukan debit air besar sekitar 25-100 liter/detik. Pastikan sumber airnya tetap mulus.
  • Gunakan benih ikan seberat 100 gram/ekor. Kapasitas benih, yang menyebar di kolam air berat, adalah 30-60 ekor/m2. Semakin banyak aliran air, semakin besar kapasitasnya.
  • Tambahkan makanan dengan kandungan protein 25-30%. Pelet yang diberikan harus mampu bertahan di dalam air, tidak mudah hancur karena aliran air yang kuat.
  • Dosis pengiriman adalah 4% dari berat badan ikan. Timbang beberapa ikan setiap dua minggu untuk menyesuaikan jumlah makanan.
  • Pakan dapat disimpan atau menggunakan wadah aluminium yang diletakkan di atas kolam dan pendulum terpaku ke dalam air. Makanan jatuh ketika ikan goyah pendulum.
  • Frekuensi makan 3 kali sehari, di pagi hari, sore dan sore.
  • Budidaya ikan mas dapat dipanen setelah 2,5-3 bulan, dengan hasil 3-4 kali lipat dari berat badan asli.

C. jaring mengambang

Budidaya ikan mas di jaring mengambang biasanya dilakukan di waduk besar dan danau. Jaring terbuat dari bahan polietilen tahan lama. Jaring tergantung pada rakit persegi panjang perancah. Kedalaman jaring mengambang maksimal 3 meter.

Bahan yang digunakan untuk bingkai kolam biasanya bambu atau kayu. Kerangka mengapung di atas air dengan bantalan drum atau jerikens.

Baca Juga:  Ikan Koi

Untuk menghindari arus air, itu harus melekat pada dasar kolam. Jaring mengambang biasanya dilengkapi dengan Saung, yang digunakan untuk mempertahankan atau menyimpan dan memberi makan peralatan.

Berikut adalah hal yang perlu diingat ketika tumbuh ikan mas di jaring mengambang:

  • Gunakan jaring 1,5 cm. kedalaman NET 3 meter.
  • Gunakan benih 100 gram per ekor. LandlineTebar mengambang bersih sekitar 30 ekor/m2.
  • Pakan bentuk pelet dengan kandungan protein 25%.
  • Jumlah harian makanan yang dibutuhkan adalah 4% dari berat badan ikan. Timbang beberapa ikan setiap dua minggu untuk menyesuaikan jumlah makanan.
  • Frekuensi menyusui 3 kali sehari.
  • Ikan mas dapat dipanen setelah 3 bulan dengan ukuran 300-400 gram/ekor.

  • Pengendalian hama dan pengendalian penyakitPengendalian-hama-dan-pengendalian-penyakit

Perdagangan ikan mas berkembang sangat cepat. Hal ini juga terkait dengan penyebaran penyakit. Untuk meminimalisir resiko, setiap pelakon harus mengetahui berbagai macam penyakit yang sering menyerang ikan mas. Untuk lebih jelasnya, silakan baca hama dan penyakit ikan mas.

  • Panen ikan mas

Secara umum, pembesaran ikan yang diukur secara ekonomi berada di kisaran 300-400 gram per ekor. Berat ikan di bawahnya, masih memiliki potensi untuk ditingkatkan.

Jika berat melebihi, ikan mas tidak lagi hemat luhur. Proporsi ikan yang dikonsumsi tidak lagi sebanding dengan pertumbuhan dan harga jual ikan.

Semakin lama waktu pembesaran, semakin banyak biaya pengoperasian yang harus dikeluarkan. Biaya pemeliharaan, terutama untuk pakan, akan lebih besar dengan meningkatkan berat ikan per ekor.

Namun, masih tergantung pada kondisi pasar. Jika ada pasar yang ingin mendapatkan besar-format ikan mas pada harga per kilogram lebih mahal, pembesaran masih layak.

Waktu yang dibutuhkan untuk mengolah ikan mas ukuran 100 gram per ekor sampai ukuran selesai konsumsi 300-400 gram ekor sekitar 2-3 bulan. Selama waktu ini, berat ikan akan tumbuh 3-4 kali.


Akhir Kata

Demikianlah ulasan dari ikan.co.id mengenai Budidaya Ikan Mas, semoga bisa bermanfaat untuk anda.