Bibit Ikan Lele

Bibit Ikan Lele : bibit ikan lele adalah salah satu faktor yang dapat mempengaruhi budidaya ikan lele. Jika kualitas bibit yang dipilih tidak baik, maka hasil panen ikan lele nantinya juga tidak akan baik. Sementara jika anda memilih bibit ikan lele dengan kualitas terbaik dan unggulan sudah dipastikan ikan lele yang dipanen juga baik. Semua tergantung dari proses pemilihan biji yang akan anda gunakan.

Kenali-Ciri-Bibit-Ikan-Lele-yang-Baik-Dan-Bagus-Agar-No-Boncos

Anda harus sangat jeli untuk memilih bibit lele yang akan anda gunakan dalam budidaya. Sekarang sudah tersedia banyak jenis bibit lele, mulai dari lele dumbo, lele lokal hingga lele sangkuriang. Anda harus berhati hati dalam memilih bibit apapun itu jenisnya. Untuk memilih bibit yang unggul dan baik berikut ini ada beberapa cara yang bisa anda lakukan dan wajib anda ketahui sebelum anda memilih bibit.


Ciri Bibit Ikan Lele yang Baik

1. Asal Bibit dari Budidaya Benih

Ciri bibit ikan lele yang pertama yaitu bibit yang anda peroleh harus dari budidaya benih ikan lele. Jika anda mengambil bibit lele dari budidaya ikan lele sudah dipastikan bahwa benih tersebut terjaga kualitasnya. Hal ini didasarkan karena selama pembenihan, proses pemeliharan benih lele tersebut selalu dijaga dengan baik dan secara insentif. Lebih dari itu, indukannya pun pasti dipilih dari indukan yang tidak sembarangan.

Induk pada budidaya benih ikan lele akan dipilih dari induk yang berkualitas baik dan unggul. Maka dari itu akan tercipta keturunan yang memiliki kualitas sama dengan induknya. Pemilik budidaya pasti juga sudah mahir dalam proses pembenihan sehingga benih memiliki kualitas terjamin dan tidak diragukan lagi.

Baca Juga:  Cara Mengawinkan Ikan Cupang

2. Memiliki Gerakan yang Lincah

Jika anda mendapati bibit ikan lele yang tidak bergerak atau lambat dalam bergerak, dan jangan memilih bibit tersebut. Benih yang tidak lincah dalam bergerak dan jika benih berenang melawan arus maka benih tersebut merupakan benih yang bagus. Anda bisa mengetes dengan cara memasukan bibit kedalam sebuah wadah. Setelah itu miringkan wadah yang berisi ikan lele tersebut.

Amatilah pergerakan ikan ikan yang ada di dalam wadah. Jika benih ikan tersebut bergerak melawan arus maka benih memang benar-benar bagus. Namun jika benih tersebut terbawa arus dan tidak lincah maka benih tersebut merupakan benih yang kurang baik untuk budidaya. Semakin lincah pergerakan bibit lele maka akan semakin bagus dan unggul juga kualitasnya.


3. Memiliki Fisik yang Sempurna

Selain 2 ciri tadi, ciri yang harus diperhatikan selanjutnya adalah bentuk fisik. Fisik yang dimiliki oleh bibit ikan lele harus sempurna dan tak ada cacat sama sekali. Janganlah memilih bibit yang memilih luka atau lecet di tubuhnya. Berusahalah mencari bibit yang memiliki warna coklat tua atau hitam kemerahan dan ukuran yang seragam. Perhatikan juga pada sirip, ekor dan kepala jangan sampai ada luka di bagian tubuh tersebut.

Kesempurnaan fisik benih ikan lele akan menggambarkan bagaimana bentuk lele ketika sudah siap dipanen. Jika anda mendapatkan benih yang tidak sempurna maka esok ketika panen tiba lele tersebut juga tak akan sempurna dan daya beli akan menurun. Akibatnya anda akan mengalami kerugian atas tidak terpilihnya lele yang cacat sebagai lele konsumsi.

Pemilihan ukuran ditujukan agar lele yang berukuran lebih kecil tidak dimakan oleh lele yang berukuran lebih besar. Lele terkena dengan sifat kanibal, maka dari itu jika anda tidak memilih ukuran yang sama ketika masa panen tiba lele anda akan berkurang. Hal ini dikarenakan lele yang berukuran bibit ikan lele yang berukuran lebih kecil akan dimangsa.

Baca Juga:  Ayam Bangkok

4. Kenali Riwayat Lele

Sebelum anda membeli bibit ikan lele, tanyakan dahulu kepada penjual riwayat benih tersebut. Tanyaan seputar bagaimana pemilik membudidayakan lele, obat obatan yang dipakai, kolam penangkaran dan sebagainya. Hal ini sangat penting bagi anda mengetahui seberapa sehat benih lele tersebut. Jika pembudayaan sebelumnya dalam keadaan terkontrol dan baik besar kemungkinan benih lele tersebut juga unggulan.

Nah itu tadi beberapa ciri bibit ikan lele yang unggul dan berkualitas. Bagi anda yang ingin memulai budidaya ikan lele jangan sampai salah memilih bibit agar hasil panen yang anda peroleh juga berkualitas unggul dan baik.