Ayam Bangkok

Ayam Bangkok sangat akrab di kalangan pecinta ayam di hampir semua penjuru tanah air. “Bangkok”, ayam ini adalah ayam yang berasal dari negara bagian Thailand.

Telah diakui memiliki kualitas yang baik sebagai ayam aduan, serta kualitas yang dapat diadu hingga sampai mati, mirip dengan ayam liar, yang mampu berjuang untuk membela wilayah otoritas.ayam bangkok

Sejarah Ayam Bangkok

Menurut sejarah ayam Bangkok berasal dari Thailand warganya berhasil menemukan ayam baru yang disebut King’s Chicken.

Ayam ini memiliki gerakan cepat dan pukulan fatal dan khusus ketika perkelahian. Ayam ini dibuat oleh Cina bernama Leung Hang Zhao.

Cina sebagai negara yang sangat populer dengan kegiatan ayam sabung untuk mencari ayam yang akan disilangkan dengan ayam Bangkok.

Dengan harapan supaya ayam ini dapat mengalahkan ayam Bangkok  dari Thailand. Akhirnya, pada 1960, strain menemukan ayam aduan yang mampu bersaing dengan kekuatan ayam Bangkok.

Namun karena perkawinan silang dengan terus menerus, hampir tidak diketahui perbedaan antara ayam sabungan dari Laos dengan ayam Bangkok Thailand.


Sejarah Ayam Bangkok masuk Indonesia

Ayam Bangkok, masuk ke Indonesia, pertama kali datang dari kota Tuban di Jawa Timur. Ayam ini diperkenalkan untuk pertama kalinya di Indonesia.

Tidak jelas siapa yang pertama kali memperkenalkan ayam Bangkok dari Thailand ini. Tapi pasti, sejauh ini ayam Bangkok telah menyebar ke seluruh Indonesia dan begitu populer di kalangan pecinta ayam untuk aduan.

Ayam bangkok yang berasal dari Thailand banyak dikawinkan dengan ayam lokal betina. Kebanyakan ayam Bangkok yang beredar di masyarakat adalah keturunan ayam Bangkok, yang penampilannya tidak berbeda secara signifikan dari ayam Bangkok asli.

Baca Juga:  Cara Pemijahan Neolamprologus Tretocephalus

Jenis Ayaim BangkokJenis Ayam Bangkok

  • Ayam Bangkok Wiring

Dasar warna hitam, warna bulu berwarna kemerahan, ekor kuning kemerahan. Spesies ini sering dapat dilihat di tempat umum.

  • Ayam Bangkok Wangkas

Warna dasarnya adalah kuning kemerahan atau emas dari tubuh ke The Rawisnya.

  • Ayam Bangkok Klawu, Jragem dan Putih.

Ayam Klawu Bangkok adalah asli abu-abu dengan campuran warna lain, seperti hitam, merah dan kuning gading. Untuk tipe Jragem, dasar hitam diwarnai pada mantel.

  • Ayam Bangkok Jali

Hal ini juga disebut ayam Blirik karena bulu berbintik-bintik dengan warna putih, hitam dan merah.

  • Ayam Bangkok Blorok

Hampir mirip dengan jenis Jali ayam Bangkok. Jika Jali memiliki pola yang rapi noda, ayam Bangkok blorok mengarah tepat ke pola Totol-Totol dengan dominasi warna putih.

Ayam Bangkok blorok lagi jadi 2 jenis, yaitu blorok biasa dan blorok madu. Karena penambahan warna merah dan hijau kombinasi, ayam Bangkok blorok madu lebih dicari daripada biasa blorok.


Kelebihan Ayam Bangkok

  • Gerakan cepat dan gesit
  • Pukulan yang dihasilkan sangat keras dan bahkan fatal
  • Memiliki daya tahan tubuh yang sangat kuat
  • Memiliki kecerdasan dalam beradu

Cara Merawat Ayam BangkokCara Merawat Ayam Bangkok

Bagaimana untuk merawat ayam Bangkok siap untuk pertarungan dari kecil:

  • Pilihlah Anak Ayam Bangkok yang Terbaik

Anak ayam bangkok terbaik dan bagus dapat kalian lihat mulai dari postur tubuh yang terdapat pada ayam tersebut. Dengan melalukan pemilihan bibit dengan baik tentunya sangat penting sekali.

Caranya anda bisa dengan mimilih badannya yang ramping, tegak serta tinggi, mempunyai leher yang lebih panjang di antara ayam lain.

Bukan itu saja ayam bangkok yang bagus mempunyai tulang alis yang menonjol dan mempunyai kaki dengan bentuk bulat.

Ciri-ciri lain yang dapat kamu perhatikan adalah dengan melihat besarnya tulang pada bagian dada yang tebal dan memanjang.

Pada tulang badan mempunyai tekstur yang rapat serta keras terutama pada bagian penghubung antara tubuh dengan ekor.

  • Menyediakan Kandang yang Layak

Setalah mendapatkan bibit yang bagus langkah selanjutnya ialah dengan menyediakan kandang yang layak untuk ayam bangkok tentunya dengan usia tertentu. Karena anak ayam dengan ayam bangkok yang sudah dewasa tidak boleh di jadi satu kandang.

Baca Juga:  Cara Budidaya Ikan Palmas

Anak ayam bangkok atau yang baru menetas sebaiknya anda tempatkan di kandang yang mempunyai suhu yang hangat dan diberi lampu. Hal ini untuk mengantisipasi supaya anak ayam tidak mati karena daya tahan tubuh yang masih rentan.

Jika anak ayam sudah berusia sekitar dua bulan maka ayam tersebut sudah dapat anda pindahkan ke kandang yang lebih besar. Kandang juga harus mempunyai ventilasi yang bagus dan juga harus rajin anda bersihkan setiap harinya.

Bukan hanya mengenai kebersihan saja, akan tetapi untuk mengantisipasi penyebaran penyakit juga. Pada usia ayam seperti ini ayam sudah bisa mandi tanah hal ini demi tulang pada ayam tumbuh dengan sangat baik dan ayam juga dapat beradaptasi pada lingkungannya.

  • Memilih Pakan Ayam Tepat

Memilih makanan ayam dengan tepat juga merupakan salah satu cara untuk merawat ayam bangkok siap adu.

Bukan hanya untuk daya sumber energi, makanan untuk ayam bangkok juga bisa menambah performa pada saat sedang bertarung.

Menakar makanan ayam bangkok yang dikonsumsi juga sangat penting dalam menentukan pola makannya.

Takarannya harus disesuaikan dengan berat badan ayam bangkok itu sendiri. Untuk ayam bangkok dengan berat rata-rata 3 KG hingga 4 KG memerlukan takaran sekitar 200 – 300 Gram pakan.

Dengan jumlah seperti itu harus diberikan setiap sekali makan sehari. Bukan hanya berat badan dan juga ukuran ayam kecil dan besar tetapi porsi makannya juga harus berbeda.

Bagi ayam dewasa yang siap dijakikan sebagai aduan, kamu bisa memberikan jagung utuh demi menambah makanan hal ini demi memperkuat paruh ayam tersebut.

Sedangkan anak ayam yang baru lahir makanan yang tepat ialah dengan mencampurkan bekatul serta pur dengan ukuran 4:1 untuk ayam yang usianya tiga bulan diberi voer 592, dan untuk usia diatas tiga bulan kamu dapat menggunakan voer 594 yang dapat kamu campurkan dengan nasi putih dan ditambah susu.

Baca Juga:  Burung Puyuh

Bukan hanya makanan tetapi vitamin juga dibuthkan sejak usia ayam mulai dari satu bulan. Untuk waktu yang efektif kamu bisa memberikan vitamin dan suplemen pada malam hari.

Hal ini karena pada saat malam hari kondisi ayam sedang tenang sehingga vitamin dan suplemen sangat mudah dan cepeat dicernah oleh ayam. Hal ini tentu akan membuat vitamin dan suplemennya lebih cepat masuk secara sempurna kedalam tubuh ayam tersebut.

  • Memandikan Ayam Dengan Rajin

Dengan memandikan ayam secara rajin maka ayam akan mempunyai penampilan yang sangat menarik.

Waktu yang baik dalam memandikan ayam bangkok yaitu pada pukul 08:00 pagi hari. kamu dapat menggunakan air bersih yang berasal dari sumur tanpa sabun dan jangan menggunakan air hangat.

  • Rajin Menjemur Ayam Bangkok Setelah Mandi

Menjemur ayam bangkok setelah mandi dengan cara memasukan ayam tersebut kedalam kurungan dan berada dibawah sinar matahari secara langsung. Waktu terbaik untuk menjemur ayam ialah pada pukul 08:00 hingga 10:00.

Menjemur ayam mempunyai fungsi untuk membatu pertumbuhan bulu dan juga tulang pada ayam bangkok tersebut. Proses ini juga dapat membuat ayam menjadi lebih sehat dan bugar.

  • Melatih Ayam Bangkok Yang Untuk Diadu

Latihan fisik dapat kamu lakukan sesuai dengan kebutuhan aja, kamu bisa memberi ayam latihan seperti melompat, renang, dan kilter. Dalam memberi latihan juga kamu harus menyesuasikan apakah ayam tersebut sanggung atau enggak untuk melakukannya.

Kamu juga bisa melakukan sparing, buat si ayam hal ini sangat dibutuhkan supaya ayam bisa kuat saat di adu.

Bagi ayam pemula sebaikanya kamu berikan waktu lima sampe sepuluh menit aja, jika selesai sparing istirahatkan ayam kurang lebih dua minggu hal ini untuk membuat si ayam kembali pada kondisi terbaiknya.


Penutup

Demikianlah ulasan dari ikan.co.id mengenai Ayam Bangkok, semoga dengan adanya artikel ini bisa bermanfaat dan membantu kamu.